Donor Darah, Bermanfaat Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain

Jurnalis : Purwanto (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Purwanto (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan kegiatan rutin setiap tiga bulan sekali yaitu donor darah, Minggu, 28 Mei 2023. Sebanyak 23 relawan berpartisipasi pada kegiatan ini.

Kebutuhan darah di Indonesia sangat tinggi. Mulai dari untuk menolong persalinan, mengobati penyakit, dan juga penanganan ketika terjadi suatu kecelakaan yang mengakibatkan korban kehilangan banyak darah. Untuk memenuhi kebutuhan pasokan stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) yang semakin menipis, Minggu, 28 Mei 2023, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kembali mengadakan kegiatan rutin setiap tiga bulan sekali yaitu donor darah.

Sekitar pukul 09.00 WIB, para relawan Tzu Chi dan petugas dari PMI mulai melayani calon donor. Sebelum mendonorkan darahnya, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemeriksaan tensi dan hemoglobin (Hb) oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI).

Terlihat relawan sedang bekerja sama saat pendaftaran para calon donor sehingga antrean bisa berjalan dengan lancar.

Petugas PMI, Ibu Suri (43) mengatakan bahwa sejak dua bulan terakhir stok pasokan darah di PMI semakin menipis karena minimnya aktivitas sosial donor darah yang dilakukan oleh lembaga ataupun yayasan.

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI), Ibu Suri (43) mengatakan bahwa sejak dua bulan terakhir stok pasokan darah di PMI semakin menipis karena minimnya aktivitas sosial donor darah yang dilakukan oleh lembaga ataupun yayasan. “Sejak dua bulan terakhir stok darah di PMI kurang karena tidak ada lembaga yang melakukan kegiatan donor darah,” ucapnya.

Cisiong (50), rutin mengikuti donor darah di Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Alasan mendonorkan darahnya adalah untuk membantu sesama yang membutuhkan, dan sekaligus bisa menjaga kesehatan. “Selagi badan kita sehat dan bisa bantu orang lain kenapa kita tidak lakukan, karena kita tidak tahu suatu saat kita juga perlu bantuan darah orang lain. Selain itu donor darah juga bisa menjaga kesehatan tubuh kita dan melancarakan peredaran darah,” ungkapnya.

Cisiong yang rutin mengikuti donor darah di Tzu Chi Tanjung Balai Karimun.

Luther yang sudah dua kali donor sudah tak begitu takut dengan jarum suntik donor darah.

Sementara itu, Luther (18) pendonor yang sudah dua kali mengikuti donor sudah tidak begitu takut terhadap jarum suntik donor darah. “Pada awal donor darah saya merasa takut dengan jarum suntiknya. Tetapi setelah dua kali mengikuti donor darah perasaan takutnya sudah mulai berkurang,” ucapnya.

Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi “Kewajiban kita dalam kehidupan adalah harus melakukan hal yang bermanfaat bagi orang banyak.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

Bersumbangsih Melalui Donor Darah

28 Februari 2012 Kegiatan donor darah ini juga dimanfaatkan oleh relawan Tzu Chi untuk memperkenalkan  Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia serta mengajak mereka untuk ikut serta menyingsingkan lengan baju membantu sesama yang membutuhkan.
Bersumbangsih di Kegiatan Donor Darah

Bersumbangsih di Kegiatan Donor Darah

17 Januari 2018
Kata Perenungan Master Cheng Yen tentang memanfaatkan kesempatan yang ada untuk bersumbangsih,  menginspirasi barisan relawan Tzu Chi Tangerang. Para relawan menyelenggarakan kegiatan donor darah untuk membantu stok darah di PMI Tangerang.
 Baksos Donor Darah di Penghujung Tahun

Baksos Donor Darah di Penghujung Tahun

12 Desember 2023

Tzu Chi Padang bekerja sama dengan PMI Kota Padang mengadakan kegiatan donor darah yang rutin diadakan setiap tiga bulan sekali. Sebanyak 203 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Menyayangi dan melindungi benda di sekitar kita, berarti menghargai berkah dan mengenal rasa puas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -