Menjalin Silaturahmi dengan Berbagi Menjelang Idul Fitri

Jurnalis : Tson Rirutolmo Chen (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim, Beverly Clara, Mie Li (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Yayuk Laily (25) merasa diringankan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan adanya bantuan beras dan sirup dari Tzu Chi Tanjung Balai Karimun.

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan paket cinta kasih menyambut Hari Raya Idul Fitri. Kali ini, Sabtu, 30 Maret 2024, relawan membagikannya di Kelurahan Darussalam yang lokasinya terpencil sehingga banyak orang membutuhkan jarang mendapatkan bantuan.

Pada pukul 06.30 WIB, sebanyak 32 relawan berkumpul di Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun untuk mengangkut dan memindahkan paket ke lori. Sebanyak 328 paket beras 10 kg dan 2 botol sirup dibagikan kepada warga Kelurahan Darussalam. Sejumlah beras dan sirup diangkut ke lori secara estafet oleh relawan. Sesampai di lokasi, relawan kembali menurunkan beras dan sirup dari lori. Relawan kemudian mengambil posisi masing masing sesuai tugas yang telah ditentukan. 

Relawan dan Pak Khaidir (berpakaian baju abu celana hitam) selaku RT 03 berfoto bersama dengan warga sewaktu melakukan survei kondisi warga.

Seorang relawan membantu seorang nenek yang merupakan penerima paket Idul Fitri untuk mendorong motor beserta barang bawaannya.

Usai sambutan yang kemudian dilanjutkan dengan doa, warga diminta untuk antre. "Saya merasa senang dan terbantu apalagi sudah dekat dengan Hari Raya. Saya berterima kasih kepada Tzu Chi karena telah membantu kami yang membutuhkan," ucap Yayuk Laily (25).

Beberapa pekan sebelum pembagian beras, tim relawan berkoordinasi dengan Lurah dan RT setempat di Kelurahan Darussalam. Pada Sabtu 23 Maret 2023, relawan turun ke lapangan untuk survei dan melihat langsung kondisi warga, ditemani ketua RT setempat.

Setiap RT diberikan kuota kupon sebanyak 30 keluarga. RT dengan penduduk yang lebih mampu secara ekonomi memberikan kesempatan bagi warga RT lainnya yang lebih kekurangan untuk mendapatkan paket Idul Fitri, warga hidup berdampingan dengan harmonis.

Seorang relawan membantu warga mengangkut beras sambil bertukar senyum dan tawa.

Relawan dan Pak RT berfoto ria bersama warga penerima paket Idul Fitri yang berinisiatif menjadi petugas parkir dalam kegiatan pembagian paket.

Sry Anita (52), selaku Lurah, merasa kagum karena Tzu Chi tidak memandang perbedaan SARA dan berharap perekonomian pada kelurahannya dapat meningkat. “Walaupun hari ini sebagai penerima, semoga suatu saat nanti mereka dapat menjadi orang yang memberi,” tuturnya.

Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi, “Telapak tangan menghadap ke bawah berarti membantu orang, telapak tangan menghadap ke atas berarti memohon bantuan orang. Membantu orang adalah kegembiraan, memohon bantuan orang adalah penderitaan.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berkah Ramadan untuk Warga Titi Kuning Medan

Berkah Ramadan untuk Warga Titi Kuning Medan

28 Maret 2024

Relawan Tzu Chi Medan (Hu Ai Titi Kuning) memberikan bantuan 900 paket sembako kepada warga di Kelurahan Titi Kuning dan sekitarnya (24/03/2024). Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban warga menjelang hari raya. 

Jelang Idul Fitri, Tzu Chi Pekanbaru Salurkan 877 Paket Sembako

Jelang Idul Fitri, Tzu Chi Pekanbaru Salurkan 877 Paket Sembako

02 April 2024

Sambut Idul Fitri, Tzu Chi Pekanbaru membagikan 877 paket sembako di tiga kelurahan, yakni Kelurahan Sialang Munggu, Kelurahan Tanjung Rhu, dan Kelurahan Bandar Raya.

Satu Paket Cinta Kasih, Menciptakan Seribu Senyuman

Satu Paket Cinta Kasih, Menciptakan Seribu Senyuman

05 April 2024

Relawan Tzu Chi Palembang mengadakan bakti sosial pembagian 1.430 paket sembako untuk menyambut Lebaran kepada warga di Kelurahan 13 dan 14 Ilir Palembang. 

Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -