Dukungan Literasi bagi Siswa SD Bermai 012

Jurnalis : Wahyu Agustina (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Wahyu Agustina (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan menyerahkan berbagai jenis buku kepada guru SDN 012 Bermai.

“Mengatur orang bukan dengan sikap memerintah, namun dengan memberi contoh dengan perbuatan nyata.”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)    

Matahari bersinar cerah ketika relawan Tzu Chi di Xie Li Kutai Barat memasuki halaman SD 012 Bermai, Selasa (30/1/2024). Kedatangan relawan di SD Bermai bukan tanpa maksud, melainkan untuk menyerahkan bantuan bahan literasi bacaan kepada sekolah. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program 5 Tekad untuk fokus pada pendidikan.

Selain itu juga sebagai rangkaian acara menyambut 20 tahun, Tzu Chi Sinar Mas melaksanakan program penyaluran bantuan 20.000 buku kepada anak-anak sekolah dasar di desa-desa Kutai Barat. Sekitar 219 buku literasi untuk anak SD yang berupa buku dongeng, buku cerita anak, buku pengetahuan umum, dan pengetahuan dasar untuk anak-anak diserahkan kepada SDN 12 Bermai.

Donatus Jantur, salah seorang guru di SD 012 Bermai menyambut hangat bantuan buku dari relawan.

Penyerahan bahan literasi buku bacaan ini diberikan relawan kepada guru dan siswa. Pihak sekolah mengucapkan terimakasih kepada Tzu Chi karena telah memberikan bantuan kepada sekolahnya. “Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Tzu Chi Sinar Mas karena telah memberikan perhatian kepada sekolah kami. Sekolah kami memang sangat kekurangan bahan bacaan. Puji Tuhan, Tzu Chi telah memberikan bantuan kepada kami. Kami akan manfaatkan sebaik mungkin buku-buku ini.” Kata Donatus Jantur, salah seorang guru.

Di akhir penyerahan buku bacaan, relawan mengajak para siswa untuk membuka dan membaca buku yang telah diberikan. Raut bahagia para siswa sangat terlihat. Mereka antusias memilih-milih buku untuk dibaca. “wah, keren ini bukunya banyak sekali. Senang deh rasanya. Tak sabar ingin kubaca semua buku ini.” Ucap seorang siswa bernama Ezra sembari tertawa. 

Relawan mengajak siswa membaca buku yang baru diserahkan.

Melihat antusias anak-anak SDN Bermai yang bahagia dan semangat ketika menerima bantuan buku, relawan pun ikut bahagia. Hal ini karena kedatangan relawan yang membawa bahan bacaan di SDN Bermai ternyata menjawab rasa haus membaca pada anak-anak di sana. Membaca selain dapat menambah wawasan juga dapat nemambah imajinasi kreativitas berpikir mereka. Relawan berharap semoga dengan bahan bacaan di sekolah yang semakin banyak, para guru dapat lebih mudah mengajarkan kepada anak-anak untuk gemar membaca.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berbagi Buku, Penunjang Masa Depan

Berbagi Buku, Penunjang Masa Depan

30 Desember 2022

Kebutuhan buku menjadi hal yang penting untuk menunjang proses belajar di sekolah. Hal ini yang mendasari relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 2 membantu pengadaan buku di perpustakaan SDN 1 Desa Sebabi, Kecamatan Batu Ampar, Kalimantan Tengah.

Kado Natal Terindah bagi Anak Sekolah Minggu Gereja GPIB Jemaat Effatha

Kado Natal Terindah bagi Anak Sekolah Minggu Gereja GPIB Jemaat Effatha

02 Januari 2023

Sukacita dalam momen Natal dimanfaatkan Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas dari PT Konverta Mitra Abadi (KMA) Lampung berbagi tas dan alat-alat tulis untuk 100 anak sekolah minggu.

Membuka Jendela Pengetahuan Melalui Bantuan Buku Bacaan

Membuka Jendela Pengetahuan Melalui Bantuan Buku Bacaan

07 Mei 2019

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Selatan 1 berusaha meningkatkan minat baca anak-anak Desa Sukamaju di Kecamatan Sampanahan Kabupaten Kotabaru. Pemberian buku dilaksanakan di perpustakaan Desa Sukamaju pada 30 April 2019.

Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -