Layanan Kesehatan Bagi Warga Korban Banjir

Jurnalis : Veronika (Tzu Chi Singkawang), Fotografer : Veronika (Tzu Chi Singkawang)

Relawan Tzu Chi dan TIMA Singkawang bersama mengadakan pelayanan kesehatan untuk warga yang terdampak banjir di kawasan bantaran sungai Komplek Pasar Baru, Kelurahan Pasiran, Singkawang.

Pada Rabu, 22 Maret 2023 TIMA Singkawang bersama relawan Tzu Chi Singkawang mengadakan pelayanan kesehatan untuk warga yang terdampak banjir di sebagian Kota Singkawang. Pelayanan ini menyasar khususnya warga dari kawasan bantaran sungai Komplek Pasar Baru, Kelurahan Pasiran, Singkawang.

Hingga pertengahan bulan Maret 2023, banjir masih melanda kawasan bantaran sungai Komplek Pasar Baru. Hal ini memberikan dampak buruk bagi kesehatan warga yang tinggal di daerah terdampak banjir dan sekitarnya. Dengan curah hujan yang cukup tinggi, banjir di kawasan tersebut masih terpantau tinggi ketika relawan Tzu Chi Singkawang mengunjungi rumah-rumah warga sebelumnya pada Sabtu, 18 Maret 2023.

Sebanyak 160 warga yang terdiri dari balita, anak-anak, orang dewasa, hingga para Lansia mendaftar untuk mendapatkan layanan kesehatan dari Tzu Chi Singkawang.  

Setelah sebelumnya juga memberikan bantuan makanan dan logistik, TIMA Singkawang beserta relawan Tzu Chi Singkawang kemudian juga berinisiatif untuk melakukan pelayanan kesehatan gratis bagi warga daerah terdampak banjir tersebut.

Sejak pagi warga mulai memadati meja pendaftaran pemeriksaan kesehatan gratis Tzu Chi Singkawang. Dipandu oleh relawan, warga dengan tertib menerima rangkaian pelayanan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh TIMA Singkawang. Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan yaitu tensi darah, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan dengan para dokter, pemeriksaan kolesterol, asam urat, dan gula darah, serta pembagian obat-obatan gratis.

Tim Medis TIMA Singkawang memeriksa kondisi salah satu warga bantaran sungai Komplek Pasar Baru yang terdampak banjir.

Sebanyak 160 warga Komplek Pasar Baru yang dilayani terdiri diantaranya balita, anak-anak, orang dewasa, hingga para Lansia. Selain melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan gratis, relawan Tzu Chi Singkawang juga membagikan makanan ringan kepada warga sambil menunggu giliran pemeriksaan oleh tim TIMA Singkawang.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Tetap Semangat Berbuat Kebajikan

Tetap Semangat Berbuat Kebajikan

25 Februari 2014 Kegiatan pembagian bantuan paket bencana banjir kepada warga di dua kecamatan di wilayah Pati, Jawa Tengah melibatkan banyak pihak. Tentunya orang-orang yang bersedia membantu dengan menjadi relawan dibarengi rasa tulus hati.
Menjalin Jodoh Baik dengan Warga Desa Asam Baru

Menjalin Jodoh Baik dengan Warga Desa Asam Baru

02 Desember 2022

Relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 pada Sabtu 19 November 2022 menyalurkan 584 paket sembako di Desa Asam Baru Kecamatan Danau Seluluk Kab. Seruyan, Kalimantan Tengah. 

Saling Bekerja Sama, Mengantisipasi Banjir di Jakarta

Saling Bekerja Sama, Mengantisipasi Banjir di Jakarta

19 November 2020

Agung Sedayu Group memberikan bantuan 8 unit perahu dengan mesin berkapasitas 20 PK kepada Kodam Jaya, Rabu, 18 November 2020 di Gedung Jenderal TNI Umar Wirahadikusumah, Cililitan, Jakarta Timur. Relawan Tzu Chi yang menjadi mitra TNI dalam bantuan bencana turut hadir menyaksikan penyerahan bantuan.

Benih yang kita tebar sendiri, hasilnya pasti akan kita tuai sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -