Bulan Tujuh Penuh Berkah : Memasak Vegan dan Mengunjungi Opa Oma

Jurnalis : Merry Christine, Teddy Lianto (He Qi Barat 1), Fotografer : Merry Christine (He Qi Barat 1)

Dalam rangka Kegiatan Bulan Tujuh Penuh Berkah, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1 mengunjungi Graha Lansia Marfati, Tangerang untuk memberikan penghiburan bagi oma dan opa serta membagikan makanan vegan (kue).

Dalam rangka melaksanakan kegiatan Bulan Tujuh Penuh Berkah, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1 melakukan kunjungan kasih ke Graha Lansia Marfati, Jl. Dr. Sitanala, Tangerang pada 1 September 2022. Panti ini merupakan rumah bagi Lansia yang mengalami sakit dan keluarganya tidak sanggup untuk mendampingi. Dalam kesempatan ini, relawan yang berkunjung ingin bercengkrama dengan oma dan opa sekaligus memberikan makanan kecil.

Di panti ini mampu menampung 65 Lansia dengan kondisi yang membutuhkan pendampingan. Nila, relawan Tzu Chi  komunitas He Qi Barat 1 menerangkan bahwa kegiatan kunjungan kasih ke Graha lansia Marfati merupakan kelanjutan dari kegiatan memasak vegetarian. Setelah relawan memasak pada pagi hari, maka makanan yang terkumpul dari kegiatan tersebut disalurkan ke Graha Lansia Marfati. Selain Graha lansia Marfati, relawan akan juga mengunjungi beberapa panti, yakni Panti Werdha Cendrawasih, dan yang terakhir di Panti Werdha Jelambar.

Para relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1 berkumpul untuk memasak makanan vegan (kue) yang akan dibagikan kepada beberapa panti werdha.

“Jadi ada yang bertanya sehabis mengadakan acara memasak vegan, kue-kuenya akan disalurkan ke mana? Lalu ada yang mengusulkan untuk disalurkan ke panti. Maka pada kegiatan memasak vegan kali ini kita berkunjung ke Graha Lansia Marfati,” terang Nila.

Nila pun menambahkan, dalam kunjungan ini para relawan tidak hanya membagikan kue tetapi juga menyapa dan menghibur para Lansia. Penghiburan ini bertujan untuk menghapus rasa sedih karena mereka harus terpisah dari keluarga.

Relawan membantu membuka makanan vegan yang diberikan kepada salah satu oma penghuni Graha Lansia Marfati.

Suster Katherin, perawat yang telah bekerja selama hampir 20 tahun di Graha Lansia Marfati merasa senang dengan kunjungan relawan Tzu Chi. “Rata-rata lansia yang ada di sini membutuhkan perawatan total dan terkadang mereka (Lansia) merasa kesepian . Merasa senang di saat yang susah seperti ini masih ada teman-teman (relawan Tzu Chi) yang terketuk hatinya untuk datang mengunjungi dan menghibur Lansia di sini,” ungkap Katherin.

Katherin pun senang relawan yang hadir dengan membawa keluarga mereka juga menghibur para Lansia yang sedang sakit ataupun kesepian. “Karena kita nanti pun akan menua, jadi ini (menghibur Lansia) adalah hal yang baik. Sehingga nanti anak cucu kita akan memperlakukan kita dengan baik,” tuturnya.

Markus, Lansia yang mengalami lumpuh dihibur oleh relawan Tzu Chi dan dibantu saat membuka bungkus makanan kecil.

Markus (60), yang mengalami lumpuh sudah tinggal di Graha Lansia Marfati selama 16 minggu. Ia merasa senang relawan mengajaknya bercengkrama dan mendengarkan keluh kesah serta kisah hidupnya. “Senang sekali (dikunjungi relawan). Sangat bersyukur saya, karena relawan yang datang sangat baik kelakuannya,”ucap Markus penuh gembira.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Berbagi Cinta Kasih di bulan Tujuh Penuh Berkah

Berbagi Cinta Kasih di bulan Tujuh Penuh Berkah

07 September 2022

Relawan Tzu Chi Jambi berbagi cinta kasih di Bulan Tujuh Penuh Berkah kepada Opa Oma di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur. Pada kesempata itu, relawan juga memberikan bingkisan dan keperluan para oma opa penghuni panti.

Berbagi Kasih Serta Kebahagiaan kepada Anak-anak Panti Asuhan Al-Iman

Berbagi Kasih Serta Kebahagiaan kepada Anak-anak Panti Asuhan Al-Iman

21 September 2022

Para Relawan Tzu Chi Makassar melakukan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Al Iman, di Jalan Rajawali, Kota Makassar, Minggu 18 September 2022. 

Bulan Kasih Sayang di Panti Asuhan

Bulan Kasih Sayang di Panti Asuhan

10 Maret 2023

Dengan penuh keceriaan, relawan Muda-Mudi Tzu Chi Pekanbaru bercengkrama dengan anak-anak di Panti Asuhan Amuri Pekanbaru (26/2/2023).

Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -