Jiayou! Semangat Menggarap Ladang Berkah

Jurnalis : Liny Witjaksono (He Qi Pusat) , Fotografer : Widosari Tjandra (He Qi Pusat)

Para relawan dengan penuh khidmat mendengarkan sharing para relawan dalam kegiatan Bedah Buku.

Ada wajah-wajah baru relawan muda yang ikut berpartisipasi di kegiatan Pelestarian Lingkungan dan Bedah Buku yang diadakan di Sekolah Surya Dharma, Jakarta Selatan pagi itu, Minggu 21 Mei 2023. Sejak pukul 8.00 pagi relawan telah memilah dan membersihkan sampah daur ulang. Kali ini didominasi botol kemasan air mineral, botol-botol sampo, jerigen, dan kardus. Proses pemilahan dan pembersihan pun lebih cepat diselesaikan. Setelah selesai kegiatan Pelestarian Lingkungan dilanjutkan dengan Bedah Buku.

Semangat dan ajakan dari Yuly kepada para relawan untuk terus hadir di kegiatan Xie Li Selatan merupakan dorongan yang positif sehingga kegiatan tetap berlangsung dengan konsisten dan membawa suka cita. Ayu Rama yang bisa dibilang relawan muda sudah lama ingin ikut berkegiatan sosial, namun baru sekarang baru berjodoh. Ia pun sudah dua kali ikut kegiatan di Xie Li Selatan.

Ayu mengetahui Tzu Chi dari tayangan DAAI TV ketika masih kuliah. Ada temannya yang suka mem-posting kegiatannya di Tzu Chi,  Ayu pun mencari tahu lewat media sosial dan menemukan akun instagram Tzu Chi Indonesia. Di tahun 2022 Ayu mengisi form joint relawan via website dan mengikuti sosialisasi di ITC Mangga Dua.

Banyak kesan dan manfaat yang  Ayu peroleh dari mengikuti kegiatan Tzu Chi. "Banyak belajar dari mendengar sharing relawan senior untuk menjadi pribadi yang lebih baik,“ ujarnya.

Yuly berbagi pengalamannya dalam proses bertransformasi menjadi pribadi yang lebih baik.

Relawan muda lainnya adalah Melly yang baru pertama kali ini ikut kegiatan Tzu Chi. Sebenarnya ia sudah lama ingin ikut kegiatan di Tzu Chi berawal dari seringnya ia melewati Gedung Tzu Chi Center di PIK, Jakarta Utara. Selain itu, kantor tempat ia bekerja juga pernah berdonasi/CSR ke DAAI TV. Mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan dan bedan buku memberikan kesan yang cukup mengejutkan baginya karena ada banyak hal yang bisa dipelajari. Sebelumnya dia tidak tahu pentingnya memilah sampah berdasarkan katagori.

"Saat mendengar sharing di acara bedah buku juga merasa damai, aman dan merasa komunitas relawan saling mendukung,“ ujarnya.

Di acara Bedah Buku dengan topik "Cinta Kasih berarti menyayangi Batin dengan Baik" dipandu oleh Michelle dan Muara. Dimulai dengan membaca, mengulas, dan mendengarkan sharing dari masing-masing relawan. Mendengar sharing dari Yuly, bagaimana transformasi diri yang dialami dengan menapaki jalan Tzu Chi, dari pribadi yang semula hanya fokus pada keluarga saja berubah menjadi pribadi yang memerhatikan dan mengasihi sesama. Dari pribadi yang tidak bisa memercayai sembarang orang terutama di dunia bisnis menjadi pribadi yang lebih bijaksana, dan dari pribadi yang sulit memaafkan orang yang berbuat kesalahan kepadanya menjadi pribadi yang bisa menerima dan memaafkan.

Rangkaian kegiatan pun berakhir pada pukul 12.00 WIB. Enam belas relawan yang hadir pun merasakan inspirasi dan kebahagiaan setelah mengikuti kegiatan hari itu. Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen,  "Ada tiga "Tiada" di dunia ini: Tiada orang yang tidak saya Cintai, Tiada orang yang tidak saya Percayai, Tiada orang yang tidak saya maafkan."

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Misi Pelestarian Lingkungan: We Are Earth Saviors

Misi Pelestarian Lingkungan: We Are Earth Saviors

27 Juli 2023

Muda-mudi Tzu Chi Bandung mengadakan sosialisasi misi pelestarian lingkungan dengan tema We Are Earth Saviors yang mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.

Pasukan Daur Ulang Tzu Chi di Car Free Day

Pasukan Daur Ulang Tzu Chi di Car Free Day

05 Juni 2014 Dalam rangka memperingati hariTzu Ching sedunia, 8 anak muda dari Tzu Ching bergandeng tangan bersama 21 anak-anak Tzu Shao untuk melakukan Sosialisasi Pelestarian Lingkungan yang bertemakan “Pelestarian Lingkungan bagai Mentari tak terbenam”.
Melestarikan Lingkungan dengan Menjaga Bumi

Melestarikan Lingkungan dengan Menjaga Bumi

09 Mei 2023

Dalam memperingati Earth Day yang jatuh pada 22 April 2023, relawan Tzu Chi Medan komunitas Hu Ai Perintis melakukan kegiatan pelestarian lingkungan di Komplek Mutiara Recidence pada 16 April 2023.

Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -