Bersumbangsih Melalui Donor Darah

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Riana Wartono mendampingi peserta calon donor darah untuk melakukan pendaftaran. Kegiatan donor darah ini bekerjasama dengan Yayasan Yayasan Mutiara yang berlokasi di di jalan Situ Aksan, Kel. Sukahaji, Kec. Babakan Ciparay, Bandung.

Relawan Tzu Chi Bandung dan PMI Kota Bandung menggelar donor darah yang bekerja sama dengan Yayasan Mutiara di jalan Situ Aksan, Kel. Sukahaji, Kec. Babakan Ciparay, Bandung pada 7 juli 2022. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh relawan Tzu Chi Bandung setiap bulannya guna menggalag hati cinta kasih melalui donor darah.

Tepat pukul 09.00 WIB kegiatan donor darah dimulai dengan doa bersama para relawan dan pengurus Yayasan Mutiara. Fung Chin Siung Wakil Ketua Yayasan Mutiara menyambut baik kegiatan donor darah ini. Kerja sama ini dapat berjalan dengan baik walaupun kegiatan ini baru kali pertama dilaksanakan.

“Hari ini kegiatan berjalan lancar ya dan pesertanya yang hadir sudah cukup bagus karena ini baru pertama kali kita Kerja sama. Kita berharap untuk kedepannya bisa Kerja sama lagi untuk kegiatan kegiatan sosial ini“ ujar Fung Chin Siung.

Devi Octavine salah satu pendonor yang mengaku senang dapat mendonorkan darahnya tengah menjalani pemeriksaan tekanan darah. Bagi Devi donor darah ini merupakan yang pertama kali di lakukan.

Relawan Tzu Chi Bandung mendampingi setiap peserta yang sedang dalam proses pengambilan darah. Donor darah ini terlaksana berkat kerjasama antara Yayasan Tzu Chi Bandung dengan Yayasan Mutiara.

Peserta yang mendaftar untuk donor darah ini mencapai 75 orang dan yang lolos uji kesehatan ada 60 kantung darah yang berhasil terkumpul. Devi Octavine (25) salah satu pendonor yang baru pertama kali mendonorkan darah mengaku senang bisa bersumbangsih darah. Menurut Devi selain mejadi pengalaman baru, Devi berharap apa yang sudah dilakukannya bisa membantu mereka yang membutuhkan transfusi darah.

“Senang banget ya soalnya saya jarang ikut donor darah pertiga bulan sekali dan itu pun suka ditolak juga karena Hb nya rendah , yang pasti saya senang banget dan bahagia. Semoga darah aku tuh bisa bermanfaat buat orang yang membutuhkan” ucap Devi senang.

Para relawan Tzu Chi selesai kegiatan donor darah berkesempatan untuk foto bersama dengan pengurus Yayasan Mutiara.

Riana Wartono penanggung jawab kegiatan donor darah mengungkapkan, kegiatan donor darah ini sebagai bentuk perhatian Yayasan Tzu Chi dalam pengadaan darah di bank darah PMI. Juga sebagai ladang berkah untuk menyelamatkan sesama yang membutuhkan transfusi darah.

“Ikut donor darah itu bagi saya menyelamatkan masyarakat yang membutuhkan. Jadi kita terus mengajak masyarakat untuk ikut serta untuk donor darah , jadi bisa membantu menyelamatkan masyarakat yang membutuhkan” Ajak Riana.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Sumbangsih dengan Donor Darah

Sumbangsih dengan Donor Darah

10 September 2014 Relawan Tzu Chi Batam bekerja sama dengan PMI Batam dan PT OSI Electronics mengadakan bakti sosial donor darah untuk yang pertama kalinya pada Sabtu, 30 Agustus 2014.
Menjalin Jodoh Melalui Donor Darah

Menjalin Jodoh Melalui Donor Darah

31 Oktober 2013 Walaupun cuaca yang panas sangat menyengat, namun cuaca ini justru membangkitkan semangat relawan untuk menginformasikan ke pengguna jalan raya bahwa sedang dilakukannya donor darah di tempat tersebut.
Menginspirasi Lebih Banyak Orang untuk Donor Darah

Menginspirasi Lebih Banyak Orang untuk Donor Darah

12 Agustus 2019

Tzu Chi Bandung kembali bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) serta LBPP-LIA Martadinata mengadakan donor darah dalam rangka HUT ke 60 LBPP-LIA, 1 Agustus 2019.

Menyayangi dan melindungi benda di sekitar kita, berarti menghargai berkah dan mengenal rasa puas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -