Dari Petani Untuk Petani

Jurnalis : Bambang Mulyantono (Tzu Chi Singkawang), Fotografer : Jak Po (Tzu Chi Singkawang)
Penyerahan Benih Padi Unggul kepada Kelompok tani ‘Sinar kasih’ di Kelurahan sanggau Kulor Kecamatan Singkawang Timur.

Pada Minggu (29/5), relawan Tzu Chi Singkawang menyerahkan benih padi unggul kepada Kelompok Tani ‘Sinar Kasih’ di Kelurahan Sanggau Kulor Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang. Benih padi unggul tersebut merupakan sumbangsih dari para petani di Desa Binaan Tzu Chi yang diberikan dalam acara Penuangan Celengan pada 24 April 2022 di Dusun Pakan Desa Caokng Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak.

Weri Irawan yang mewakili Kelompok Tani ‘Sinar Kasih’ mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Singkawang yang telah menyalurkan bantuan benih unggul dari petani penangkar benih di desa binaannya.

“Memang sebagian petani di sini sudah ada yang mulai tanam, tapi ada juga yang belum, sehingga benih padi ini juga bisa disemaikan pada musim tanam saat ini. Di samping itu perkenalan dengan petani penangkar benih dari Desa Binaan Tzu Chi juga menjadi ajang tukar pengalaman dan pengatahuan dalam menghadapi persoalan-persoalan pertanian,” ucap Weri.

Benih padi unggul ini adalah sumbangsih dari para petani di Desa Binaan Tzu Chi yang ada di Dusun Pakan, Desa Caokng, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak.

Djang Tjin Jung yang menjadi ketua rombongan relawan Tzu Chi Singkawang mengatakan bahwa pemberian benih padi unggul ini merupakan perkenalan pertama petani di sini dengan Tzu Chi.

“Selanjutnya Tzu Chi siap menjadi sahabat bahkan saudara. Sebagaimana halnya saudara, kalau ada hal-hal yang dibutuhkan oleh warga di sini maka Tzu Chi siap membantu. Kalau ada persoalan di bidang pertanian, sudah ada petani yang menjadi bagian keluarga Tzu Chi, yang siap saling bertukar pengalaman, saling belajar menghadapi persoalan-persoalan pertanian.” Ucap Djang Tjin Jung seraya mengenalkan Donatus, perwakilan petani desa binaan yang hadir dalam penyerahan benih padi siang itu.

Weri Irawan bersukacita atas bantuan benih unggul dari Tzu Chi Singkawang.

Donatus menceritakan secara ringkas perhatian Tzu Chi terhadap warga desanya yang penuh keterbatasan, sinyal susah dijangkau, jalanpun rusak parah, tetapi dengan semangat persaudaraan yang tinggi.

“Kami mendapat perhatian sepenuh hati dari relawan Tzu Chi. Inilah yang memotivasi kami yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Tidak hanya bimbingan teknis budidaya padi dan jagung, tetapi bimbingan dalam bidang kesehatan, pendidikan dan budaya humanis kami mendapat perhatian dari relawan Tzu Chi.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tiga Makna dalam 3 Butir Padi

Tiga Makna dalam 3 Butir Padi

29 Desember 2010 Pemberkahan akhir tahun dalam budaya Tzu Chi pun akan segera datang. Maka untuk menyambut acara yang penuh makna itu, relawan Tzu Chi di Indonesia yang terbagi dalam 4 wilayah He Qi mulai menyibukkan diri dengan menghias angpau pemberkahan akhir tahun dengan koin berlogo Tzu Chi dan tiga butir padi.
Tanam Padi untuk Kemandirian

Tanam Padi untuk Kemandirian

15 April 2010
Bagi Veronika Berna Dian Ekayani, reporter program Mata Hati DAAI TV Jakarta, menanam padi di sawah adalah pengalamannya yang pertama. “Teori juga tidak tahu, bener-bener takjub dan kaget ya,” katanya.
Dari Petani Untuk Petani

Dari Petani Untuk Petani

06 Juni 2022

Para relawan Tzu Chi Singkawang menyerahkan benih padi unggul kepada Kelompok Tani ‘Sinar Kasih’ di Kelurahan Sanggau Kulor Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang pada 24 April 2022.

Semua manusia berkeinginan untuk "memiliki", padahal "memiliki" adalah sumber dari kerisauan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -