Membagikan Paket Sembako dengan Sukacita

Jurnalis : Rizky Afifah (Tzu Chi Batam), Fotografer : Wendy, Mulyanto, Fredy, Supardi (Tzu Chi Batam)
Sebanyak 339 paket sembako secara estafet diturunkan oleh relawan.

Master Cheng Yen mengajarkan ‘Yang kurang beruntung tidak dapat keluar, maka yang penuh berkahlah yang perlu masuk’. Di Bulan Suci Ramadan kali ini Tzu Chi Batam berbagi cinta kasih berupa paket sembako kepada warga Kampung Seraya Atas. Sebelum membagikan sembako cinta kasih, para relawan terlebih dulu melakukan survei serta membagikan kupon.

Para relawan menghadapi kesulitan saat mencari alamat karena nomor alamat yang tidak runtut dan data yang diberikan RT/RW setempat hanya nama Kepala Keluarga tidak disertai alama. Ini membuat para relawan perlu mendatangi rumah warga satu per satu dengan tujuan bertanya apakah mereka mengenal salah satu nama dalam daftar RT/RW tersebut. Penuh rasa syukur, warga setempat bersedia membantu relawan dengan menunjukkan alamat, bahkan mendampingi relawan ke rumah warga yang terdaftar, walau sebagian dari mereka sedang menjalankan ibadah puasa ataupun sedang jaga warung.

Tzu Chi Batam menyalurkan paket sembako cinta kasih kepada 339 keluarga.

Panas terik dan jalur perbukitan yang naik-turun membawa tantangan tersendiri saat pembagian kupon.

Panas yang menyengat dan kawasan bukit yang naik-turun menjadi tantangan tersendiri bagi para relawan, terutama relawan muslim yang berpuasa salah satunya Ratnengsih. Kesungguhan hati untuk berbuat baik menjadi penguat untuk terus menjalankan puasa. Puasa bukan halangan untuk berbuat baik justru menjadi penguat baginya.

Untuk paket sembako yang dibagikan ke warga yang jumlahnya mencapai ratusan maka perlu banyak orang untuk membungkus paket sembako tersebut. Sehari sebelum pembagian paket sembako, puluhan relawan dari berbagai usia, latar belakang dan agama, bersatu padu, saling bahu membahu membungkus paket.

Akhirnya pada Minggu, 31 Maret 2024, para relawan Tzu Chi Batam dapat membagikan paket sembako cinta kasih kepada warga Kampung Seraya Atas.

Bagi Ratnengsih puasa bukan halangan melainkan dorongan kuat untuk bersumbangsih.

“Sembako yang kami bagikan mungkin akan habis dalam 1 atau 2 minggu kedepan tapi cinta kasih yang kami sampaikan semoga dapat mengurangi beban ibu bapak sekalian,” ujar Dukman, koordinator.

Pembagian diselingi isyarat tangan Satu Keluarga. Para relawan dan warga mempratikkan isyarat tangan tersebut bersama-sama.

Pak Ali Amril berprofesi sebagai penjahit. Ia tinggal bersama istri dan tiga anaknya sejak tahun 2009. Posisi rumah yang berada di pelosok menyebabkan hanya warga sekitar yang menjadi pelanggannya. Kini ia dan keluarganya sedang bersiap pindah karna digusur. Ia pun bersyukur dengan adanya sembako ini, “Alhamdulillah sebagai umat muslim dalam bulan puasa mendapat rezeki, saya mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan sembako yang diberikan,” ujarnya

Cobaan hidup yang bertubi-tubi tidak meredupkan rasa syukur yang terpancar dari wajah Ali Amril.

Watty Darsono, relawan Tzu Chi merasa bahagia dapat bersumbangsih waktu, tenaga dan pikirannya. “Saya hari ini capek, panas tapi happy. Saya sampaikan kepada seluruh relawan Tzu Chi yang telah ikut membantu hari ini terima kasih karna sudah berkontribusi, bekerja dan berpanas ria bersama. Kedepannya semoga makin panjang jalannya di Tzu Chi” ujarnya.

Bagi paket cinta kasih tidak hanya menjadi ladang berkah bagi insan Tzu Chi namun juga merupakan sarana pelatihan diri. Kegiatan ini diikuti 62 relawan dan berhasil membagikan 339 paket sembako kepada warga yang membutuhkan di Kampung Seraya Atas.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran Tzu Chi untuk Warga di Sei Agul, Kota Medan

Paket Lebaran Tzu Chi untuk Warga di Sei Agul, Kota Medan

03 April 2024

Para relawan Tzu Chi di Komunitas Hu Ai Petisah membagikan 730 paket Lebaran untuk warga di Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Minggu, 24 Maret 2024. Paket Lebaran yang dibagikan ini berisi beras 10 kg, DAAI Mi, minyak goreng 1,8 liter, dan 2 botol sirup.

Paket Cinta Kasih untuk Warga Percut Sei Tuan

Paket Cinta Kasih untuk Warga Percut Sei Tuan

02 April 2024

Dengan tema “Satu Orang Satu Kebajikan Menghimpun Cinta Kasih”, Tzu Chi Medan berbagi kasih dengan membagikan paket sembako bagi warga prasejahtera di Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Berbagi di Bulan Ramadan, Tzu Chi Bandung Salurkan 1.000 Paket Sembako

Berbagi di Bulan Ramadan, Tzu Chi Bandung Salurkan 1.000 Paket Sembako

02 April 2024

Sambut Hari Raya Idul Fitri, Tzu Chi Bandung bagikan 1.000 paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan. Paket sembako ini dibagikan di Aula Jing Si Tzu Chi Bandung.

Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -