Donor Darah untuk Kemanusiaan

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)
Para relawan Tzu Chi Palembang membantu proses registrasi para peserta donor darah.

Komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li Kemuning kembali mengadakan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 12 Maret 2023. Donor darah ini terus berlanjut karena masih dibutuhkannya pasokan darah. Donor darah ini diadakan di Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech, Kota Palembang dan berlangsung mulai pukul 08.00 pagi hingga 12.00 siang.

Saat tiba di lokasi, para calon donor diwajibkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan mengecek suhu dan semprot handsanitizer. Setelah itu, mereka melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir donor darah. Selanjutnya mereka dicek kadar HB (Hemoglobin) untuk memastikan apakah bisa mendonorkan setetes darah. Bila kadar HB sesuai dengan standar maka calon donor dapat mendonorkan darahnya. Tercatat ada 66 peserta yang mendaftar, namun yang lolos sebanyak 55 peserta.

Nurlela, S.T., M.T, dosen dari Universitas PGRI Palembang mengikuti donor darah agar lebih sehat dan dapat menolong orang lain.

Nurlela, S.T., M.T. merupakan dosen Teknik Kimia dari Universitas PGRI Palembang, turut mendonorkan darah karena mempunyai niat untuk bersedekah.

“Saya ingin mengikuti donor darah ini karena yang pertama ingin menolong sesama yang kedua fungsinya bagi kesehatan sendiri. Karena sebelum donor darah saya seringkali merasakan kebas, kesemutan, dan badan kurang enak. Alhamdulillah setelah saya donor darah yang pertama saja rasa kebas sudah hilang, biasanya kalau saya menelepon atau baru bangun tidur terasa kebas.” Ujar Nurlela.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menolong Orang Lain Berarti Menolong Diri Sendiri

Menolong Orang Lain Berarti Menolong Diri Sendiri

08 Juni 2022

Antusiasme para pendonor sejak pandemi dinyatakan Endemik sangat terasa. Seperti yang tampak pada kegiatan donor darah yang digelar Tzu Chi Tangerang kali ini. 

Peduli Sesama Melalui Donor Darah

Peduli Sesama Melalui Donor Darah

21 April 2017

Minggu, 16 April 2017 relawan Tzu Chi Padang mengadakan kegiatan rutin berupa donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Padang. Kegiatan ini nampaknya merupakan kegiatan yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat karena sejak dibuka, masyarakat antusias datang dan mendaftarkan diri untuk donor.

Membantu Sesama Melalui Donor Darah

Membantu Sesama Melalui Donor Darah

24 November 2017

Membantu sesama tak memandang usia. Sama seperti yang dilakukan oleh Margareta, seorang ibu berusia 51 tahun yang turut bepartisipasi dalam kegiatan donor darah yang diadakan oleh Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas di Kantor Head Office Sinar Mas di Thamrin Jakarta, Rabu 23 November 2017.

Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -