Cegah Stunting Sebelum Genting

Jurnalis : Imelda Virgo Vintia (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Dokumentasi Xie Li Kalteng 3

Komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 memberikan bantuan alat antropometri kit yaitu alat pendeteksi stunting bagi delapan unit posyandu di Desa Rungau Raya.

“Lakukan perbuatan baik yang pantas dilakukan dengan sepenuh hati, tidak perlu menghitung berapa banyak perbuatan yang telah dilakukan”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Stunting masih menjadi perhatian relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas. Stunting merupakan kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

Untuk membantu menyiapkan generasi penerus bangsa bebas dari stunting, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas di beberapa wilayah terus melalukan berbagai upaya. Seperti yang dilakukan relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 yang memberikan bantuan alat antropometri kit yaitu alat pendeteksi stunting bagi delapan unit posyandu yang masuk wilayah Desa Rungau Raya Kecamatan Telawang Kabupaten Seruyan.

Tampak para relawan turut membantu kegiatan posyandu usai memberikan alat antropometri kit.

Bantuan ini  dibagikan secara bertahap mulai 2-17 November 2023. Adapun unit posyandu yang mendapatkan bantuan yaitu Semilar Estate (SLME), Lenggana Estate (LGGE), Muara Dua Estate (MDUE), Perdana Estate (PRDE), Semandau Estate (SMNE), Seirindu Estate (SRDE), Puri Estate (PURE), dan Mandang Estate (MNAE).

Pemberian bantuan ini sebagai perhatian relawan untuk turut membantu mencegah terjadinya stunting di sekitar area operasional perusahaan. Bantuan antropometri kit ini disambut baik Ketua Kader Unit Mandang, Uswatun Khasana.  

“Terima kasih banyak untuk relawan Tzu Chi yang sudah memberikan bantuan alat pendeteksi stunting sejak dini. InsyaAllah sangat bermanfaat untuk kami dan balita. Terima kasih juga untuk ibu-ibu staf yang selalu membantu dan mendukung kami para kader dalam setiap pelaksanaan posyandu di tempat kami,” ungkapnya.

Selain memberikan bantuan alat antropometri kit, para relawan setiap bulan rutin membantu dan mendukung berjalannya posyandu di unit masing-masing. Melalui pemberian alat pendeteksi stunting sejak dini, para relawan berharap dapat mencegah stunting pada anak-anak di lingkungan unit tersebut.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Sebuah Kolaborasi Untuk Cegah Stunting

Sebuah Kolaborasi Untuk Cegah Stunting

02 Maret 2023

Sebanyak 44 anak dari enam desa di Kecamatan Natar diberikan makanan tambahan oleh Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas dari PT Konverta Mitra Abadi (KMA) Lampung.  

Pemberian Bingkisan Cinta Kasih Peduli Stunting Bersama Yayasan Sehati

Pemberian Bingkisan Cinta Kasih Peduli Stunting Bersama Yayasan Sehati

06 Oktober 2023

Komunitas relawan Tzu Chi di Hu Ai Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Yayasan Sehati dalam kegiatan bernama “Peduli Stunting” yang diadakan di Apartemen Arandra, Kelurahan Cempaka Putih Timur.

"Waspada Stunting"

26 Oktober 2022

Stunting menjadi perhatian relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas. Seperti yang dilakukan relawan Xie Li Kaltim 1. Bekerja sama dengan pihak kecamatan, relawan mengadakan penyuluhan kesehatan bertema “Waspada Stunting”.

Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -