Jumat Bersih untuk Lingkungan Sehat

Jurnalis : Ibnu Anjar Nuryahya, Yolanda Hamdes Putri (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Sartono, Sulistyorini (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Ibnu Anjar, relawan Tzu Chi menyampaikan penyuluhan pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

Kurangi sikap saling perhitungan dan lebih banyak bersumbangsih. Inilah kehidupan yang menarik dan menyenangkan.”
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -

Menciptakan kampung yang bersih dan rapi adalah dambaan setiap masyarakat. Namun dalam mewujudkannnya tidaklah mudah. Seringkali masyarakat kurang memperhatikan masalah ini dengan ragam alasan. Untuk meningkatkan kesadaran pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat, relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 menjalankan program Jumat Bersih di Pondok 1 Muara Dua, Desa Terawan, Kecamatan Seruyan Raya pada Jumat (22/12/23).

Pada program Jumat Bersih, relawan memberikan penyuluhan yang dilanjutkan dengan bersih-bersih lingkungan. Ibnu Anjar, salah satu relawan membuka Jumat Bersih dengan menyampaikan sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan lingkungan perumahan. Karena dengan lingkungan yang bersih dan rapi akan tercipta lingkungan dan masyarakat yang sehat baik jasmani maupun rohani.

“Dengan lingkungan yang bersih maka faktor pemicu munculnya wabah penyakit akan dapat dihindari. Dengan lingkungan yang bersih dan rapi, bapak ibu juga akan lebih enak beraktivitas. Hati dan pikiran juga lebih tenang, dan tentunya produktivitas dalam bekerja juga bisa ikut meningkat,” ujarnya di depan 50 orang yang hadir.

Wajah bahagia warga Pondok 1 Muara Dua bersama relawan setelah kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar.

Pada Jumat Bersih ini, relawan memberikan perlengkapan kebersihan yaitu sapu lidi dan serokan sampah. Ibu-ibu yang mendapatkan penyuluhan dan perlengkapan kebersihan bersama semua ibu-ibu warga Pondok 1 Muara Dua lalu membersihkan lingkungan sekitar.

“Senang bisa bersih-bersih lingkungan dan bisa bercengkrama dengan ibu-ibu Dhawa yang supel dan asik,” ujar Siti Sholeha, warga Pondok 1 Muara Dua.

Waluyo selaku Ketua RT setempat menyampaikan terima kasih kepada relawan yang telah memberikan penyuluhan dan langsung terjun bersih-bersih bersama. Ini mendorong warga jadi lebih semangat dan konsisten menjaga lingkungan. Selain itu juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, dan sehat.

Tepat pukul 17.00 WIB, Jumat Bersih di Pondok 1 Muara Dua pun selesai. Para relawan pamit untuk pulang. “Meskipun seragam saya kotor dan tubuh penuh keringat tetapi hati terasa sangat senang bisa ikut bersumbangsih membersihkan lingkungan dan mendorong semangat ibu-ibu warga Pondok 1 untuk semangat menjaga kebersihan lingkungan. Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen yaitu untuk mengarahkan orang lain bukanlah dengan memberi perintah, namun bimbinglah dengan memberi teladan melalui perbuatan nyata,” ujar Yolanda salah satu relawan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Penutup Akhir Tahun yang Manis Bagi Para Relawan Tzu Chi di Jambi

Penutup Akhir Tahun yang Manis Bagi Para Relawan Tzu Chi di Jambi

04 Januari 2024

Relawan Tzu Chi Jambi menutup tahun 2023 dengan kegiatan kemanusiaan, membersihkan rumah Oma Tam Tam yang berusia 84 tahun. Oma Tam Tam menderita tulang pangkal paha keropos.

Pelita Cintakasih Menyalakan Harmoni ke Pelosok Serang

Pelita Cintakasih Menyalakan Harmoni ke Pelosok Serang

23 Desember 2019

Bodhisatta  Xieli TKS2 Tangerang Melakukan Bersih Bersih Kamar Gan En Hu di Serang-Banten.

Bersih-Bersih Gereja Menjelang Natal

Bersih-Bersih Gereja Menjelang Natal

07 Desember 2022

Jelang perayaan Natal 2022, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Dharma Wanita) Xie Li Kalimantan Timur 1 membersihkan Gereja Oikumene yang terletak di Muara Wahau Estate (MWHE).

Giat menanam kebajikan akan menghapus malapetaka. Menyucikan hati sendiri akan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -