Cinta Kasih yang Mengalir di Posko Pengungsian Banjir

Jurnalis : Surya Metal (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Syanny Wijaya (Tzu Chi Makassar)

Para relawan Tzu Chi Makassar menyiapkan paket bantuan bagi para korban bencana banjir berupa : beras 5 kg, air mineral 1 dus, mie instan 1 dus, dan baju layak pakai juga beberapa kebutuhan anak-anak seperti susu dan popok bayi.

Siapa yang menyangka jika hujan deras yang melanda Kota Makassar dan sekitarnya pada Minggu, 12 Februari malam hingga Senin, 13 Februari 2023 dinihari menyebabkan banjir bandang. Terjangan banjir ini menyebabkan rumah warga mengalami kerusakan cukup parah, sehingga sebanyak 106 Kepala Keluarga di Kecamatan Manggala harus mengungsi. Selain itu, fasilitas umum mengalami kerusakan, seperti sekolah, kantor pemerintahan, dan hancurnya beberapa area persawahan.

Begitu mendengar adanya bencana banjir, para relawan dan insan Tzu Chi tergerak hatinya untuk memberikan perhatian dan bantuan bagi para korban bencana. Berbagai jenis bantuan disiapkan oleh para relawan di Kantor Tzu Chi Makassar. Pada 20 Februari 2023, para relawan Tzu Chi Makassar bergegas menuju lokasi terjadinya musibah banjir bandang di Kota Makassar yaitu di Kecamatan Manggala.

Warga di Kecamatan Manggala yang mengalami kerusakan cukup parah harus mengungsi di Masjid Jabal Nur akibat terdampak banjir.

Setiba di Masjid Jabal Nur, para relawan menyiapan dan mengatur paket bantuan.

Setibanya di posko pengungsian, para relawan Tzu Chi mulai berbaur dan berinteraksi dengan para korban. Dengan penuh cinta kasih dan kesigapan, keesokan harinya bantuan diberikan secara langsung oleh para relawan Tzu Chi di posko pengungsian. Menurut informasi salah satu warga, Milda (25), banjir ini datang secara tiba-tiba dan seluruh warga panik dan berhamburan meninggalkan rumahnya.

“Antara Blok 8 sampai Blok 10 itu sudah mulai tidak bisa dilewati. Agak kesulitan mi mobil. Hanya mobil yang bodinya tinggi yang bisa lewat. Mungkin kisarannya sekitar setengah meter," tutur Milda saat ditemui di salah satu posko bantuan bencana.

Penyerahan paket bantuan secara langsung kepada warga.

Warga sangat berterima kasih dan merasa gembira setelah menerima paket bantuan cinta kasih yang diberikan Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar.

Hujan yang turun mengiringi keberangkatan relawan menuju lokasi. Kendala yang dihadapi saat perjalanan menuju lokasi tidak menyurutkan relawan untuk dapat berbagi kasih dengan masyarakat yang membutuhkan. Bantuan yang diberikan berupa sandang dan pangan.

“Terdapat lebih 100 KK yang kami bantu. Kami memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan mereka yaitu beras 5 kg, air mineral 1 dus, dan mie instan 1 dus, juga kebutuhan anak-anak seperti susu, popok bayi, dan baju layak pakai,” kata Go Weng Ak, Koordinator Tanggap Darurat Tzu Chi Makassar.

Sunarsi pun mengungkapkan rasa syukurnya dan berterima kasih dengan adanya bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi. “Terima kasih sudah dapat, sudah memberi, membantu kami semua terima kasih, Alhamdulillah,” ujarnya.

Kebersamaan tim relawan yang telah ikut serta membantu menyerahkan paket cinta kasih untuk warga yang terdampak banjir di Antang Kec. Manggala.

Para insan Tzu Chi selalu tergerak hatinya menolong mereka yang sedang tertimpa musibah. Bantuan ini adalah wujud kasih para relawan Tzu Chi yang menganggap bahwa seluruh manusia di dunia ini adalah saudara. Para relawan juga bersyukur karena proses pemberian bantuan ini dapat berlangsung dengan tertib dan teratur. Semoga bantuan ini dapat mengurangi beban warga.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menyalurkan Bantuan Banjir di Kelurahan Sei Mati

Menyalurkan Bantuan Banjir di Kelurahan Sei Mati

10 Maret 2022

Hujan deras yang mengguyur kota Medan pada 27-28 Februari 2022 menyebabkan beberapa titik dilanda banjir. Salah satunya di Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun.

Perhatian Tulus Dalam Nasi Bungkus

Perhatian Tulus Dalam Nasi Bungkus

10 Maret 2023

Tzu Chi Singkawang menyalurkan bantuan berupa nasi hangat yang diantar langsung ke rumah-rumah warga yang masih tergenang banjir. Kemudian bagi yang berada di posko pengungsian diberikan bantuan paket perlengkapan mandi.

Bantuan Banjir untuk Warga di Aceh Utara

Bantuan Banjir untuk Warga di Aceh Utara

11 Desember 2017
Setelah melalui survei yang mendetail, relawan Tzu Chi di Kota Lhoukseumawe, Aceh bersama pihak RAPI dan Basarnas mendistribusikan bantuan bagi para korban banjir di Kecamatan Perak Timu. Bantuan berupa beras, makanan, juga obat-obatan.
Kendala dalam mengatasi suatu permasalahan biasanya terletak pada "manusianya", bukan pada "masalahnya".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -