Berpartisipasi Menyumbangkan Setetes Darah Bagi Sesama

Jurnalis : Susi Christine (He Qi Pusat), Fotografer : Yo Sai Hwa, Susi Christine (He Qi Pusat)
Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat, Yo Sai Hwa mendampingi sekaligus melayani para peserta yang mengikuti kegiatan donor darah di Depo Pelestarian Lingkungan Pangeran Jayakarta.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat bekerja sama dengan Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengadakan kegiatan donor darah yang dilakukan perdana di Depo Pelestarian Lingkungan Pangeran Jayakarta pada Sabtu, 29 Juli 2023. Acara dimulai sejak pukul 09.00 pagi ini didukung oleh 24 relawan Tzu Chi serta 8 petugas dari RSCM.

Sejak pagi, relawan mulai berdatangan untuk mempersiapkan segala sesuatunya bersama petugas RSCM yang telah hadir. Setelah persiapan selesai, para warga dan para petugas PPSU sudah mulai berdatangan untuk mendaftarkan diri. Relawan yang bertugas pun antusias menjalankan tugasnya sesuai yang telah ditetapkan oleh koordinator hari ini.

Warga mengisi formulir dipandu relawan Tzu Chi saat mendaftarakan diri untuk mengikuti kegiatan donor darah.

Salah satu peserta Faridah (43), yang baru pertama kali ikut kegiatan donor darah juga merasa senang bisa membantu orang yang membutuhkan darah. “Pertama kali donor darah tapi semangat banget rasanya bisa berdonor membantu sesama,” ujarnya. Begitu juga dengan Rangga (35), peserta lainnya yang tinggal di daerah Tangki, Jakarta Barat. “Dari dulu saya sudah berniat donor darah tapi baru kesampaian bisa berdonor disini, semoga darah saya bisa bermanfaat buat yang membutuhkan,” kata Rangga. Mereka berdua mendapatkan informasi kegiatan donor darah ini dari selebaran yang diedarkan relawan beberapa hari sebelum kegiatan donor darah dilaksanakan.

Rangga, salah satu warga yang tinggal di wilayah Tangki, Jakarta Barat mendonorkan darahnya dalam kegiatan yang diselenggarakan Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat.

Dari 71 peserta yang mendaftar kegiatan donor darah ini, hanya 36 orang yang lolos screening kesehatan dan berhasil mendonorkan darahnya. Setelah selesai proses donor darah, para peserta juga diberikan kartu pendonor, bingkisan, dan makanan berupa telur rebus dan minuman sari kacang hijau.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Tzu Chi Medan Komunitas Hu Ai Mandala Galang Kantung Darah Di Tanjung Morawa

Tzu Chi Medan Komunitas Hu Ai Mandala Galang Kantung Darah Di Tanjung Morawa

17 Desember 2021

Relawan Tzu Chi Medan komunitas Huai Mandala pada Minggu 12 Desember 2021 mengadakan penggalangan donor darah.

Menyelamatkan Kehidupan dengan Donor Darah

Menyelamatkan Kehidupan dengan Donor Darah

25 Februari 2015 Pada tanggal 2 Februari 2015, Tzu Chi Batam kembali melakukan kegiatan donor darah di Habourbay Mall (OG Home), Batam. Kegiatan yang memang rutin digelar ini ditujukan untuk menjaring para pendonor yang mau bersumbangsih menyumbangkan darahnya.
Kesadaran Yang Membuahkan Kebajikan

Kesadaran Yang Membuahkan Kebajikan

03 Maret 2021

Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun bekerja sama dengan PMI mengadakan donor darah, Minggu, 28 Februari 2021. Sebanyak 25 kantong darah terkumpul dari kegiatan ini.

Gunakanlah waktu dengan baik, karena ia terus berlalu tanpa kita sadari.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -