Memaknai Bulan Tujuh

Jurnalis : Fitriyani Mantang (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Robin Johan (Tzu Chi Makassar)

Para relawan membawa Persembahan Bunga dalam upacara sembahyang untuk para leluhur.

Bulan 7 penuh berkah dan bulan bakti merupakan upacara sembahyang untuk para leluhur. Yayasan Buddha Tzu Chi kantor perwakilan Makassar memperingatinya dengan menggelar sebuah upacara yang dihadiri oleh para relawan dan  tamu undangan pada Minggu 07 Agustus 2016.

Upacara ini berlangsung hikmat dengan melakukan ritual persembahan bunga dan buah, kemudian dilanjutkan dengan berdoa. Para relawan dan tamu undangan bersama–sama menyaksikan ceramah Master Cheng Yen. Dalam ceramah itu Master berpesan bahwa menyembelih hewan untuk dijadikan persembahan dan membakar kertas sembahyang sesungguhnya sama sekali tidak bermanfaat bagi para leluhur.

Relawan dan tamu memanjatkan doa di bulan 7 yang penuh berkah. 

Para relawan dan tamu sedang melaksanakan prosesi 'Gatha Pendupaan'.

Master juga mengatakan, keyakinan yang didasari kebijaksanaan mengajarkan untuk menghormati kehidupan. Jangan hanya melakukan ritual pelepasan satwa, namun semoga semua orang bisa lebih melindungi makhluk hidup. Master juga berpesan untuk tidak membakar kertas sembahyang, karena akan mencemari udara dengan emisi karbon yang dihasilkan. Selain itu, dengan tidak membakar kertas sembahyang, menghindarkan dari berperilaku boros.

Setelah ritual selesai, para relawan dan tamu undangan menikmati waktu dengan santap siang bersama sambil bercengkrama. Salah seorang tamu undangan menyampaikan harapannya, “Saya harap tahun ini manusia di bumi ini menyayangi sesama makhluk hidup dan semakin memperhatikan lingkungan, “ ujarnya. 

Relawan juga membacakan sebuah kata perenungan Master “Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.”


Artikel Terkait

Bulan Tujuh Lunar Penuh Berkah Bertema Family Fun Day

Bulan Tujuh Lunar Penuh Berkah Bertema Family Fun Day

09 Agustus 2017

Setiap tahun Yayasan Budha Tzu Chi selalu mengadakan acara Bulan Tujuh Lunar Penuh Berkah. Tahun ini acara dibuat berbeda, mengusung tema Family Fun Day, Relawan Tzu Chi Komunitas He Qi Utara 2 mengajak setiap orang menikmati suasana kebersamaan, penuh syukur dan sukacita. 

Apa itu Peaceful Nutrition?

Apa itu Peaceful Nutrition?

03 September 2020

Berangkat dari pentingnya pemahaman mengenai keseimbangan kandungan nutrisi dalam pola makan vegan, pada 23 Agustus 2020, komunitas relawan He Qi Utara 2 berkesempatan mengundang dr. Sylvia Irawati, M.Gizi untuk berbagi pengalamannya dalam webinar. Webinar ini bertajuk “Peaceful Nutrition for Body, Mind and Soul.”

Perayaan Bulan Tujuh Penuh Berkah di Tzu Chi Tangerang

Perayaan Bulan Tujuh Penuh Berkah di Tzu Chi Tangerang

20 September 2017
Tzu Chi Tangerang mengadakan acara perayaan Bulan Tujuh Penuh Berkah di lokasi Depo Pelestarian Lingkungan di Kampung Carang Pulang. Acara utamanya adalah demo masak vegetarian.
Kerisauan dalam kehidupan manusia disebabkan dan bersumber pada tiga racun dunia, yaitu: keserakahan, kebencian, dan kegelapan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -