Menjalin Silaturahmi dengan Berbagi Menjelang Idul Fitri

Jurnalis : Tson Rirutolmo Chen (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim, Beverly Clara, Mie Li (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Yayuk Laily (25) merasa diringankan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan adanya bantuan beras dan sirup dari Tzu Chi Tanjung Balai Karimun.

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan paket cinta kasih menyambut Hari Raya Idul Fitri. Kali ini, Sabtu, 30 Maret 2024, relawan membagikannya di Kelurahan Darussalam yang lokasinya terpencil sehingga banyak orang membutuhkan jarang mendapatkan bantuan.

Pada pukul 06.30 WIB, sebanyak 32 relawan berkumpul di Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun untuk mengangkut dan memindahkan paket ke lori. Sebanyak 328 paket beras 10 kg dan 2 botol sirup dibagikan kepada warga Kelurahan Darussalam. Sejumlah beras dan sirup diangkut ke lori secara estafet oleh relawan. Sesampai di lokasi, relawan kembali menurunkan beras dan sirup dari lori. Relawan kemudian mengambil posisi masing masing sesuai tugas yang telah ditentukan. 

Relawan dan Pak Khaidir (berpakaian baju abu celana hitam) selaku RT 03 berfoto bersama dengan warga sewaktu melakukan survei kondisi warga.

Seorang relawan membantu seorang nenek yang merupakan penerima paket Idul Fitri untuk mendorong motor beserta barang bawaannya.

Usai sambutan yang kemudian dilanjutkan dengan doa, warga diminta untuk antre. "Saya merasa senang dan terbantu apalagi sudah dekat dengan Hari Raya. Saya berterima kasih kepada Tzu Chi karena telah membantu kami yang membutuhkan," ucap Yayuk Laily (25).

Beberapa pekan sebelum pembagian beras, tim relawan berkoordinasi dengan Lurah dan RT setempat di Kelurahan Darussalam. Pada Sabtu 23 Maret 2023, relawan turun ke lapangan untuk survei dan melihat langsung kondisi warga, ditemani ketua RT setempat.

Setiap RT diberikan kuota kupon sebanyak 30 keluarga. RT dengan penduduk yang lebih mampu secara ekonomi memberikan kesempatan bagi warga RT lainnya yang lebih kekurangan untuk mendapatkan paket Idul Fitri, warga hidup berdampingan dengan harmonis.

Seorang relawan membantu warga mengangkut beras sambil bertukar senyum dan tawa.

Relawan dan Pak RT berfoto ria bersama warga penerima paket Idul Fitri yang berinisiatif menjadi petugas parkir dalam kegiatan pembagian paket.

Sry Anita (52), selaku Lurah, merasa kagum karena Tzu Chi tidak memandang perbedaan SARA dan berharap perekonomian pada kelurahannya dapat meningkat. “Walaupun hari ini sebagai penerima, semoga suatu saat nanti mereka dapat menjadi orang yang memberi,” tuturnya.

Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi, “Telapak tangan menghadap ke bawah berarti membantu orang, telapak tangan menghadap ke atas berarti memohon bantuan orang. Membantu orang adalah kegembiraan, memohon bantuan orang adalah penderitaan.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menebar Cinta Kasih di Ujung Barat Indonesia

Menebar Cinta Kasih di Ujung Barat Indonesia

02 April 2024

Jelang Lebaran, relawan Tzu Chi di Kota Sabang, Aceh membagikan 50 paket sembako kepada warga yang membutuhkan. Setiap paket sembako tersebut berisi 5 kg beras, 2 botol sirup dan 1,8 liter minyak goreng.

Satu Paket Cinta Kasih, Menciptakan Seribu Senyuman

Satu Paket Cinta Kasih, Menciptakan Seribu Senyuman

05 April 2024

Relawan Tzu Chi Palembang mengadakan bakti sosial pembagian 1.430 paket sembako untuk menyambut Lebaran kepada warga di Kelurahan 13 dan 14 Ilir Palembang. 

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan, Tzu Chi Bagikan Paket Cinta Kasih untuk Warga Palmerah, Jakarta Barat

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan, Tzu Chi Bagikan Paket Cinta Kasih untuk Warga Palmerah, Jakarta Barat

01 April 2024

Momen pembagian paket sembako ini dirasakan sangat tepat sekali, ketika harga-harga merangkak naik menjelang hari raya. 

Hadiah paling berharga di dunia yang fana ini adalah memaafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -