Demi Berbuat Baik, Singkirkan Rasa Takut

Jurnalis : Surono (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Surono (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)
Rimartha Mulia (24) sedang menunjukkan darah yang didonorkan untuk pertama kalinya.

Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.
 -Kata Perenungan Master Cheng Yen-

Senin pagi 6 Maret 2023 cuaca tampak cerah, tidak seperti beberapa hari sebelumnya yang selalu diawali dengan hujan dan awan mendung. Rimartha Mulia (24) yang bekerja sebagai treasury staff di Sinarmas MSIG bergegas menuju kantornya dengan semangat. Informasi adanya kegiatan donor darah di kantornya, membulatkan tekadnya untuk berdonor. Meski semalam ia kurang tidur dan agak mengantuk.

Ini adalah kali pertama Rimartha berdonor. Banyak temannya mengatakan jika donor darah selain berbuat baik, banyak juga manfaatnya. Badan menjadi lebih enteng dan menjadi lebih sehat. Tiba di ruang donor darah, Rimartha segera mendaftarkan diri, periksa hemoglobin, tekanan darah, dan akhirnya dinyatakan lolos untuk donor darah.

”Di awal-awal takut sih, aku juga takut buat diambil darahnya pake jarum kan, cuma ya setelah dicoba gak kenapa-kenapa, jadi ya udah ayuk coba aja. Mungkin tadi memang agak pusing ya waktu bangun, cuma ya over all sudah agak mendingan, sudah biasa aja,” ujar Rimartha semangat bercerita. Ia juga memberikan motivasi kepada teman-teman untuk tidak ragu mulai mendonorkan darah. “Ayuk coba aja, enggak sakit, rasanya kayak digigit semut,” sambungnya.

Lie Andre (36) karyawan bagian IT mendonorkan darah untuk membantu orang lain.

Dudi Ruchimat (49) property manager Sinarmas MSIG Tower dengan penuh semangat mendonorkan darahnya.

Hal yang sama diungkapkan Lie Andre (36) karyawan bagian IT. Ia mengatakan keinginan berbuat baik dan menyelamatkan orang lain melalui donor darah mengalahkan rasa takutnya. “Fokus membantu dan menyelamatkan orang lain lebih penting daripada fokus pada rasa takut ketika kita melakukan donor darah,” ujarnya. Meskipun baru dua kali donor darah, Andre mengaku senang setelah melakukan donor darah, karena bisa membantu orang lain yang membutuhkan darah.

Begitu pula dengan Dudi Ruchimat (49) Property Manager Sinarmas MSIG Tower yang menceritakan awal pertama kali donor darah. “Sebenarnya saya termasuk orang yang takut pada jarum, cuma saya lihat teman-teman pada ikut juga, anak buah pada ikut, saya pikir sih gak perlu ada yang ditakutkan dirisaukan, akhirnya saya juga ikut, bahagia saya menyumbangkan darah ini untuk orang lain, happy saja,” ungkapnya. Dudi juga mengajak kepada yang belum mendonorkan darah untuk tidak ragu berdonor. “Mari kita berdonor untuk sesama, untuk keselamatan sesama,” pungkasnya.

Pegawai di Sinarmas MSIG Tower sedang mengantre untuk melakukan pendaftaran PMI dan pengecekan hemoglobin.

Sebelum dapat mendonorkan darah, peserta harus melewati pengecekan tekanan darah.

Bekerja sama dengan PMI Jakarta Selatan, donor darah ini berlangsung di lantai 17 gedung Sinarmas MSIG Tower, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Selatan. Sebanyak 207 orang yang bekerja di Sinarmas MSIG tower yang telah mendaftar dan 161 kantong darah yang berhasil disumbangkan. Pada kesempatan ini, relawan juga mengadakan penuangan celengan bambu bagi karyawan yang bekerja di Sinarmas MSIG Tower.

Relawan Tzu Chi Sinar Mas juga mengadakan penuangan celengan bambu bagi karyawan yang bekerja di Sinarmas MSIG Tower.

Donor darah banyak memberikan manfaat tidak hanya untuk orang lain yang membutuhkan, seperti orang dalam kondisi kecelakaan, anemia, kanker, thalasemia, hingga transplantasi organ. Donor darah juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi diri sendiri. Selain itu donor darah juga merupakan suatu perbuatan baik bentuk cinta kasih kepada sesama yang perlu untuk dilakukan secara berkelanjutan. Sejalan dengan kata perenungan dari Master Cheng Yen Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bersumbangsih Membantu Sesama

Bersumbangsih Membantu Sesama

02 Mei 2016

Relawan Tzu Chi Sinar Mas mengadakan kegiatan donor darah yang diikuti oleh 97 orang pada 21 April 2016. Kegiatan penuh cinta kasih ini membuktikan bahwa bersumbangsih bisa dilakukan dengan berbagai cara dan tidak harus dalam bentuk materi.

Memberi Tidaklah Merugi

Memberi Tidaklah Merugi

16 Maret 2017
Relawan Tzu Chi di komunitas Kebon Jeruk 1 dan 3 menggelar donor darah di RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Kembangan Jakarta Barat. Kegiatan kali ini diikuti para pendonor dari berbagai kalangan. Ada dari petugas kelurahan, anggota TNI, Polisi dan petugas kebersihan dan masyarakat  sekitar RPTRA.
Berdonor Darah di Sei Rokan

Berdonor Darah di Sei Rokan

05 Oktober 2018
Relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas Xie Li Siak bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) unit donor darah Pekanbaru mengadakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada Jumat, 21 September 2018.
Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -