Gathering PSM 3 dan Kutai Barat: Memupuk Tekad Menyebarkan Cinta Kasih

Jurnalis : Widodo (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : M. Rizki, Widodo (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)
Prosesi penyajian jamuan teh yang dibawakan relawan Dharma Wanita.

“Mampu melayani orang lain adalah lebih beruntung daripada orang yang dilayani”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Setelah menggelar upacara bendera peringatan HUT ke-78 RI di kantor perwakilan Banjarmasin, relawan Xie Li di wilayah Perkebunan Sinar Mas (PSM) 3 dan Kutai Barat memupuk tekad cinta kasih melalui gathering pada Kamis 17/8/23 di Novotel Banjarmasin Airport, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kegiatan yang melibatkan relawan dari Xie Li Kalimantan Timur 1, Kalimantan Timur 2, Kalimantan Selatan 1, Kalimantan Selatan 2, dan Kutai Barat ini bertujuan untuk saling menguatkan tekad mewujudkan cinta kasih bagi masyarakat sekitar operasional.

Hamdan Erhan, Ketua Xie Li Kalimantan Selatan 2 menjelaskan capaian misi Tzu Chi di wilayahnya.

Nova Triana Tarigan berbagi pengalaman mengajar untuk anak-anak di Sungai Kedang Estate.

Kegiatan ini diawali dengan seremoni jamuan teh yang dilanjutkan dengan laporan perkembangan masing-masing Xie Li. Dalam laporan ini selain ketua Xie Li, relawan Dharma Wanita sebagai garda terdepan kegiatan Tzu Chi di masing-masing Xie Li juga saling sharing kegiatan yang dijalani. Salah satunya Nova Triana Tarigan dari Kutai Barat (Kubar). Pengalamannya menjadi tenaga pengajar di Universitas Quality Berastagi, Sumatera Utara selama 1,5 tahun membuatnya meluangkan waktu memberi perhatian pada pendidikan anak-anak di sekitar Sungai Kedang Estate, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Terlebih ketika menempuh pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), ia juga pernah memiliki pengalaman menjadi relawan di Rumah Anak Pintar Indonesia (RAPI) Yogyakarta.

“Saya merasa beruntung ada kesempatan menyalurkan hobi mengajar saya. Dan yang paling membahagiakan saya ketika bisa bermanfaat untuk sekitar. Ilmu yang saya miliki boleh saya bagikan selain itu saya juga bisa memotivasi anak-anak untuk mau berusaha meraih cita-cita yang mereka miliki,” ujarnya di hadapan peserta gathering.

Suryanto Bun, Pembina Xie Li PSM 3 dan Kutai Barat sangat mengapresiasi kegiatan kemanusiaan yang sudah dijalankan semua relawan.

Suryanto Bun, Pembina Xie Li PSM 3 dan Kutai Barat sangat mengapresiasi kegiatan kemanusiaan yang sudah dijalankan semua relawan di Xie Li masing-masing. Tak lupa ia mengajak relawan untuk meningkatkan kualitas kegiatan, bukan hanya mengejar jumlahnya saja.

“Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih dan gan en sekali atas keterlibatan semua relawan dan para Dharma Wanita. Gan en juga atas dukungan para pimpinan unit. Dan dari semua yang sudah disampaikan, saatnya kita juga harus memperhatikan kualitas bantuan kita, bukan hanya fokus kuantitasnya,” pesannya.

Franciscus Costan, Pembina Xie Li Kalimantan dan Papua juga terus mengajak semua relawan untuk berpartisipasi secara aktif dalam setiap kegiatan kemanusiaan di sekitar perkebunan.

Franciscus Costan, Pembina Xie Li Kalimantan dan Papua juga turut hadir dalam gathering kali ini. Ia turut memberi semangat dan menyampaikan pesan cinta kasih untuk semua relawan yang hadir.

“Ini semua adalah perwujudan ladang cinta kasih yang partisipatif bagi kita semua. Kenapa harus melibatkan kita semua? Karena sekitar kita memang masih banyak masyarakat yang perlu bantuan. Yang punya kemampuan mengajar misalnya tadi dari Kubar ya bisa membantu mengajar juga. Karena saya melihat memang banyak yang membutuhkan. Saya juga melihat jika kita banyak melakukan kegiatan cinta kasih disitu akan timbul suasana yang aman tenteram damai,” ujar Franciscus Costan yang belum lama dilantik menjadi relawan komite di Hualien, Taiwan.

Sebagai penyemangat relawan, di ujung kegiatan gathering ini juga diberikan penghargaan untuk kategori Donatur Terbanyak, Celengan Bambu Teraktif, Donasi Celengan Bambu Terbesar, Donasi Rata-rata Terbesar, Xie Li Teraktif, dan 3in1 Teraktif.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Gan En Tuan Yuan

Gan En Tuan Yuan

08 November 2023

Sebanyak 160 relawan Tzu Chi Bandung dari berbagai latar belakang berkumpul di Aula Jing Si Tzu Chi Bandung pada 21 Oktober 2023 dengan tema Gan En Tuan Yuan. Para relawan ini berbagi pengalamannya ketika pulang ke Aula Jing Si, rumah batin insan Tzu Chi di Taiwan.

Menjalin Keakraban Melalui Gathering Hu Ai

Menjalin Keakraban Melalui Gathering Hu Ai

02 Maret 2023

Para relawan Tzu Chi Pekanbaru di Komunitas Hu Ai Selatan mengadakan gathering dengan tema ‘Sukacita dan Kebersamaan dalam keluarga besar Tzu Chi’. 

Semangat dan Tanggung Jawab yang Baru di Tahun yang Baru

Semangat dan Tanggung Jawab yang Baru di Tahun yang Baru

04 Maret 2024

Relawan Tzu Chi di Hu Ai Mandala mengadakan gathering bertema Genggam Kesempatan Berbuat Kebajikan dengan Bahagia. Gathering ini bertujuan untuk memperkenalkan pengurus Hu Ai Mandala periode 2024-2025.

Jika menjalani kehidupan dengan penuh welas asih, maka hasil pelatihan diri akan segera berbuah dengan sendirinya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -