Berpola Hidup Sehat Lewat Catering Sehat Vegan

Jurnalis : Diyang Yoga W (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Diyang Yoga W (Tzu Chi Surabaya)
Porsi makanan Catering Sehat Vegan yang telah dikemas dalam kotak makanan dan siap diambil atau dikirim kepada pemesan.

Relawan Tzu Chi Surabaya giat mengajak orang untuk bervegetaris karena merupakan salah satu cara untuk berpola hidup sehat. Hal tersebut diwujudkan dalam kegiatan Catering Sehat Vegan yang dimulai dari 18 Oktober - 15 November 2022. Menu catering yang disajikan juga tidak menggunakan minyak dan mengurangi garam serta gula.

Menu dalam Catering Sehat Vegan ini juga sudah melalui beberapa test food yang dilaksanakan sebelumnya. Kriteria penilaiannya juga berdasarkan tingkat kematangan, rasa, dan komposisi sehat untuk para pembeli. Relawan Tzu Chi Surabaya sangat antusias dan ada 10 peserta yang berpartisipasi dalam Catering Sehat Vegan.

Setelah makanan siap, relawan Tzu Chi Surabaya segera mengemasnya ke dalam kota makanan sesuai dengan jumlah pemesan.

Jenis-jenis makanan yang akan disajikan terdiri dari menu utama, sup, hidangan pencuci mulut, dan buah. Para peserta mulai berbelanja bahan masakan sejak pagi, kemudian dilanjutkan proses memasak, lalu dikirim di Kantor Tzu Chi Surabaya untuk selanjutnya dikemas kembali di kotak makanan.

Catering Sehat Vegan ini menggunakan sistem PO (Pre Order) yang dibuka 2 minggu sebelum tanggal 18 Oktober 2022. Dan pemesanannya dalam satu minggu 2 kali yaitu pada hari Selasa dan Kamis. Setiap hari, menu berganti agar pembeli tidak merasa bosan. Pengambilan Catering Sehat Vegan dimulai pukul 10.00 WIB yang bertempat di Kantor Tzu Chi Surabaya dan dapat diambil menggunakan jasa ojek online.

Salah satu menu Catering Sehat Vegan yang dites kadar kematangan dan rasanya sebelum dijual kepada masyarakat.

Masyarakat pun sangat antusias karena pilihan menu Catering Sehat Vegan ini bervariasi dan menggunakan nasi merah yang lebih sehat dari pada nasi biasa. Bukan hanya pembeli, relawan juga sangat antusias karena dapat memasak dengan cinta kasih lewat Catering Sehat Vegan kali ini. Sutina Relawan Tzu Chi yang memasak sup dari awal Catering Sehat Vegan dimulai bersyukur dapat mengajak orang untuk bervegeteris lewat kegiatan ini.

“Catering kali ini bagus, karena bisa mengajak orang untuk bervegetarian supaya sehat. Saya juga senang karena dapat memasak untuk orang yang berniat bervegetaris, saya jadi semangat memasaknya,” ujar Sutina, relawan Tzu Chi Surabaya.

Relawan Tzu Chi Surabaya menyerahkan makanan vegetaris kepada pengemudi ojek pada kegiatan Catering Sehat Vegan (18 Oktober - 15 November 2022) untuk diantarkan kepada pemesan.

Bukan kali pertama Tzu Chi Surabaya mengadakan Catering Sehat Vegan, tentunya kegiatan ini pun bertujuan untuk mengajak masyarakat umum bervegetaris serta menjaga bumi dengan tidak mengonsumsi makanan berbahan daging dan turuannya.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Menggalang Hati untuk Bervegetaris

Menggalang Hati untuk Bervegetaris

16 September 2020

Program Vegan Catering di Tzu Chi Palembang kali ini mengambil tema “Tulus Bervegetaris Melindungi Bumi”. Vegan Catering yang dimulai pada 19 Agustus dan telah berakhir 12 September 2020 ini digelar untuk mengajak lebih banyak orang bertekad bervegetaris.

Makanan Sehat Ada Di Vegan Catering

Makanan Sehat Ada Di Vegan Catering

26 Agustus 2020

Program Vegan Catering masih berlangsung di berbagai wilayah di komunitas relawan Tzu Chi hingga hari ini. Berbagai menu vegan yang lezat terus diperkenalkan kepada masyarakat sebagai ajakan yang serupa dengan tagline-nya, yakni Tulus Bervegetaris Melindungi Bumi

Lezatnya Spaghetti Vegetarian

Lezatnya Spaghetti Vegetarian

14 Oktober 2022

Tzu Chi Medan menyelenggarakan kegiatan Vegan Enak 9 Hari untuk mengajak masyarakat mengonsumsi masakan vegetarian. Relawan menyiapkan makan siang dan malam untuk dikonsumsi masyarakat dengan makanan daerah yang lezat seperti Soto Medan Vegetarian, Sate Padang Vegetarian, hingga menu modern seperti Spaghetti Vegetarian.

Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -