Harmoni dalam Kebaikan Melalui Pembagian Takjil

Jurnalis : Jovin (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim, Beverly Clara, Wiyzhien (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Muda-mudi Tzu Shao (murid kelas budi pekerti setingkat SMA) beserta relawan Tzu Chi lainnya sedang mengemas 400 paket takjil yang akan dibagikan untuk masyarakat Tanjung Balai Karimun.

Bulan suci Ramadan menjadi momen yang dinantikan umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan ibadah, Ramadan juga merupakan waktu di mana kebaikan dan kedermawanan menjadi lebih berlimpah karena dilipat gandakan pahala kebaikannya.

Sebagai bentuk toleransi dan kebersamaan untuk mereka yang tengah menjalankan ibadah puasa, relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan pembagian takjil yang berlokasi di Coastal Area pada tanggal 29 Maret 2024, pukul 16.30 WIB. Kegiatan diadakan oleh para muda-mudi Tzu Chi (Tzu Shao: murid Kelas Budi Pekerti) dengan didampingi relawan lainnya. Sebanyak 41 relawan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Sebanyak 400 paket takjil disiapkan oleh para relawan. Isi paket takjil antara lain cheese tart, epok-epok yang merupakan pastel dengan isian keledek, lemper, air mineral gelas dan kartu Kata Perenungan Master Cheng Yen (pendiri Tzu Chi). Semuanya dipersiapkan dengan penuh kasih sayang untuk dibagikan kepada masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa. Tak lupa, para relawan mempersiapkan Buletin Tzu Chi untuk dibagikan, agar masyarakat Tanjung Balai Karimun semakin mengenal dan mengetahui kegiatan-kegiatan kemanusiaan Tzu Chi.

Jesslyn sedang memberikan arahan kepada relawan yang hadir sebelum mulai membagikan takjil di Coastal Area Karimun.

Para pengendara motor berbaris rapi untuk menerima takjil dari muda-mudi Tzu Shao dan relawan Tzu Chi.

Sebelum memulai kegiatan, para muda-mudi Tzu Shao ini mulai membungkus takjil-takjil di Kantor Penghubung Tzu Chi Tanjung Balai Karimun pada pukul 13.30 WIB. Mereka melakukannya dengan cepat dan rapi. Sebuah kerja sama tim yang baik. Setelah selesai, masih banyak waktu yang tersisa maka muda-mudi Tzu Shao pun bermain games untuk saling berkenalan dengan relawan baru dan membuat suasana menjadi lebih hangat.

Pada pukul 16.00 WIB para relawan berangkat ke Coastal Area untuk memulai kegiatan pembagian takjil kepada masyarakat yang menjalankan Ibadah puasa. Tentu sebelum memulai kegiatan, para relawan berdoa bersama terlebih dahulu.

Walaupun cuaca sore itu panas, para relawan Tzu Chi dengan penuh semangat bergerak untuk menyambut para penerima takjil. Mereka menyapa dengan senyum dan keramahan, menyampaikan pesan kebaikan dan harapan agar berkah Ramadan dapat dirasakan juga oleh semua orang. 

Paket takjil dan Buletin Tzu Chi dibagikan kepada pengendara motor di Coastal Area Karimun.

Relawan yang beragama Islam dan tengah menjalankan ibadah puasa juga turut membagikan takjil di bawah terik sore hari.

Jesslyn (18), salah satu anggota muda-mudi Tzu Shao yang menjadi koordinator dalam kegiatan tersebut menyampaikan pentingnya menjaga silaturahmi antar umat beragama melalui aksi nyata. "Agar silaturahmi tidak terputus, dengan cara kita membagikan takjil ini kita bisa membuktikan bahwa kita saling menghormati dan menghargai satu sama lain," katanya.

Hanya dalam waktu singkat, seluruh paket takjil telah dibagikan. Setelah menyelesaikan kegiatan, para relawan menutup acara dengan berfoto bersama di panggung Coastal Area. Ini bukan hanya sekadar momen dokumentasi, tetapi juga simbol kebersamaan dan kepedulian yang akan dikenang oleh semua yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

Tak lupa relawan berbagi senyum dan sapa saat membagikan paket takjil.

Para relawan kembali ke kantor dengan perasaan bersyukur karena telah ikut berkontribusi dalam membangun kebersamaan dan kepedulian di masyarakat. Sesampainya di Kantor Penghubung Tzu Chi Tanjung Balai Karimun, para relawan ikut berbuka puasa dengan relawan yang beragama Muslim dengan berbagai hidangan yang lezat dan variatif. Seisi kantor penuh dengan canda dan tawa.

Kegiatan ini menjadi momen untuk mempererat tali persahabatan antar sesama, seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen, “Dengan memperbesar rasa toleransi, berkah yang kita peroleh akan semakin besar pula”.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan dengan Membagikan Takjil

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan dengan Membagikan Takjil

27 April 2022

Relawan Tzu Chi Bandung menuai berkah di bulan Ramadan dengan membagikan takjil sebanyak 320 mangkuk kolak kepada pedagang kali lima dan pengendara ojek daring.

Tzu Chi Bagi-bagi Takjil untuk Warga Surabaya

Tzu Chi Bagi-bagi Takjil untuk Warga Surabaya

23 Juli 2015
Yayasan Buddha Tzu Chi Surabaya menjadikan momen Ramadan sebagai agenda tahunan untuk menjalin jodoh baik dengan cara membagikan minum dan makanan ringan atau yang lebih dikenal dengan berbagi takjil untuk masyarakat.
Ramadan Basamo, Ramadan Sukocito

Ramadan Basamo, Ramadan Sukocito

14 April 2023

Relawan Tzu Chi Padang bersama anggota Korem 032 Wirabraja membagikan paket takjil kepada masyarakat di Kota Padang. Makanan Takjil sendiri dibeli dari para pedagang UMKM.

Melatih diri adalah membina karakter serta memperbaiki perilaku.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -