Dukungan Gizi Seimbang untuk Siswa- siswi PAUD-TK Ar Rohim

Jurnalis : Beti Oktora (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Dokumentasi Xie Li Sumut

Penyuluhan gizi seimbang disambut antusias siswa TK Ar Rohim.

Perbuatan baik harus diwujudkan dalam tindakan nyata, kebijaksaan yang tumbuh dari perbuatan baik ini baru benar-benar bermanfaat dalam kehidupan
- Kata perenungan Master Cheng Yen -

Anak usia dini merupakan individu yang berada pada rentang usia 0-8 tahun yang mengalami perkembangan fisik dan psikis yang pesat. Untuk tumbuh kembang anak yang sempurna harus dimulai dari pemberian makanan bergizi  yang diberikan sejak usia dini. Menyikapi hal tersebut, relawan Tzu Chi di Xie Li Sumatra Utara dari Perkebunan Normark mengadakan penyuluhan gizi seimbang dan pemberian makanan tambahan untuk anak-anak TK-Paud Ar-Rohim Desa Mampang, Sabtu (13/1/2024).

Pagi itu, para relawan berangkat menuju ke TK-Paud Ar-Rohim di Desa Mampang. Kedatangan relawan disambut hangat oleh anak anak, dewan guru, serta orang tua murid yang mendampingi anak mereka bersekolah. “Selamat pagi Pak, selamat pagi Bu.....sapa mereka kepada para relawan disertai senyuman manis khas anak anak.

Selain di halaman sekolah, penyuluhan juga dilakukan relawan di dalam kelas.

Penyuluhan tentang makanan yang bergizi dan hidup sehat disampaikan Bestari Kanthi. “Hayo.... siapa di sini yang suka makan buah dan sayuran?” tanya Bestari pada anak-anak. Selain pembelajaran tentang makanan bergizi, ada juga tanya jawab berhadiah.

Suasana menjadi riuh akan tawa dan keseruan anak-anak dalam menjawab pertanyaan dari para relawan. Senyum kebahagian terpancar di wajah anak-anak saat mereka mendapatkan hadiah berupa kotak pensil dan buku tulis. ”Senang sekali saya dapat hadiah, hadiahnya bagus sekali.....terima kasih,ujar Syiffa Qanita salah seorang siswa TK B.

Relawan juga memberikan penyuluhan gizi seimbang kepada guru dan orang tua murid agar selalu memberikan makanan yang bergizi, guna membantu pertumbuhan dan menunjang perkembangan jasmani dan rohani anak. Tentu juga membantu mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial anak usia dini.  Kesehatan anak secara fisik dan psikis dimulai dari gizi baik yang diberikan sejak usia dini.

Penyerahan makanan tambahan bagi siswa PAUD-TK Ar Rohim.

Kegiatan berlanjut dengan pemberian makanan tambahan (PMT) di Sekolah TK-Paud Ar-Rohim. Makanan tambahan yang diberikan berupa bubur kacang hijau, susu, dan biskuit. Anak-anak berbaris rapi sambil terus tersenyum saat menerima bubur, biskuit, dan susu yang dibagikan.  “Sebelum makan kita cuci tangan dahulu ya.. jangan lupa nanti buang sampah di tempat sampah ya...” Kata Aida Ningsih seorang relawan sembari mengajarkan anak-anak bagaimana mencuci tangan yang benar. Anak-anak begitu antusias, senyum dan tawa terpancar di wajah mereka.

Tidak terasa berakhir juga penyuluhan pada hari itu. Kepuasan terpancar dari wajah para relawan karena penyuluhan berjalan lancar dan meriah. “Terima kasih kami ucapkan kepada dewan guru beserta wali murid dan anak anak TK-Paud Ar-Rohim yang telah berpartisipasi dalam kegiatan hari ini....Gan en...” ungkap Bestari.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Makanan Tambahan untuk Lansia Desa Rungau Raya

Makanan Tambahan untuk Lansia Desa Rungau Raya

15 November 2022

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi warga lansia Desa Rungau Raya dilakukan relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 2. Desa ini merupakan desa binaan Rungau Estate PT. Binasawit Abadi Pratama. 

Posyandu Terpadu: Dukungan untuk Balita dan Ibu Hamil

Posyandu Terpadu: Dukungan untuk Balita dan Ibu Hamil

20 Februari 2024

Klinik Perdana Mill/Transport terlihat ramai dengan ibu hamil dan Balita yang melaksanakan Posyandu (13/02/24). Relawan membantu melayani pemeriksaan, imunisasi, dan pemberian vitamin A.

Penyuluhan Kesehatan di Desa Pantap

Penyuluhan Kesehatan di Desa Pantap

29 Desember 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 menggelar penyuluhan kesehatan ibu dan anak di Desa Pantap, Kecamatan Mentaya Hulu. Penyuluhan ini juga disertai pemberian makanan tambahan (PMT).

Dalam berhubungan dengan sesama hendaknya melepas ego, berjiwa besar, bersikap santun, saling mengalah, dan saling mengasihi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -