Layanan Kesehatan Bagi Warga Korban Banjir

Jurnalis : Veronika (Tzu Chi Singkawang), Fotografer : Veronika (Tzu Chi Singkawang)

Relawan Tzu Chi dan TIMA Singkawang bersama mengadakan pelayanan kesehatan untuk warga yang terdampak banjir di kawasan bantaran sungai Komplek Pasar Baru, Kelurahan Pasiran, Singkawang.

Pada Rabu, 22 Maret 2023 TIMA Singkawang bersama relawan Tzu Chi Singkawang mengadakan pelayanan kesehatan untuk warga yang terdampak banjir di sebagian Kota Singkawang. Pelayanan ini menyasar khususnya warga dari kawasan bantaran sungai Komplek Pasar Baru, Kelurahan Pasiran, Singkawang.

Hingga pertengahan bulan Maret 2023, banjir masih melanda kawasan bantaran sungai Komplek Pasar Baru. Hal ini memberikan dampak buruk bagi kesehatan warga yang tinggal di daerah terdampak banjir dan sekitarnya. Dengan curah hujan yang cukup tinggi, banjir di kawasan tersebut masih terpantau tinggi ketika relawan Tzu Chi Singkawang mengunjungi rumah-rumah warga sebelumnya pada Sabtu, 18 Maret 2023.

Sebanyak 160 warga yang terdiri dari balita, anak-anak, orang dewasa, hingga para Lansia mendaftar untuk mendapatkan layanan kesehatan dari Tzu Chi Singkawang.  

Setelah sebelumnya juga memberikan bantuan makanan dan logistik, TIMA Singkawang beserta relawan Tzu Chi Singkawang kemudian juga berinisiatif untuk melakukan pelayanan kesehatan gratis bagi warga daerah terdampak banjir tersebut.

Sejak pagi warga mulai memadati meja pendaftaran pemeriksaan kesehatan gratis Tzu Chi Singkawang. Dipandu oleh relawan, warga dengan tertib menerima rangkaian pelayanan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh TIMA Singkawang. Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan yaitu tensi darah, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan dengan para dokter, pemeriksaan kolesterol, asam urat, dan gula darah, serta pembagian obat-obatan gratis.

Tim Medis TIMA Singkawang memeriksa kondisi salah satu warga bantaran sungai Komplek Pasar Baru yang terdampak banjir.

Sebanyak 160 warga Komplek Pasar Baru yang dilayani terdiri diantaranya balita, anak-anak, orang dewasa, hingga para Lansia. Selain melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan gratis, relawan Tzu Chi Singkawang juga membagikan makanan ringan kepada warga sambil menunggu giliran pemeriksaan oleh tim TIMA Singkawang.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Internasional : Bantuan Banjir di Queensland

Internasional : Bantuan Banjir di Queensland

17 Februari 2011 Yayasan Tzu Chi mempersiapkan untuk mengirimkan bantuan bagi mereka yang terkena banjir di Timur Laut Australia negara bagian Queensland. Yayasan mendirikan pusat-pusat koordinasi di Hualien dan Kantor Penghubung Australia, dimana mereka berkomunikasi melalui konferensi video.
 Yang Tersisa dari Banjir Sungai Cianjur

Yang Tersisa dari Banjir Sungai Cianjur

16 April 2018
Tzu Chi memberikan bantuan banjir kepada warga yang terkena dampak banjir Sungai Cianjur pada 11 April 2018. Salah satunya adalah Cecep Dody yang tinggal di Kelurahan Pamoyanan, Cianjur, Jawa Barat.
Bantuan Banjir Tzu Chi di Cianjur

Bantuan Banjir Tzu Chi di Cianjur

26 April 2018

Pada Sabtu, 7 April 2018 banjir melanda Kota Cianjur, Jawa Barat. Peristiwa ini terjadi akibat luapan air Sungai Cianjur sehingga menyebabkan beberapa rumah hanyut, ratusan rumah rusak, serta kerugian material yang cukup besar akibat banjir tersebut. Merespon peristiwa banjir tersebut, Tzu Chi memberikan paket bantuan bagi para korban banjir di 3 kelurahan di Cianjur yaitu Kelurahan Pamoyanan, Kelurahan Sayang, dan Kelurahan Sukamaju.

Kita hendaknya bisa menyadari, menghargai, dan terus menanam berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -