Gathering Relawan Bersama dan Perencanaan Pembangunan

Jurnalis : Siti Aminah (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim, Beverly Clara (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Sukmawati (kanan), Ong Lie Fong (tengah), dan Rudi Tan, Ketua Tzu Chi Batam pada  Minggu, 19 Desember 2021 meninjau lokasi lahan untuk dijadikan kantor Tzu Chi yang berlokasi di wilayah Sungai Lakam Barat dengan luas lahan 2.362 m².

Benih cinta kasih relawan pertama yang ada di Tanjung Balai Karimun adalah Ong Lie Fong (57), sejak tahun 2006 Ong Lie Fong sudah mulai menerima pengajuan bantuan ke Yayasan Tzu Chi. Ketika itu relawan Tzu Chi Tj. Balai Karimun masih belum memiliki kantor untuk menjalankan berkegiatan misi amal sosial.

Para calon relawan Tzu Chi saat itu harus menyeberangi lautan dengan kapal ferry ke Kota Batam untuk mengikuti training relawan. Pada 2011, Ong Lie Fong meminjamkan ruko miliknya untuk digunakan sebagai kantor Tzu Chi agar para relawan bisa melakukan kegiatan Misi Amal Sosial Tzu Chi dengan lebih leluasa.

Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun ini telah dipinjamkan Ong Lie Fong selama 10 tahun, kini Tzu Chi Tj. Balai Karimun sudah memiliki lahan untuk dijadikan kantor bagi relawan Tzu Chi di Karimun. Pembangunan rumah relawan Tzu Chi Karimun ini berlokasi di Sungai Lakam Barat dengan luas lahan 2.362 m².

Para relawan Tzu Chi Tj. Balai Karimun berfoto bersama setelah mengikuti acara gathering relawan yang diikuti oleh 29 orang relawan Tzu Chi dijadwalkan oleh relawan Tzu Chi Karimun.

Pada Minggu, 19 Desember 2021, tujuh relawan He Qi Batam datang berkunjung ke Tanjung Balai Karimun untuk membahas pembangunan Kantor Tzu Chi Tj. Balai Karimun. Para relawan Batam disambut hangat oleh relawan Tzu Chi Karimun yang telah berdiri di pintu masuk pelabuhan.

Para relawan Batam bersama-sama langsung menuju lahan yang berada di Sungai Lakam Barat. Pada siang harinya pukul 12.30 WIB, 29 relawan Tzu Chi melanjutkan rangkaian kegiatan gathering relawan bersama relawan Tzu Chi Tj. Balai Karimun.

Ketua Harian Tzu Chi Tj. Balai Karimun Sukmawati menjelaskan kondisi dan kegiatan Tzu Chi Tj. Balai Karimun selama periode 2020-2021. "Saya mewakili Tzu Chi Tj. Balai Karimun (TBK) mengucapkan terima kasih kepada He Qi Batam yang selalu mendampingi kita,” ujar Sukma.

Ong Lie Fong menyampaikan pesan cinta kasih kepada relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Pesan cinta kasih Ong Lie Fong berharap relawan Tzu Chi Tj. Balai Karimun bisa semakin berkembang, bersumbangsih lebih banyak lagi, dan semangat terus dalam menapaki Jalan Bodhisattva di Tzu Chi.

Sukmawati mengungkapkan jalinan jodoh baiknya bertemu dengan Tzu Chi pada tahun 2005 hingga saat ini. Mulai dari satu benih cinta kasih hingga sekarang, pendampingan Tzu Chi Batam selalu ada. “Tahun ini sudah genap 10 tahun kantor Tzu Chi TBK dipinjamkan oleh Ong Lie Fong. Gan En beliau tanpa pamrih meminjamkan rukonya untuk digunakan relawan sebagai kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun," ujar Sukmawati.

Pada gathering relawan ini, relawan fungsionaris menerima sertifikat sebagai tanda penghargaan periode tahun 2020/2021 atas kontribusi, dan sumbangsih yang diberikan dalam menggarap ladang berkah di barisan Tzu Chi.

Pada gathering relawan ini juga dipertunjukan penampilan bahasa isyarat tangan yang berjudul "Ren Jian You Ai.

Dengan berkembang pesatnya komunitas relawan Tzu Chi, kita sangat membutuhkan struktur yang dapat menjadi panduan dan keselarasan bagi kita semua. Struktur Tzu Chi bukan hanya mengatur kerja dan tugas dalam kegiatan namun, harapan Master Cheng Yen dengan terbentuknya struktur para relawan Tzu Chi dapat mengintegrasikan arah dan tujuan dari pembinaan diri di Tzu Chi.

Ketua Harian Tzu Chi Tanjung Balai Karimun Sukmawati sangat berterima kasih kepada relawan Batam, dan Ong Lie Fong yang senantiasa mendampingi dalam menapaki jalan Bodhisattva di Tzu Chi.

Tzu Chi bukan hanya tempat untuk berkegiatan, tetapi bisa menjadi jalinan jodoh untuk menciptakan berkah, dan mengembangkan nilai hidup yang bermanfaat bagi semua makhluk.

Di Tzu Chi kita sering dihimbau untuk menyelami semangat dan filosofi Tzu Chi agar kita semua dapat menyamakan tekad dan ikrar. Dua alasan mengapa Master Cheng Yen menggalakkan struktur 4 in 1 demi mewariskan ajaran Jing Si.

Ong Lie Fong (57) relawan Tzu Chi Batam dalam pesan cinta kasihnya berharap Tzu Chi Tj. Balai Karimun bisa berkembang lagi, bersumbangsih lebih banyak lagi. Master Cheng Yen pernah berkata bahwa Tanjung Balai Karimun adalah pulau yang penuh berkah.

“Saya berharap Tzu Chi Karimun bisa makin berkembang pesat, bersumbangsih lebih banyak lagi, dan semangat terus dalam menapaki Jalan Bodhisatwa di Tzu Chi. Pada awalnya memang tidak mudah (pembangunan kantor Tzu Chi Tj. Karimun). Awalnya, saya dan Sukmawati. Kita berdua terus bersumbangsih hingga memiliki kantor sendiri," ujar Lie Fong.

Ong Lie Fong benih cinta kasih pertama yang berada di Tj. Balai Karimun menghimbau kepada para relawan Tj. Balai Karimun untuk menyelami semangat dan filosofi Tzu Chi agar kita semua dapat menyamakan tekad dan ikrar.

Baru pada hari ini Lie Fong mendengar Lentera Kehidupan Master Cheng Yen yang mengatakan bahwa Insan Tzu Chi bagaikan kunang-kunang yang siap untuk terbang dan memancarkan cahaya. Kerlip cahaya yang dibawa insan Tzu Chi ini telah memenuhi seluruh dunia. Ini menunjukkan bahwa ada banyak orang baik yang bertekad untuk berbuat kebajikan. Kerja sama Insan Tzu Chi yang harmonis telah membawa kedamaian bagi dunia.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Gathering Relawan Misi Amal Tzu Chi Batam

Gathering Relawan Misi Amal Tzu Chi Batam

11 Oktober 2017
Tzu Chi Batam mengadakan Gathering Relawan Misi Amal Tzu Chi Batam di Nipah Island Resort, Barelang, Minggu pagi, 8 Oktober 2017 lalu. Gathering ini diisi oleh Wie Sioeng dan Vivi, relawan yang aktif di misi amal dari Tzu Chi Jakarta.
Kumpul Bersama dalam Kekeluargaan

Kumpul Bersama dalam Kekeluargaan

16 Februari 2017
Sebagai penyemangat untuk memulai tahun yang baru, relawan Hu Ai Medan Timur berkumpul dalam acara ramah tamah sekaligus silaturahmi bagi relawan yang telah bersumbangsih selama satu tahun di Tzu Chi Medan.
Gathering Relawan Tzu Chi He Qi Selatan

Gathering Relawan Tzu Chi He Qi Selatan

06 Februari 2015 Bersumbangsih bisa membuat kita bersyukur? Mengapa demikian?  Hing Kok Shixiong memberikan penjelasan mengenai hal tersebut dalam kegiatan Gathering Relawan Tzu Chi He Qi Selatan.
Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -