Tebar Kebajikan di Bulan Ramadan, Tzu Chi Tebing Tinggi Salurkan 1.200 Paket Cinta Kasih

Jurnalis : Elin Juwita (Tzu Chi Tebing Tinggi) , Fotografer : Erik Wardi (Tzu Chi Tebing Tinggi)

Para relawan Tzu Chi di Tebing Tinggi bergotong-royong membagikan 1.200 paket cinta kasih kepada warga kurang mampu di Kelurahan Persiakan dan Tualang, Minggu 24 Maret 2024.

Dari satu benih tumbuh menjadi tidak terhingga. Yang tidak terhingga berasal dari satu benih. Demikian juga benih cinta kasih yang terus menerus disemai relawan Tzu Chi Tebing Tinggi dalam mengembangkan benih kebajikan. Seperti yang terlihat pada pembagian paket sembako kepada warga kurang mampu di Kelurahan Persiakan dan Kelurahan Tualang di Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi. Paket sembako ini juga diberikan kepada para petugas kebersihan dan penyapu jalan serta para pemulung yang sehari – hari menggantungkan hidup mereka di TPA Tebing Tinggi.

Pembagian paket sembako ini dilaksanakan pada Minggu 24 Maret 2024 melibatkan sebanyak 130 relawan dan sukarelawan dalam menyalurkan 1.200 paket cinta kasih. Sebulan sebelumnya, relawan telah melakukan berbagai persiapan di antaranya sosialisasi kepada camat dan lurah, serta kepala lingkungan Kelurahan Persiakan dan Tualang.

Sepekan sebelum pembagian paket, relawan dan sukarelawan terjun langsung ke rumah – rumah penerima bantuan untuk survei dan memberikan kupon. Kunjungan relawan ini juga untuk menjalin jodoh baik dengan para penerima bantuan, sebagai bentuk silahturahmi.

Paket cinta kasih juga diberikan kepada petugas kebersihan seperti penyapu jalan dan juga para pemulung.

“Kami memberikan sosialisasi tentang makna dan tujuan dari kegiatan kita kepada camat, lurah, dan kepala lingkungan dengan tujuan agar mereka mengerti arah tujuan yang ingin kita capai di mana data – data yang kita dapatkan untuk survei benar – benar telah tepat sasaran,” terang Ing Hung, koordinator.

Sebelum pembagian berlangsung, relawan memperkenalkan Tzu Chi dan Daai TV kepada warga. Relawan juga menyentuh hati warga untuk senantiasa bersyukur karena dengan bersyukur, ladang berkah dan rezeki akan terbuka lebar. Juga bahwa berdana bukan hak orang kaya, namun juga bagi setiap orang. Bukan hanya bentuk materi, namun bisa melalui senyuman, tenaga, dan pikiran. Warga memberikan respon positif dan dengan hati yang tulus turut berdana ke dalam kotak dana yang disediakan tanpa memandang nilainya, yang penting ketulusan hati.

Paket sembako yang dibagikan berisi 10 kg beras, minyak goreng dan sirup yang mungkin akan habis dalam waktu sebulan. Namun jejak cinta kasih relawan dan sukarelawan akan menjadi benih kebajikan yang akan berkembang.

Warga juga turut beramal dengan ikhlas melalui Tzu Chi.

Muhammad Amin sehari – hari bekerja sebagai pengemudi truk sampah di Dinas Kebersihan. Dengan gaji sebesar 1.7 juta perbulan ia menghidupi keempat anaknya.  “Saya bersyukur kali dapat ini karena mengurangi pengeluaran saya terutama beras dan saya merasa sangat terbantu sekali”. Ujarnya.

Sebanyak 300 paket beras cinta kasih juga dibagikan di Kelurahan Renggas, Kota Kisaran pada Kamis 28 Maret 2024. Kegiatan ini juga sebagai sarana menghimpun sukarelawan yang diharapkan kelak akan memperpanjang barisan relawan Tzu Chi. Mereka berasal dari berbagai latar belakang seperti dosen, mahasiswa, dari organisasi, Muda – mudi Vihara. Di akhir kegiatan, relawan mengadakan sesi sharing kepada para sukarelawan dan juga kepala lingkungan tentang kesan mereka selama penyaluran paket cinta kasih.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Senangnya Warga Cipaku Bogor Dapat Paket Lebaran Tzu Chi

Senangnya Warga Cipaku Bogor Dapat Paket Lebaran Tzu Chi

21 Maret 2024

Berlokasi di Kantor Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, para relawan Tzu Chi dari komunitas Xie Li Bogor membagikan 450 paket lebaran.

Indahnya Berbagi, Tzu Chi Salurkan 1.329 Paket Lebaran di Muara Angke

Indahnya Berbagi, Tzu Chi Salurkan 1.329 Paket Lebaran di Muara Angke

25 Maret 2024

Derasnya hujan tidak mengurangi semangat relawan Tzu Chi dari He Qi Muara Karang dan He Qi PIK melayani warga Muara Angke dalam pembagian paket lebaran Tzu Chi. 

Menebar Kebahagiaan di Bulan Ramadan

Menebar Kebahagiaan di Bulan Ramadan

28 Maret 2024

Relawan Tzu Chi memberikan 1.000 paket sembako untuk warga Duri Utara, Jembatan Lima, Jakarta Barat. Seminggu sebelumnya kupon telah dibagikan relawan untuk memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Dengan keyakinan yang benar, perjalanan hidup seseorang tidak akan menyimpang.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -