Berkontribusi dan Berinovasi dalam Aksi Pelestarian Lingkungan

Jurnalis : Liny Witjaksono (He Qi Pusat) , Fotografer : Widosari (He Qi Pusat)

Para relawan membersihkan botol kemasan air mineral, memisahkan bagian yang akan didaur-ulang dan mengumpulkan dengan jenis yang sama.

Seperti biasanya di pekan ke-3, komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li Selatan mengadakan kegiatan Pelestarian Lingkungan di SD Surya Dharma, Jl. Toapekong, Kebayoran Lama, Jakarta. Minggu 19 Februari 2023 ini relawan yang hadir lebih ramai dari biasanya, dihadiri oleh 24 relawan.

Para relawan memisahkan sampah menurut jenisnya seperti plastik, botol kemasan air mineral, botol shampoo, kertas, koran, dan kertas karton. Setelah dipilah, dimasukkan ke dalam karung untuk dijual ke pengepul barang daur ulang dan hasil penjualan diserahkan ke yayasan dan selanjutnya dipergunakan untuk kegiatan kemanusiaan.

Pada pukul 9.00 WIB, para relawan melakukan doa bersama ”Dunia bebas bencana, Dunia bebas derita, bersatu dalam kasih, Dunia penuh Cinta dan Damai”.

Para relawan membersihkan kemasan makanan ringan dan kemasan oli dengan penuh kesabaran dan ketelitian.

Disela-sela waktu pemisahan barang daur ulang, beberapa warga sekitar lokasi, datang memberikan bahan daur ulang. Di kegiatan pemisahan bahan daur ulang kali ini, Xie Li Selatan menerima bahan daur ulang yang lain dari biasanya. David Pangestu selaku donatur memberikan 11 karung besar berupa kemasan makanan ringan dan kemasan oli. Kemasan ini berupa karton yang dilapisi alumunium foil di bagian dalamnya dan stiker atau tinta print di bagian luarnya. Yang diambil adalah kartonnya.

Pengalaman Yang Baru
Merupakan pengalaman pertama untuk membersihkannya dan dibutuhkan kesabaran. Seperti yang dikatakan oleh Lin Vong. ”Bukan nilainya yang menjadi tujuan utama, tetapi misinya adalah untuk melindungi dan menyelamatkan bumi. Sesuai pesan Master Cheng Yen bahwa Setiap Insan Tzu Chi harus tetap merawat Bumi ini.” ujarnya.

Para relawan juga dengan tulus bersama ”Dunia bebas bencana, Dunia bebas derita, bersatu dalam kasih, Dunia penuh Cinta dan Damai”

Lin Vong juga berharap para relawan selain melakukan kegiatan Pelestarian Lingkungan di lokasi pemilahan juga dapat melakukannya di rumah seperti menanam sayuran, berkebun dan membuat eco enzyme dan mencari aksi-aksi baru untuk mendukung Pelestarian Lingkungan.

Kegiatan diakhiri pada pukul 12.00 WIB dengan sosialisasi sesama relawan dengan makan siang dan penyampaian kesan dan pesan dari relawan generasi milenial, Muara Mula Boy Sianturi.

”Kegiatan Pelestarian Lingkungan kali ini sangat mengesankan, semakin banyak berkah yang turun, dan relawan yang antusias. Semoga semangat ini terus menyala, untuk menyelamatkan lingkungan dari sampah yang bisa menjadi racun kalau dibakar atau dibiarkan begitu saja”, ungkapnya.

Seperti hari ini, setidaknya 27 Kg barang daur ulang telah dipilah. Memang secara ekonomi sangat sedikit jika diuangkan, tapi setidaknya dapat menyelematkan sampah yang tadinya bisa membahayakan lingkungan.

Foto bersama usai memilah dan membersihkan bahan daur ulang dengan wajah yang memancarkan sukacita.

”Secara kemanusiaan ini sangat bernilai, kita sudah mencegah bertambahnya orang-orang bisa menderita disebabkan keracunan air minum dari sumur bor yang terkontaminasi residu kimia yang terkadung dari sampah, keracunan udara pembakaran sampah, atau keracunan lainnya yang diakibatkan oleh sampah yang tidak tertanggulangi atau salah penanggulangan dan menjadi racun di lingkungan. Semoga semangat kita semakin menyala untuk hadir melestarikan lingkungan,” pesannya.

"Cara kita berterima kasih dan membalas budi baik Bumi adalah dengan tetap bertekad melestarikan lingkungan". (Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tetap Menjalankan Misi Pelestarian Lingkungan

Tetap Menjalankan Misi Pelestarian Lingkungan

10 Juli 2020

Di masa pandemi virus corona ini relawan Tzu Chi Palembang tetap berupaya melaksanakan Misi Pelestarian Lingkungan. Bagaimana betuknya? Salah satunya dengan mendukung instansi di sekitar dengan memberikan bantuan fasilitas atau medium demi terwujudnya lingkungan yang bersih. Seperti bantuan enam unit bak sampah portabel kepada Polda Sumatera Selatan.


Pasukan Daur Ulang Tzu Chi di Car Free Day

Pasukan Daur Ulang Tzu Chi di Car Free Day

05 Juni 2014 Dalam rangka memperingati hariTzu Ching sedunia, 8 anak muda dari Tzu Ching bergandeng tangan bersama 21 anak-anak Tzu Shao untuk melakukan Sosialisasi Pelestarian Lingkungan yang bertemakan “Pelestarian Lingkungan bagai Mentari tak terbenam”.
Peresmian Depo Pelestarian Lingkungan di Surabaya

Peresmian Depo Pelestarian Lingkungan di Surabaya

10 November 2017

Kamis, 26 Oktober 2017, diresmikan Depo Daur Ulang Tzu Chi Surabaya. Acara ini dibuka oleh Ketua Umum Tzu Chi Surabaya, Vivian Fan dan dihadiri oleh donatur Tzu Chi serta seluruh relawan Tzu Chi Surabaya.

Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -