Berpola Hidup Sehat Lewat Catering Sehat Vegan

Jurnalis : Diyang Yoga W (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Diyang Yoga W (Tzu Chi Surabaya)
Porsi makanan Catering Sehat Vegan yang telah dikemas dalam kotak makanan dan siap diambil atau dikirim kepada pemesan.

Relawan Tzu Chi Surabaya giat mengajak orang untuk bervegetaris karena merupakan salah satu cara untuk berpola hidup sehat. Hal tersebut diwujudkan dalam kegiatan Catering Sehat Vegan yang dimulai dari 18 Oktober - 15 November 2022. Menu catering yang disajikan juga tidak menggunakan minyak dan mengurangi garam serta gula.

Menu dalam Catering Sehat Vegan ini juga sudah melalui beberapa test food yang dilaksanakan sebelumnya. Kriteria penilaiannya juga berdasarkan tingkat kematangan, rasa, dan komposisi sehat untuk para pembeli. Relawan Tzu Chi Surabaya sangat antusias dan ada 10 peserta yang berpartisipasi dalam Catering Sehat Vegan.

Setelah makanan siap, relawan Tzu Chi Surabaya segera mengemasnya ke dalam kota makanan sesuai dengan jumlah pemesan.

Jenis-jenis makanan yang akan disajikan terdiri dari menu utama, sup, hidangan pencuci mulut, dan buah. Para peserta mulai berbelanja bahan masakan sejak pagi, kemudian dilanjutkan proses memasak, lalu dikirim di Kantor Tzu Chi Surabaya untuk selanjutnya dikemas kembali di kotak makanan.

Catering Sehat Vegan ini menggunakan sistem PO (Pre Order) yang dibuka 2 minggu sebelum tanggal 18 Oktober 2022. Dan pemesanannya dalam satu minggu 2 kali yaitu pada hari Selasa dan Kamis. Setiap hari, menu berganti agar pembeli tidak merasa bosan. Pengambilan Catering Sehat Vegan dimulai pukul 10.00 WIB yang bertempat di Kantor Tzu Chi Surabaya dan dapat diambil menggunakan jasa ojek online.

Salah satu menu Catering Sehat Vegan yang dites kadar kematangan dan rasanya sebelum dijual kepada masyarakat.

Masyarakat pun sangat antusias karena pilihan menu Catering Sehat Vegan ini bervariasi dan menggunakan nasi merah yang lebih sehat dari pada nasi biasa. Bukan hanya pembeli, relawan juga sangat antusias karena dapat memasak dengan cinta kasih lewat Catering Sehat Vegan kali ini. Sutina Relawan Tzu Chi yang memasak sup dari awal Catering Sehat Vegan dimulai bersyukur dapat mengajak orang untuk bervegeteris lewat kegiatan ini.

“Catering kali ini bagus, karena bisa mengajak orang untuk bervegetarian supaya sehat. Saya juga senang karena dapat memasak untuk orang yang berniat bervegetaris, saya jadi semangat memasaknya,” ujar Sutina, relawan Tzu Chi Surabaya.

Relawan Tzu Chi Surabaya menyerahkan makanan vegetaris kepada pengemudi ojek pada kegiatan Catering Sehat Vegan (18 Oktober - 15 November 2022) untuk diantarkan kepada pemesan.

Bukan kali pertama Tzu Chi Surabaya mengadakan Catering Sehat Vegan, tentunya kegiatan ini pun bertujuan untuk mengajak masyarakat umum bervegetaris serta menjaga bumi dengan tidak mengonsumsi makanan berbahan daging dan turuannya.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Dapur Sehat Ala Tzu Chi

Dapur Sehat Ala Tzu Chi

08 September 2022

Relawan Tzu Chi Bandung mengadakan Dapur Sehat Tzu Chi dan Cathering Vegetarian untuk menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah Tzu Chi di Bandung pada 20 Agustus 2022.

Belanja Sambil Mencintai Bumi

Belanja Sambil Mencintai Bumi

30 November 2023

Belanja Sambil Mencintai Bumi, itu dia tema dari acara pre-order makanan vegetarian yang digelar Muda-Mudi Tzu Chi Pekanbaru. Seluruh hasil penjualan disumbangkan untuk upaya pelestarian lingkungan.

Mewujudkan Bulan Tujuh yang Penuh Berkah

Mewujudkan Bulan Tujuh yang Penuh Berkah

07 September 2022

Menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah, relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Pusat mengadakan Vegan Catering. Kegiatan ini berjalan selama satu bulan mulai dari 8 Agustus – 27 Agustus 2022. Selama 18 hari relawan Tzu Chi He Qi Pusat bergantian memasak makanan setiap harinya hingga total sebanyak 1.874 porsi pesanan.

Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -