Mari Berdonor Darah

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)

Donor darah yang digelar Tzu Chi Palembang disambut antusias masyarakat. Dari 162 calon, sebanyak 144 orang berhasil mendonorkan darah mereka.

Komunitas Xie Li Tamken yang merupakan bagian dari Tzu Chi Palembang kembali mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 23 Oktober 2022. Sekolah Kusuma Bangsa, di Jl. Residen Abdul Rozak, 8 Ilir Timur II, Palembang menjadi lokasi kegiatan yang berlangsung pukul 08.00 pagi – 12.00 siang tersebut.

Saat donor darah para donor diwajibkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan mencuci tangan, mengecek suhu, dan memakai masker. Setelah itu, mereka melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir. Selanjutnya mereka dicek kadar HB (Hemoglobin), bila hasilnya sesuai standar maka mereka dapat mendonorkan darahnya.

Seorang anggota TNI juga ikut berdonor darah.

Dokter Muchtar Leonardi yang merupakan anggota tim medis Tzu Chi atau TIMA Palembang memberikan layanan pengecekan kepada para donor berupa cek asam urat, gula darah, dan kolesterol.

Sapta Erlangga merupakan salah satu anggota TNI AD yang ikut bersumbangsih mendonorkan darahnya. “Menurut saya kegiatan ini berjalan sangat bagus karena berguna untuk ke depannya bisa membantu rekan-rekan kita di sana yang sedang membutuhkan darah dan demi kemajuan negara kita harus saling membantu satu sama lain apalagi bagi kami tentara harus membantu rakyat karena rakyat seperti ibu kandung kami.”

Pada donor darah kali ini, juga ada pengecekan gula darah, kolesterol, dan asam urat gratis bagi para donor supaya dapat mengetahui kondisi tubuh dan tetap menjaga kesehatan tubuh. Jumlah calon donor pada kegiatan kali ini sebanyak 162 orang dan yang berhasil lolos donor terdapat 144 orang.

Foto bersama para relawan setelah selesai kegiatan donor darah.

Cathleen Marvelly merupakan koordinator lapangan pada kegiatan donor darah ini. Ia bersyukur atas kekompakan para relawan sehingga donor darah dapat berjalan lancar.

“Persiapan untuk kegiatan donor darah ini rapi dibantu dengan relawan yang lain seperti pasang banner, share kegiatan melalui Whattsapp, dan juga persiapan perlengkapan donor darah dibantu oleh petugas PMI. Saya sangat Gan En dan terima kasih kepada semua relawan yang telah membantu menyukseskan acara donor darah ini. Tadi ada beberapa pendonor yang pusing dan pingsan. Jadi untungnya para relawan dan dokter cepat tanggap  menanganinya sehingga kondisi pendonor dapat fit kembali.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Donor Darah di Masa Pandemi Covid-19

Donor Darah di Masa Pandemi Covid-19

25 Juni 2021

Pada Minggu 20 Juni 2021, Komunitas Xie Li Kemuning bersama dengan PMI Kota Palembang mengadakan donor darah di Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi yang bertempat di Jl. Sungai Sedapat RT.41 Kelurahan Sukajaya, Palembang.

Kerjasama Di Jalan Kebaikan

Kerjasama Di Jalan Kebaikan

28 April 2015 Di acara tersebut RSUP Fatmawati juga memberikan penghargaan kepada kelompok masyarakat dan yayasan sosial yang rutin melakukan kerja sama dalam kegiatan donor darah dengan unit transfusi darah RSUP Fatmawati.
Semangat Hari Pahlawan pada Donor Darah yang Digelar DAAI TV

Semangat Hari Pahlawan pada Donor Darah yang Digelar DAAI TV

10 November 2021

Memperingati Hari Pahlawan, DAAI TV bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta menggelar donor darah yang dikuti oleh para staf Badan Misi di area Tzu Chi Center, PIK pada Rabu, 10 November 2021 dan diikuti oleh 100 peserta.

Dengan keyakinan yang benar, perjalanan hidup seseorang tidak akan menyimpang.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -