Berpartisipasi Menyumbangkan Setetes Darah Bagi Sesama

Jurnalis : Susi Christine (He Qi Pusat), Fotografer : Yo Sai Hwa, Susi Christine (He Qi Pusat)
Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat, Yo Sai Hwa mendampingi sekaligus melayani para peserta yang mengikuti kegiatan donor darah di Depo Pelestarian Lingkungan Pangeran Jayakarta.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat bekerja sama dengan Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengadakan kegiatan donor darah yang dilakukan perdana di Depo Pelestarian Lingkungan Pangeran Jayakarta pada Sabtu, 29 Juli 2023. Acara dimulai sejak pukul 09.00 pagi ini didukung oleh 24 relawan Tzu Chi serta 8 petugas dari RSCM.

Sejak pagi, relawan mulai berdatangan untuk mempersiapkan segala sesuatunya bersama petugas RSCM yang telah hadir. Setelah persiapan selesai, para warga dan para petugas PPSU sudah mulai berdatangan untuk mendaftarkan diri. Relawan yang bertugas pun antusias menjalankan tugasnya sesuai yang telah ditetapkan oleh koordinator hari ini.

Warga mengisi formulir dipandu relawan Tzu Chi saat mendaftarakan diri untuk mengikuti kegiatan donor darah.

Salah satu peserta Faridah (43), yang baru pertama kali ikut kegiatan donor darah juga merasa senang bisa membantu orang yang membutuhkan darah. “Pertama kali donor darah tapi semangat banget rasanya bisa berdonor membantu sesama,” ujarnya. Begitu juga dengan Rangga (35), peserta lainnya yang tinggal di daerah Tangki, Jakarta Barat. “Dari dulu saya sudah berniat donor darah tapi baru kesampaian bisa berdonor disini, semoga darah saya bisa bermanfaat buat yang membutuhkan,” kata Rangga. Mereka berdua mendapatkan informasi kegiatan donor darah ini dari selebaran yang diedarkan relawan beberapa hari sebelum kegiatan donor darah dilaksanakan.

Rangga, salah satu warga yang tinggal di wilayah Tangki, Jakarta Barat mendonorkan darahnya dalam kegiatan yang diselenggarakan Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat.

Dari 71 peserta yang mendaftar kegiatan donor darah ini, hanya 36 orang yang lolos screening kesehatan dan berhasil mendonorkan darahnya. Setelah selesai proses donor darah, para peserta juga diberikan kartu pendonor, bingkisan, dan makanan berupa telur rebus dan minuman sari kacang hijau.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Donor Darah di RPTRA Alur Dahlia

Donor Darah di RPTRA Alur Dahlia

25 Maret 2019

Relawan He Qi Barat 1 kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan itu dilakukan pada Sabtu 16 Maret 2019. Kegiatan ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang membutuhkan dan mempermudah masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

Donor Darah di Pabrik Tepung Tapioka

Donor Darah di Pabrik Tepung Tapioka

09 Februari 2011 Master Cheng Yen selalu  berpesan, urusan dunia tidak bisa diselesaikan oleh satu orang. Seorang diri juga tidak mampu mencapai semua keberhasilan  dunia. Mari kita bersama–sama bersatu hati peduli pada bumi tanpa memandang perbedaan, karena sejatinya kita  berada di dalam  bumi  yang sama.
Donor Darah di Bulan Ramadan Penuh Berkah

Donor Darah di Bulan Ramadan Penuh Berkah

17 April 2023

Tzu Chi Palembang kembali mengadakan donor darah di Sekolah Kusuma Bangsa, Kota Palembang. Donor darah kali ini bertepatan dengan bulan Ramadan. Meski begitu, donor darah berjalan baik dan banyak calon peserta yang mendaftar.

Setiap manusia pada dasarnya berhati Bodhisatwa, juga memiliki semangat dan kekuatan yang sama dengan Bodhisatwa.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -