Just Do It untuk Donor Darah

Jurnalis : Rosy Velly Salim (He Qi Pusat) , Fotografer : Indrawati Widjaja, Rosy Velly Salim (He Qi Pusat)

Sejak pukul 8.15 Pagi, sudah terlihat beberapa calon pendonor yang datang menuju meja pendaftaran untuk mengisi formulir pendaftaran yang di layani oleh Gho Siok Ping, Lani Muliana, Ngiau Mau Lan (relawan).

Pada 1 Oktober 2022 relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Pusat bersama PMI yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Royal Progress Sunter mengadakan akasi donor darah. Ada 53 orang calon pendonor yang meluangkan waktunya datang ke Rumah Sakit Royal Progress Sunter. Calon pendonor berasal dari kalangan tenaga medis, staf medis, relawan dan warga sekitar.

Kerja sama Yayasan Buddha Tzu Chi komunitas Sunter, dengan PMI dan RS. Royal Progress telah berlangsung sejak 21 April 2013. Selama 9 tahun itu relawan Tzu Chi bersama-sama petugas PMI dan RS. Royal Progress Sunter selalu menebarkan dan melayani masyarakat dengan cinta kasih universal.

Kegiatan donor darah ini dimulai pukul 8.30 Wib, namun sejak pukul 8.15 Wib sudah berkumpul calon pendonor yang datang menuju lokasi meja pendaftaran untuk mendaftarkan diri mereka.

Citra, sedang mendonorkan darahnya yang ditemani anak perempuannya. Citra menuturkan telah mengajarkan kepada kedua anaknya tentang arti berbagi dan berbuat kebaikan untuk sesama sejak dini.

Beberapa dari mereka, ada yang khusus menyiapkan waktu datang pagi karena mengantar anaknya pergi ke sekolah minggu. Seperti yang dilakukan oleh Citra bersama suaminya. “Saya tau dari suami, ini merupakan kali kedua saya donor di sini. Kesannya baik”ucap Citra.

Ada sedikit pembaharuan di lokasi donor darah ini kali. Penataan ruang tengah yang lebih luas sebagai ruang tunggu calon pendonor, dan tempat mendonorkan darah berada di dalam ruang MCU lantai dasar RS. Royal Progress Sunter.

Aliran darah melalui jarum suntik mengalir 350 cc ke kantong darah. Proses ini hanya membutuhkan waktu lebih kurang 5 hingga 10 menit saja sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing orang.

Sugikhs Siuling, sedang mendonorkan darahnya. Bagi Sugikhs donor darah memiliki manfaat bagi diri sendiri dan menolong orang lain yang sangat membutuhkan darah. 

Sugikhs Siuling (relawan Tzu Chi) yang rutin bersumbangsih donor darah juga bertugas sebagai bagian pengarahan, pendampingan para calon pendonor. Sugikhs mengungkapkan darah yang mengalir dari tubuhnya ke kantong darah tidak membutuhkan waktu lama.

Setengah hari yang telah berjalan telah Sugikhs genggam dengan sebaik-baiknya. Sugikhs menggarap ladang berkah dengan tindakan nyata. Meskipun tangan Sugikhs sebelumnya sempat bekas jarum suntik membiru, tidak menyurutkan niat baiknya untuk menolong sesama. “Dipikiran sehat terus, tak ada apa-apa. Asalkan itu benar, lakukan saja seperti kata Master Cheng Yen, Just Do It,” jelas Sugikhs. 

Ayustya Anthon, meluangkan waktunya untuk mendonorkan darah pada Sabtu, 1 Oktober 2022.   

Ayustya Anthon (26), salah satu staf RS. Royal Progress Sunter yang turut mendonorkan darah mengatakan ini donor yang ketiga kalinya Ayustya mendonorkan darah.  “Sudah yang ketiga kali mendonorkan darah di sini. Mengingat banyak yang membutuhkan darah,” ucap Ayustya.

Ayustya sudah bekerja sejak 2019 pada bagian call center drive di Rumah Sakit Royal Progress, baginya turut mendonorkan darah adalah bentuk dukungan aksi kemanusiaan yang bisa dilakukan.

Bekerja selama tujuh jam kerja membuat Ayustya perlu menjaga stamina. “Hari ini saya merasa lebih fit badan, sehingga saya bisa mendonorkan darah. Ayo, kita donor darah, jangan karena takut jarum suntik tidak donor ya,” ajak Ayustya.

Para relawan Tzu Chi bersama petugas PMI berfoto bersama di akhir kegiatan donor darah pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Pada kegiatan donor darah ini terdata ada 45 kantong darah yang berhasil terkumpul hingga pukul 11.30 Wib. Kegiatan aksi donor darah ini berjalan lancar berkat 16 orang relawan Tzu Chi bersama 7 petugas PMI yang saling bersatu hati.

Pada sisi lain relawan Tzu Chi mendapat ladang berkah pada bagian pendaftaran, pendampingan, pengarahan, input data, dokumentasi, logistik, dan bagian konsumsi yang senantiasa melayani selama kegiatan donor darah berlangsung.

Kecukupan hemoglobin stamina para calon pendonor baik sebelum hingga sesudah mendonorkan juga diperhatikan oleh relawan Tzu Chi dengan memberikan asupan makanan ringan dan minuman kepada pendonor dan  pemberian suvernir dari PMI.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Aksi Donor Darah Mengawali Rangkaian Perayaan HUT DAAI TV ke-15

Aksi Donor Darah Mengawali Rangkaian Perayaan HUT DAAI TV ke-15

18 Mei 2022

Bersama PMI Jakarta Pusat, DAAI TV bersama Tzu Chi menggelar donor darah. Kegiatan ini adalah rangkaian HUT DAAI TV ke-15.

Donor Darah itu Menyehatkan

Donor Darah itu Menyehatkan

21 Januari 2015 Relawan Tzu Chi bekerja sama dengan manajemen Lottemart dan Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan kegiatan rutin ini dalam setahun terakhir.
Menjalin Jodoh Baik Dengan Donor Darah

Menjalin Jodoh Baik Dengan Donor Darah

11 Maret 2013 Donor darah bukan saja baik bagi kesehatan karena kita bisa regenerasi darah baru sehingga menghindari pengentalan darah, namun juga dapat menolong sesama yang menderita. Master seringkali menghimbau kita untuk memanfaatkan setiap kesempatan untuk berbuat kebajikan.
Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -