Cinta Kasih Muda-mudi Tzu Chi Pekanbaru Saat Berkunjung ke Panti Jompo

Jurnalis : Dea Paramita (Tzu Chi Pekanbaru) , Fotografer : Feber Suranta, Dea Paramita, Flemming Wijaya (Tzu Chi Pekanbaru)

Dengan sukacita, muda-mudi beserta relawan Tzu Chi bernyanyi bersama untuk menghibur kakek dan nenek.

Cinta kasih dan kepedulian dari muda-mudi Tzu Chi Pekanbaru diwujudkan dengan kunjungan kasih ke Panti Jompo Embun Kehidupan Bangsa pada Minggu, 2 Oktober 2022. Bersama dengan relawan komunitas Arengka, sejak pukul 13.00 siang, semua dengan penuh ketulusan mengemas berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari yang ingin disumbangkan kepada kakek dan nenek seperti seperti sikat gigi dan sabun, serta beberapa jenis makanan.

Ketika tiba di panti jompo, muda-mudi beserta para relawan langsung memberikan perhatian kepada kakek dan nenek dengan membantu memotong kuku, mencukur rambut, serta memotong rambut mereka. Dengan penuh sukacita, mereka juga turut mengajak kakek dan nenek untuk bercerita dan menunjukkan kepedulian mereka.

Dengan penuh ketulusan, salah satu muda-mudi memotong kuku salah satu nenek.

Muda-mudi Tzu Chi tengah menyuapi kakek dan nenek dengan penuh cinta kasih.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak muda-mudi untuk menumbuhkan cinta kasih, dengan belajar peduli; menghibur; dan menemani kakek dan nenek agar mereka tidak merasa kesepian. Melalui kegiatan ini, saya berharap muda-mudi bisa berbakti kepada orang tua mereka dan tetap merawat orang tua mereka dengan penuh kasih ketika sudah tua,” ujar Gunarny, yang merupakan ibu pembina muda-mudi.

Orang tua merupakan sosok-sosok yang paling berjasa dalam hidup manusia. Ibu merupakan sosok yang telah berjuang demi melahirkan dan membesarkan anak-anaknya, sementara ayah adalah sosok yang bekerja keras untuk memastikan anak-anaknya dapat hidup dengan tenang dan tanpa kekurangan. Jasa orang tua tidak akan dapat dibalas dengan tuntas, karena jasa mereka sangatlah besar dan tak lekang oleh waktu. Oleh karena itulah, dalam usia tua, sudah sepantasnya anak-anak mereka merawat mereka dengan kasih, seperti cara mereka merawat dan membesarkan anak-anaknya.

Para relawan mencukur dan memotong rambut para kakek.

Tidak hanya membantu merawat kakek dan nenek, pada kunjungan kali ini, diadakan juga pemeriksaan terhadap kakek dan nenek.

Tidak hanya itu, pada kegiatan kali ini, beberapa dokter TIMA juga melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan ini penting adanya, untuk mendeteksi lebih dini penyakit-penyakit yang rentan menyerang kakek dan nenek. Setelah pemeriksaan, para dokter TIMA juga turut memberikan obat-obatan untuk meringankan penyakit kakek dan nenek.

Setelah memberikan perhatian dan pemeriksaan kepada kakek dan nenek, para muda-mudi juga turut menghibur kakek dan nenek dengan menampilkan isyarat tangan dan menari bersama. Kakek dan nenek juga dengan gembira ikut bertepuk tangan, serta menyanyikan beberapa lagu sebagai hiburan.

Muda-mudi memberikan bingkisan kepada kakek dan nenek sebagai bentuk sumbangsih.

Gunarny (kiri) tengah menghibur salah satu nenek.

“Bagi saya, mengunjungi panti jompo merupakan kegiatan yang sangat bagus, karena saya bisa mengunjungi kakek dan nenek yang ada di sana, serta menghibur mereka. Saya merasa sangat bahagia, karena bisa membawakan isyarat tangan dan menghibur kakek dan nenek, serta bisa bercerita dengan mereka,” kata Stephen, salah satu Muda-Mudi Tzu Chi yang ikut dalam kegiatan ini.

Dalam kegiatan ini, muda-mudi dapat menyalurkan cinta kasih mereka dengan menghibur dan merawat kakek dan nenek. Muda-mudi juga diharapkan agar dapat memetik pelajaran dan dapat terus menyayangi serta merawat orang tua mereka.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Senja yang Berharga

Senja yang Berharga

12 Juli 2018
Selasa, 10 Juli 2018 relawan Tzu Chi Hu Ai Pluit dan Guru-guru Tzu Chi School PIK mengadakan kunjungan kasih ke Panti Werdha Wisma Mulia di Jalan Hadiah, Grogol, Jakarta Barat. Sejumlah 22 orang relawan dan 29 guru datang memberikan kebahagiaan kepada para oma dan opa. 
Bulan Kasih Sayang di Panti Asuhan

Bulan Kasih Sayang di Panti Asuhan

10 Maret 2023

Dengan penuh keceriaan, relawan Muda-Mudi Tzu Chi Pekanbaru bercengkrama dengan anak-anak di Panti Asuhan Amuri Pekanbaru (26/2/2023).

Berbagi Kasih Serta Kebahagiaan kepada Anak-anak Panti Asuhan Al-Iman

Berbagi Kasih Serta Kebahagiaan kepada Anak-anak Panti Asuhan Al-Iman

21 September 2022

Para Relawan Tzu Chi Makassar melakukan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Al Iman, di Jalan Rajawali, Kota Makassar, Minggu 18 September 2022. 

Kita hendaknya bisa menyadari, menghargai, dan terus menanam berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -