Indahnya Bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika

Jurnalis : Sphatika Winursita (He Qi Utara 2), Fotografer : Indra Gunawan, Vincent Salimputra (He Qi Utara 2)

Sebanyak 97 peserta yang terdiri dari relawan Tzu Chi dan Gan En Hu berfoto dalam kegiatan Gathering Gan En Hu yang diadakan pada Minggu, 6 Agustus 2023.

Menjelang perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 2 menggelar gathering Gan En Hu dengan berbeda. Acara yang diadakan pada Minggu, 6 Agustus 2023 ini cukup meriah dengan kehadiran 48 relawan dan 49 Gan En Hu sebagai partisipan acara.

Tak hanya sebagai sarana untuk memberikan bantuan saja, kegiatan kali ini juga diadakan “Lomba Agustusan” yang menarik dan membuat seisi ruangan bersemangat. Tak peduli muda dan tua, agama yang dipeluk, dan status sosial, semua orang yang hadir dalam acara ini menunjukkan antusiasme yang besar.

Menjadi bagian dari masyarakat Indonesia tidak lepas dari istilah keberagaman. Walaupun mayoritas warganya memeluk agama Islam, tapi keheterogenannya masih sangat terasa. Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetap satu tujuan masih menjadi semboyan negeri ini yang sudah hampir menginjak usia ke-78 sebagai negara yang merdeka.

Dalam rangka menyambut HUT ke-78 Republik Indonesia, relawan juga menyiapkan berbagai acara menarik yang bertemakan kemerdekaan.

Kegiatan diawali dengan menonton Ceramah Master Cheng Yen yang berpesan bahwa sesama manusia sudah seharusnya bekerja sama untuk melakukan kebajikan. Hal tersebut berlaku untuk semua orang, tidak memandang SARA. Tak peduli keyakinannya apa, asalkan keyakinan yang dipeluk mengajarkan hal yang benar. Untuk menolong sesama, yang terpenting adalah kekuatan cinta kasih.

Setelah menyimak video inspiratif dari Master Cheng Yen, relawan mengadakan perlombaan yang biasa diadakan dalam hari perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Permainan yang pertama, yaitu tebak lagu, di mana para Gan En Hu dan relawan menyanyikan secara bergantian potongan lirik dari lagu-lagu nasional, seperti Garuda Pancasila, Tanah Air, Sorak-Sorak Bergembira, dan masih banyak lagi.

Keseruan dilanjutkan dengan permainan-permainan lainnya. Semua kelompok menunjukkan harmoni yang indah antara relawan dan Gan En Hu yang saling bekerja sama untuk menang. Walau hadiah dibagikan secara merata ke semua orang berbentuk kupon hadiah yang bisa ditukarkan di stan bazar, semua bersukacita di bulan kemerdekaan ini.

Selain sebagai rasa syukur memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, kegiatan Gathering Gan En Hu kali ini juga diisi dengan acara penuangan celengan bambu.

Untuk menjaga suasana tetap meriah, diadakanlah perayaan ulang tahun bagi relawan maupun Gan En Hu yang lahir dari tanggal 2 Juli - 6 Agustus 2023. Seperti sebelum-sebelumnya, penuangan celengan bambu juga wajib dilaksanakan. Berkah baik untuk hari ini, karena orang-orang berbahagia menuangkan celengan mereka yang sudah penuh terisi.

Tak berhenti di situ, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Di Sini Senang Di Sana Senang” bersama-sama dan juga lagu “Satu Keluarga” yang disertai isyarat tangan. Suasana mendadak haru biru setelahnya, karena dilanjutkan dengan doa bersama yang terlaksana dengan khidmat.

Cicih mengatur posisi duduk Reihan di atas jok motor dengan dibantu oleh para relawan.

Para relawan masih bersemangat dalam bekerja sama membagikan bantuan pada Gan En Hu yang dibagi per kategori bantuan biaya hidup, pengobatan, anak asuh, dan logistik. Beberapa tunas relawan juga turut berpartisipasi dalam membantu seperti Feri dan Bun Kian. Mereka membantu Reihan yang kesulitan berbicara dan berjalan.

Saat melihat Cicih (ibu dari Reihan) kesulitan saat mendampingi, mereka pun langsung sigap membantu. “Sangat berat melihat perjuangan Mama Reihan. Kita jadi merasa beruntung dikasih kesehatan dan keadaan yang jauh lebih baik,” ungkap Bun Kian. Ia juga berharap semoga kedepannya bisa lebih banyak membantu dalam kegiatan-kegiatan Tzu Chi lainnya.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Memaknai Cinta dan Bakti Pada Ibu

Memaknai Cinta dan Bakti Pada Ibu

25 Desember 2015

Minggu, 6 Desember 2015, sebanyak 75 relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat memulai hari yang cerah dengan kegiatan yang mencerahkan. Hari itu, relawan Tzu Chi mengadakan kegiatan perayaan Hari Ibu dalam kegiatan rutin gathering anak asuh dan penerima bantuan Tzu Chi) di Fortuna Palais Function Hall, ITC Mangga Dua. Sebanyak 86 anak asuh beserta orang tuanya dan 125 Gan En Hu mengikuti kegiatan ini.

Gathering Penerima Bantuan

Gathering Penerima Bantuan

17 September 2015
Jika biasanya relawan yang mengunjungi mereka, kini para penerima bantuan yang datang ke rumah insan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Diadakan pada Minggu, 6 September 2015, kegiatan ini bertujuan untuk lebih saling mengenal satu sama lain.
Menyambut Gan En Hu dengan Kegiatan yang Penuh Sukacita

Menyambut Gan En Hu dengan Kegiatan yang Penuh Sukacita

20 Desember 2022

Relawan Tzu Chi Surabaya menjalin jodoh dengan Gan En Hu dengan mengadakan kegiatan Gathering Gan En Hu sekaligus melakukan pengumpulan barang daur ulang dan juga merayakan Hari Ibu bersama anak asuh dan orang tuanya.

Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -