Harapan yang Terpenuhi Melalui Bedah Rumah

Jurnalis : Pipi (Tzu Chi Padang) , Fotografer : Pipi (Tzu Chi Padang)

Relawan Tzu Chi Padang bersama Kasiter Kasrem 032 Wbr (Kolonel INF Indra S.Sos) beserta para anggota melakukan survei ke rumah Nidarwati untuk melihat langsung kondisinya.

Dalam rangka Hut TNI ke-78, Tzu Chi Padang bekerja sama dengan Korem 032 Wirabraja Padang Sumatra Barat memberikan bantuan bedah rumah untuk Nidarwati (52) yang saat ini tinggal di asrama TNI-AD Sawahan Timur Kec. Padang timur, Kel. Sawahan Timur Kota Padang.

Sebelum tinggal di asrama ini, Nidarwati dan keluarga tinggal di Sungai Lareh Lubuk Minturun Kec. Koto Tangah. Namun malang tidak dapat dihindari, pada tahun 2008 suami Nidarwati, Serka Sakril terjatuh di kamar mandi saat dinas di Korem 032 Wirabraja Padang sehingga menyebabkan Serka Sakril stroke.  Dikarenakan jarak dari tempat tinggal ke rumah sakit jauh dan memerlukan biaya transportasi, maka untuk mempermudah dan memperlancar proses pengobatan akhirnya mereka pindah ke Asrama TNI Sawahan pada bulan Augustus 2009. Setelah menjalani pengobatan, Serka Sakril meninggal dunia dan Nidarwati yang tidak bekerja hanya bisa mengandalkan uang pensiunan suaminya untuk biaya hidup sehari-hari bersama kedua anaknya.

Para anggota TNI turun langsung turut melakukan pembongkaran rumah Nidarwati.

Relawan mengantar langsung bahan bangunan ke lokasi pembangunan rumah Nidarwati.

Pada awal tahun 2023, Nidarwati mendapatkan informasi dari tetangga bahwa asrama tempat tinggal mereka akan digusur untuk mendukung pembangunan jalan penghubung ke Rumah Sakit M. Jamil, Padang. Demi memastikan info tersebut Nidarwati menanyakan langsung ke salah satu anggota TNI dan ternyata info tersebut benar adanya. Pembongkaran bangunan asrama tersebut dilakukan secara bertahap dan sejak saat itu pikiran Nidarwati menjadi tidak tenang meskipun ada rumah peninggalan suami yang wujudnya pun sudah tidak layak huni.

Pada bulan Juni 2023 Mayor. Inf. Rudi Saragih selaku Pasi Bhakti TNI Siterrem 32/Wbr Padang mendatangi Nidarwati dan menanyakan kemana nantinya ia akan pindah. Pada kesempatan itu, Nidarwati pun memohon bantuan kepada Mayor Rudi untuk merenovasi rumahnya terdahulu di Sungai Lareh yang sudah tidak layak huni. Untuk menanggapi permohonan Nidarwati, Mayor Rudi langsung berkoordinasi dengan berbagai pihak hingga akhirnya menyampaikan permintaan bantuan langsung ke Tzu Chi Padang.

Relawan Tzu Chi Padang ikut serta membantu anggota TNI untuk mengolah pasir dan semen yang akan digunakan.

Serah terima kunci yang dihadiri oleh relawan Tzu Chi dan Mayor. Inf. Rudi Saragih selaku Pasi Bhakti TNI Siterrem 32/Wbr Padang beserta para anggota TNI. 

Apa yang diharapkan dapat menjadi kenyataan, permohonan yang diajukan oleh Nidarwati tersebut diterima baik oleh Tzu Chi Padang. Bersama Kasiter Kasrem, Pasi Bakti TNI beserta anggotanya, relawan Tzu Chi langsung melakukan survei. Dari hasil survei, permohonan Nidarwati tersebut diterima, yang mana untuk semua bahan bangunan yang diperlukan akan di bantu oleh Tzu Chi, sedangkan untuk tenaga akan dikerjakan sendiri oleh para anggota Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti Padang, yang berada di bawah komando Korem 032 Wirabraja. Prosesnya pun tergolong cepat, dimulai pada 29 Juli dan bisa berdiri dengan kokoj pada 30 September 2023.

“Saya tidak dapat berkata banyak. Harapan dan impian saya dapat menjadi kenyataan, rasa syukur terima kasih tak terhingga kepada relawan Yayasan Buddha Tzu Chi dan Bapak TNI yang sudah mau membantu merenovasi rumah yang akan saya tempati,” ucap Nidarwati. “Kini saya menjadi tenang, sudah nggak kepikiran lagi nantinya mau tidur dimana. Sekarang rumah sudah diperbaiki, secepatnya saya akan tempati bersama anak-anak. Alhamdulillah..,” tambahnya saat ia menerima penyerahan kunci rumah baru, 17 Oktober 2023.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Menempati Rumah Baru dengan Penuh Rasa Syukur

Menempati Rumah Baru dengan Penuh Rasa Syukur

23 Maret 2022

Widiatmoko tak kuasa menahan rasa haru, rumah yang bagus dan kokoh itu kini menjadi rumahnya. Tak ada lagi takut dan khawatir jika musim penghujan tiba.

Bedah Rumah di Kamal Muara: Komariah Memulai Hidup Nyaman di Rumah Baru

Bedah Rumah di Kamal Muara: Komariah Memulai Hidup Nyaman di Rumah Baru

03 April 2024

Sejak pagi perasaan Komariah sangat rumit diungkapkan: ya senang, ya sedih, ya bahagia, ya haru juga. Air matanya menetes saat ditanya tentang rumah lamanya. “Banyak kenangannya,” katanya lirih. 

Merawat Mama yang Sakit, Lelahku Menjadi Baktiku Padanya

Merawat Mama yang Sakit, Lelahku Menjadi Baktiku Padanya

08 September 2022

Hari ini 7 September 2022 relawan He qi Pusat mengunjungi  keluarga Joice Lince Arduin yang rumahnya telah selesai di renovasi atas bantuan Yayasan Tzu Chi. Irene Josephine anak tertua Joice terpaksa harus  merawat Ibunya  Joice Lince Arduin yang hanya bisa terbaring lemah karena sakit strok dan diabetes.

Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -