Mari Berdonor Darah

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)

Donor darah yang digelar Tzu Chi Palembang disambut antusias masyarakat. Dari 162 calon, sebanyak 144 orang berhasil mendonorkan darah mereka.

Komunitas Xie Li Tamken yang merupakan bagian dari Tzu Chi Palembang kembali mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 23 Oktober 2022. Sekolah Kusuma Bangsa, di Jl. Residen Abdul Rozak, 8 Ilir Timur II, Palembang menjadi lokasi kegiatan yang berlangsung pukul 08.00 pagi – 12.00 siang tersebut.

Saat donor darah para donor diwajibkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan mencuci tangan, mengecek suhu, dan memakai masker. Setelah itu, mereka melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir. Selanjutnya mereka dicek kadar HB (Hemoglobin), bila hasilnya sesuai standar maka mereka dapat mendonorkan darahnya.

Seorang anggota TNI juga ikut berdonor darah.

Dokter Muchtar Leonardi yang merupakan anggota tim medis Tzu Chi atau TIMA Palembang memberikan layanan pengecekan kepada para donor berupa cek asam urat, gula darah, dan kolesterol.

Sapta Erlangga merupakan salah satu anggota TNI AD yang ikut bersumbangsih mendonorkan darahnya. “Menurut saya kegiatan ini berjalan sangat bagus karena berguna untuk ke depannya bisa membantu rekan-rekan kita di sana yang sedang membutuhkan darah dan demi kemajuan negara kita harus saling membantu satu sama lain apalagi bagi kami tentara harus membantu rakyat karena rakyat seperti ibu kandung kami.”

Pada donor darah kali ini, juga ada pengecekan gula darah, kolesterol, dan asam urat gratis bagi para donor supaya dapat mengetahui kondisi tubuh dan tetap menjaga kesehatan tubuh. Jumlah calon donor pada kegiatan kali ini sebanyak 162 orang dan yang berhasil lolos donor terdapat 144 orang.

Foto bersama para relawan setelah selesai kegiatan donor darah.

Cathleen Marvelly merupakan koordinator lapangan pada kegiatan donor darah ini. Ia bersyukur atas kekompakan para relawan sehingga donor darah dapat berjalan lancar.

“Persiapan untuk kegiatan donor darah ini rapi dibantu dengan relawan yang lain seperti pasang banner, share kegiatan melalui Whattsapp, dan juga persiapan perlengkapan donor darah dibantu oleh petugas PMI. Saya sangat Gan En dan terima kasih kepada semua relawan yang telah membantu menyukseskan acara donor darah ini. Tadi ada beberapa pendonor yang pusing dan pingsan. Jadi untungnya para relawan dan dokter cepat tanggap  menanganinya sehingga kondisi pendonor dapat fit kembali.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

"Niat Baik Berdonor Darah di Tengah Wabah"

28 Agustus 2020

Pada 15 Agustus 2020 Xie Li Lampung melaksanakan kegiatan donor darah dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19. Untuk menghindari antrian yang menyebabkan pendonor berkerumun, relawan melakukan pengaturan kedatangan pendonor menjadi 5 sesi. Jumlah pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya adalah sebanyak 75 orang.

Jangan Menunda Berbuat Baik

Jangan Menunda Berbuat Baik

14 Oktober 2019

Relawan komunitas Hu Ai Medan Barat mengadakan kegiatan donor darah pada Minggu, 6 Oktober 2019 bekerja sama dengan PMI Batam. Para relawan sangat antusias dalam mengajak masyarakat untuk donor darah, dengan menempelkan brosur-brosur donor darah di rumah makan vegetarian dan lainnya.

Donor Darah, Donor Cinta Kasih

Donor Darah, Donor Cinta Kasih

19 Maret 2015
Kadang saat donor darah, jam kerja berbenturan dengan donor darah di sini jadi sempatnya baru dua kali ini,” ujar Jaka yang telah bekerja sebagai satpam Mal Kelapa Gading selama tiga tahun. Namun, dia juga menjelaskan meski baru bisa mendonorkan darahnya sebanyak dua kali, dia merasa bahagia dapat ikut bersumbangsih. “Selain itu juga, donor darah juga membuah  badan terasa lebih sehat, segar, dan bahagia,” tambahnya.
Semua manusia berkeinginan untuk "memiliki", padahal "memiliki" adalah sumber dari kerisauan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -