Di Setiap Tetesan Darahnya Ada Cinta Kasih

Jurnalis : M. Galvan (Tzu Chi Bandung), Fotografer : M. Galvan, Rangga (Tzu Chi Bandung)

Insan Tzu Chi senantiasa mendampingi para pendonor agar mereka dapat mendonorkan darahnya dengan rileks.

Nilai kemanusiaan terletak pada ketulusan hati setiap insan untuk berbagi antar sesama. Berbagi tak melulu berupa materi. Kita juga bisa berbagi darah untuk mereka yang membutuhkan melalui donor darah. Oleh karena itu, pada tanggal 5 Februari 2015, Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung menggaet Palang Merah Indonesia (PMI) serta Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesi Languange In Action (LBPP-LIA) mengajak masyarakat untuk mendonorkan darah mereka dalam bakti sosial donor darah. Kegiatan yang berlangsung di Jalan RE Martadinata No 104, Bandung ini diikuti oleh 39 pendonor.

Kegiatan donor darah ini selain ditujukan untuk membantu orang yang membutuhkan juga ditujukan untuk membantu persedian darah di PMI. Hal ini dikarenakan permintaan darah yang semakin meningkat dari hari ke hari. Melalui kegiatan donor darah ini, masyarakat diajak untuk menyadari bahwa setiap tetes darah yang didonorkan dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima dan juga bermanfaat bagi kesehatan pendonornya.

Insan Tzu Chi Bandung juga berkesempatan untuk mensosialisasikan visi-misi Tzu Chi kepada seluruh peserta yang berada dilingkungan LBPP-LIA. Hal ini bertujuan agar para peserta mengenal lebih dalam tentang misi kemanusiaan Tzu Chi sehingga bisa tersentuh dan menjadi bagian dari barisan Tzu Chi.

Insan Tzu Chi juga memperkenalkan sejarah dan visi-misi Tzu Chi sehingga dapat menjaring Bodhisatwa yang bergabung dalam barisan kemanusiaan Tzu Chi.

Kegiatan ini diapresiasi oleh kepala cabang LBPP-LIA, Eliza Ratna Muthia (51). Menurutnya respon cepat yang ditunjukan oleh Tzu Chi untuk kegiatan kemanusiaan patut diajungi jempol. “Kami tahu bahwa Yayasan Buddha Tzu Chi selalu konsen terhadap keikutsertaan kalau ada acara donor darah seperti ini. Saya sangat berterima kasih kepada para pengurusnya dan para donaturnya juga yang sudah turut serta menyukseskan acara ini,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga memberikan kesan mendalam bagi para relawan. Salah satunya dirasakan Tjong Lip. "Hari ini kita sangat senang sekali kita bisa berpartisipasi dengan PMI dan lembaga bahasa Indonesia Amerika di Bandung ini untuk mengadakan donor darah dalam kesempatan ini pun kita bisa mensosialisasikan mengenai Tzu Chi,” tuturnya. Lebih lanjut, Tjong Lip berharap dapat mengajak lebih banyak Bodhisatwa untuk bergabung dalam barisan Tzu Chi. “Kita juga perkenalkan mereka supaya mereka bisa lihat di internet dan media lainnya untuk mengetahui mengetahui apa kegiatan Tzu Chi di dunia internasional ini,” lengkapnya.

Sebagai bentuk jalinan jodoh baik ini, Tzu Chi memberikan paket yang berisi majalah, kata perenungan, buletin dan celengan bambu kepada Kepala cabang LBPP-LIA, Eliza Ratna Muthia (kanan).

Bersumbangsih Sejak Muda

Salah satu pendonor yang masih berusia muda adalah Taufiq Barasandha (18). Meski baru pertama kalinya mendonorkan darahnya, Taufiq tanpa ragu dan dengan langkah yang mantap menyumbangkan darahnya dan berharap dapat memberikan manfaat kepada yang membutuhkan.

“Istilahnya mengorbanin dirilah jadi setidaknya bisa ngasih yang bisa digunakan dari tubuh saya. Tanggapan saya sering-sering aja diadain soalnya biar mempererat tali silaturahmi dan sekaligus berbuat kebaikan dengan cara mendonorkan darah hasilnya bagi mereka yang sangat membutuhkan,” tutur Taufiq.

Lebih lanjut, Taufiq menambahkan selama proses donor berlangsung ia selalu didampingi oleh relawan Tzu Chi. “Tadi saya didampingi terus sama relawan, seneng sih, enak diajak ngobrol. Jadi enak suasananya, ga tegang sewaktu proses donor darah,” tambahnya.

Semoga dengan apa yang ditunjukan oleh para pendonor ini dapat menjadi inspirasi bagi semua khalayak bahwa berjalannya misi kemanusiaan adalah tanggung jawab bersama dalam melayani masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan dari para hati Bodhisatwa.

Artikel Terkait

Semangat Bersumbangsih Lewat Donor Darah

Semangat Bersumbangsih Lewat Donor Darah

07 Desember 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tangerang mengadakan kegiatan donor darah yang rutin diadakan setiap 3 bulan sekali di Kantor He Qi Tangerang, Ruko Pinangsia, Blok L No.22, Karawaci, Tangerang-Banten.

Pengalaman Pertama Mendonorkan Darah

Pengalaman Pertama Mendonorkan Darah

01 Juli 2016 Minggu, 26 Juni 2016, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan donor darah rutin. Kegiatan ini berhasil mengumpulkan 33 kantong darah.
Kekuatan Kebajikan dan Semangat Kemanusiaan di Tengah Pandemi

Kekuatan Kebajikan dan Semangat Kemanusiaan di Tengah Pandemi

16 September 2020

Kekuatan kebajikan dan semangat kemanusiaan di tengah pandemi mendorong banyak hati dari berbagai pihak bersama Tzu Chi Palembang kembali mengadakan donor darah pada Minggu, 6 September 2020. Donor darah kali ini bekerjasama dengan PMI Palembang, Paguyuban Masyarakat Anxi Sumsel, dan Paguyuban Marga Yap.

Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -