KOMPAS: Belajar Tabah dari Parikin

Jurnalis : Budi Suwarna (Kompas), Fotografer : Da Ai News, Anand Yahya
 
 

fotoCinta bersemi di antara Parikin dan Juju, dua anak muda yang bercita-cita menjadi pendidik Sekolah Luar Biasa (SLB).

KOMPAS - Penonton diajak melihat kisah yang dekat dengan realitas yang dihadapi bangsa ini, yaitu kemiskinan dan lunturnya idealisme. Kisah Keluarga Parikin yang terdiri dari 10 episode tayang setiap hari sejak 1 April 2010. Drama televisi berpusat pada Parikin yang diperankan Agus Kuncoro. Dia, pemuda lulusan SMA dari keluarga miskin di Desa Arjawinangun, Cirebon. Parikin bermimpi menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS). Dia dan keluarganya yakin sekali, status PNS akan mengangkat kehidupan dan martabat mereka.

Untuk mewujudkan mimpinya, Parikin mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri agar bisa diterima di IKIP Bandung. Tes gagal. Namun, dia tetap memelihara mimpinya menjadi PNS. Suatu ketika, temannya, Uud Subrani, membujuknya untuk kuliah di Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa (SGPLB) Bandung. Dengan menjadi guru SLB, mereka lebih mudah diangkat menjadi PNS.

Parikin tertarik dan ikut tes SGPLB. Dia dan beberapa temannya sekampung lulus. Dari sinilah arah kehidupan Parikin ditentukan. Lulus dari SGPLB, Parikin rupanya tetap tidak mudah menjadi PNS. Dia dan teman-temannya akhirnya dengan susah payah mendirikan SLB di Arjawinangun. Dari sinilah eksistensi, komitmen, dan idealisme Parikin sebagai guru SLB terbentuk.

Berkat keuletannya, Parikin akhirnya bisa mewujudkan mimpinya sebagai PNS. Namun, tidak seperti yang dibayangkan, ternyata gaji PNS amat minim sehingga tidak cukup untuk menafkahi keluarga. Istri Parikin, Juju (Sita Nursanti), yang juga bekas teman kuliah, terpaksa berangkat ke Arab sebagai TKI.

foto  

Ket : - Sugeng Wahyudi - sang sutradara (kiri depan) dan Garin Nugroho mewakili para pemeran drama kisah             nyata "Kisah Keluarga Parikin" bersyukur atas launchingnya drama ini pada 29 Maret 2010. (kiri).

Inilah masa-masa terberat bagi Parikin. Selain egonya sebagai kepala rumah tangga terusik karena tidak sanggup mencukupi kebutuhan keluarga, dia juga kerepotan menjalankan peran sebagai ”orangtua tunggal” bagi kedua anaknya.

Namun, keberangkatan istrinya ke Arab hanya memperbaiki kehidupan ekonomi mereka secara sementara. Setelah itu, uang hasil bekerja di Arab habis untuk mengobati anaknya yang sakit. Babak baru dalam kehidupan Parikin pun dimulai. Dia bergelut mencari kesembuhan bagi anaknya hingga ke Jakarta.

Begitulah, kisah keluarga Parikin seperti pantulan dari problematik kaum miskin di sekitar kita. Namun, orang-orang dalam drama televisi itu tidak meratapi nasib. Mereka tetap optimistis dan tegar.

Pelajaran hidup 
Kisah Keluarga Parikin dibuat berdasarkan kisah nyata Parikin. Setting cerita terjadi di Arjawinangun dan Bandung pada pertengahan tahun 1980-an. Drama televisi yang digarap SET Film—didirikan Garin Nugroho—cukup detail menangkap suasana ruang dan waktu ketika itu. Detail ruang ditampilkan antara lain lewat dialog cirebonan dan simbol penanda Kota Bandung berupa gedung-gedung tua di kawasan Braga dan Banceuy. 

Gambaran kemiskinan tampil secara utuh lewat perabot rumah tangga di rumah Parikin. Suasana romantis desa tampil antara lain dalam sosok kerbau yang mandi di sungai, sepeda onthel, sumur timba, alang-alang. Detail waktu digambarkan dengan uang kertas yang beredar pertengahan tahun 1980. Satu-satunya kekurangan yang mudah ditangkap adalah pakaian pemainnya yang kurang mencerminkan corak tahun 1980-an.

Namun, Kisah Keluarga Parikin tetap berbeda dengan kebanyakan sinetron. Drama televisi itu bahkan bisa dipandang sebagai antitesis sinetron yang banyak bertebaran di sejumlah stasiun televisi saat ini. Ketika sinetron kebanyakan bercerita tentang masyarakat kelas atas dengan segala kemewahannya, ”Parikin” bercerita soal masyarakat kelas bawah dengan segenap kemiskinannya.

Ketika sinetron fokus menggali konflik dan intrik, ”Parikin” menggali pergulatan hidup manusia. Ketika sinetron menampilkan tokoh berkarakter hitam-putih, ”Parikin” menawarkan tokoh-tokoh dengan karakter yang berwarna. Ketika sinetron tidak peduli pada detail, ”Parkin” cukup peduli.
”Parikin” tidak memaparkan cerita dengan bahasa gambar verbal. Drama televisi ini kerap bermain-main dengan simbol. Adegan pacaran Parikin dan Juju cukup digambarkan dengan jari manis Parikin yang menyentuh malu-malu jari manis Juju. Namun, adegan itu justru membuka imajinasi romantis penonton.

Kasih
Yabin Yap, Manajer Program DAAI, Kamis (8/4), mengatakan, drama seri yang ditayangkan DAAI ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat agar tidak pasrah menjalani hidup. ”Orang bisa memetik pelajaran bergelut dalam kehidupan keras dari drama-drama yang kami tayangkan.”

Karena itu, kata Yabin, semua drama yang ditayangkan DAAI, termasuk Kisah Keluarga Parikin, diangkat dari kisah nyata. ”Dengan begitu, pemirsa tidak perlu ragu-ragu memetik pelajaran dari drama-drama tersebut. Kalau mau berdialog dengan pemilik kisah nyata itu, pemirsa bisa terlibat dalam acara talk show yang menghadirkan mereka,” kata Yabin. Drama televisi itu sekaligus memberikan gambaran ”idealisme” pengelola DAAI yang memosisikan dirinya sebagai televisi pembawa pesan cinta kasih. (Sumber: Kompas Minggu, 11 April 2010, Halaman 15/Tren Hiburan)  

  
 
 

Artikel Terkait

“Inilah Sofyan Apa Adanya”

“Inilah Sofyan Apa Adanya”

22 Agustus 2011
Anak itu bernama Sofyan Sukmana. Ia merupakan salah satu pasien bantuan pengobatan khusus Tzu Chi sejak sejak 7 tahun lalu. Saat itu ia di diagnosis menderita Fibrous dysplasia yang berarti tumbuh tumor di bagian belakang mata kanannya.
Gemerencing Celengan Bambu

Gemerencing Celengan Bambu

19 Agustus 2015

Menumbuhkan kepekaan sosial kepada generasi muda merupakan satu cara efektif untuk membangun kebersamaan di masyarakat. Hal inilah yang dilakukan Sekolah Dharma Budi Bhakti di Sunter, Jakarta Utara yang terus mengajak muridnya bersumbangsih melalui celengan bambu Tzu Chi pada 14 Agustus 2015.

Tak perlu khawatir bila kita belum memperoleh kemajuan, yang perlu dikhawatirkan adalah bila kita tidak pernah melangkah untuk meraihnya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -