Donor Darah Sebagai Wujud Kepedulian Bagi Sesama

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan Handoko, Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)

Relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Tamken mengadakan kegiatan donor darah di Sekolah Kusuma Bangsa. Dalam kegiatan ini, Fatimah (depan) untuk keduakalinya mendonorkan darahnya bersama Tzu Chi Palembang.

Pada Minggu, 17 Juli 2022 relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Tamken mengadakan kembali kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang. Kegiatan donor darah yang diadakan di Sekolah Kusuma Bangsa, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang ini untuk menambah stok ketersediaan darah di PMI.

Saat kegiatan donor darah, para pendonor masih diwajibkan menerapkan protokol kesehatan walaupun angka Covid-19 sudah mulai mereda. Sebelum kegiatan, para peserta melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir donor darah. Setelah proses registrasi selesai, para peserta akan dicek kondisi kesehatannya dan kadar Hb (Hemoglobin) di dalam darah. Apabila hasilnya sesuai dengan standar, maka peserta dapat mendonorkan darahnya.

Para tunas relawan Tzu Chi Palembang membantu proses registrasi para peserta donor darah.

Salah satu peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah Fatimah. Ia telah beberapa kali mengikuti kegiatan donor darah di tempat lain. Dan dalam kegiatan donor darah Tzu Chi yang diadakan di Sekolah Kusuma Bangsa ini, untuk yang kedua kalinya Fatimah mendonorkan darahnya.

“Kegiatannya berjalan dengan tertib, pelayanannya enak, dan juga ramah. Motivasi saya untuk donor darah yang pertama bisa untuk membantu sesama, kedua juga dengan berdonor darah kita jadi lebih sehat,” kata Fatimah.

Setelah selesai registrasi, para peserta juga melakukan cek kesehatan dan cek kadar Hb (Hemoglobin) untuk dapat mendonorkan darahnya.

Dalam kegiatan donor darah kali ini, sebanyak 127 kantong darah berhasil dihimpun Tzu Chi Palembang untuk menambah stok ketersediaan dari di PMI Kota Palembang.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bakti Sosial Donor Darah Ke-2 Tzu Chi Palu

Bakti Sosial Donor Darah Ke-2 Tzu Chi Palu

16 Februari 2023

Tzu Chi Palu untuk kedua kalinya melaksanakan kegiatan donor darah pada Minggu, 05 Februari 2023. Kegiatan ini pun juga akan dilaksanakan oleh Tzu Chi Palu setiap tiga bulan sekali pada minggu pertama.

Melangkah dengan Penuh Keberanian

Melangkah dengan Penuh Keberanian

13 Agustus 2019

Minggu, 21 Juli 2019, hari terakhir Bazar Cinta Kasih, Tzu Chi Batam kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan yang rutin diadakan di berbagai mall di Kota Batam ini, kali ini untuk kedua kali diselenggarakan di Aula Jing Si Batam.

Donor Darah Demi Kesehatan

Donor Darah Demi Kesehatan

16 Desember 2011 Mendonorkan darah dapat membantu tubuh mempercepat pasokan sel darah merah baru. Sel darah merah adalah sel yang bertugasnya mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Jika mengikuti alur alami, sel darah merah baru akan diperbarui oleh tubuh setiap 120 hari.
Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -