Membangkitkan Niat Bervegetaris

Jurnalis : Dea Paramita (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Tommy Sulianto (Tzu Chi Pekanbaru)

Sebanyak 41 orang karyawan Toko Aneka Salim, Pekanbaru hadir dan mendengarkan sosialisasi vegetarian dari Tzu Chi Pekanbaru.

Pada Sabtu, 15 Oktober 2022, insan Tzu Chi Pekanbaru mengadakan sosialisasi vegetarian ke Toko Aneka Salim yang dihadiri oleh 41 orang karyawan. Acara sosialisasi yang bertema “Mengapa Harus Bervegetarian” kemudian diisi dengan pemaparan materi oleh relawan Tzu Chi Pekanbaru, Mettayani. Pada kesempatan kali ini, Mettayani menjelaskan mengenai pengertian vegetarian, jenis-jenis vegetarian, beserta mengapa seseorang perlu bervegetaris. Dengan tenang, seluruh karyawan Toko Aneka Salim mendengarkan penjelasan.

“Kita perlu bervegetaris karena dapat mengasihi seluruh makhluk hidup. Dengan bertekad untuk bervegetaris, kita dapat menyelamatkan nyawa hewan-hewan yang akan dikorbankan untuk menjadi makanan kita. Hal ini dapat dimulai dari bervegetaris selama sehari dalam seminggu. Contohnya dengan menerapkan sistem hari senin tanpa daging,” ujar Mettayani.

Mettayani, relawan Tzu Chi Pekanbaru menyampaikan materi tentang pentingnya bervegetaris.

Bervegetaris adalah wujud dari belas kasihan dan cinta kasih kepada semua makhluk. Kita menghindari mengonsumsi daging dan hal tersebut dapat mengurangi pemanasan global akibat gas metana yang paling banyak berasal dari peternakan. Dengan bervegetaris, puluhan, ribuan, bahkan jutaan nyawa hewan yang diperuntukkan sebagai makanan konsumsi manusia dapat diselamatkan.

“Kesempatan untuk mensosialisasikan vegetarian merupakan berkah bagi kami. Kendati kebanyakan karyawan Toko Aneka Salim belum memahami tentang vegetarian, namun kegiatan ini merupakan langkah awal yang baik, karena setidaknya kegiatan ini dapat memotivasi karyawan Toko Aneka Salim untuk mencoba bervegetaris,” kata Mettayani.

Setelah sosialisasi vegetarian, relawan Tzu Chi Pekanbaru juga membagikan makanan vegetaris bagi seluruh karyawan Toko Aneka Salim.

Setelah sosialisasi, relawan Tzu Chi Pekanbaru juga turut mendorong karyawan Toko Aneka Salim untuk berpola hidup vegetaris selama yang sanggup mereka lakukan. Lewat sosialisasi ini, dari seluruh peserta sebanyak 11 orang karyawan Toko Aneka Salim bertekad untuk bervegetaris dan mengembangkan belas kasihan kepada seluruh makhluk.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan pembagian makan malam vegetarian oleh relawan Tzu Chi Pekanbaru kepada karyawan Toko Aneka Salim.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Internasional: Hemat Listrik dan Vegetarian

Internasional: Hemat Listrik dan Vegetarian

02 April 2012
Tanggal 31 Maret adalah Perayaan Hari Bumi. Tahun ini ada 135 negara, 5.200 kota, 2,2 milyar orang yang ikut mematikan lampu selama satu jam. Demi memperlambat gejala pemanasan global, selain mematikan lampu selama satu jam, juga seharusnya mengurangi konsumsi sepotong daging.
Vegetarian Club: Bervegetaris Jadi Lebih Seru!

Vegetarian Club: Bervegetaris Jadi Lebih Seru!

05 September 2017
Vegetarian Club adalah komunitas vegetarian di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng. Komunitas ini ada sejak tahun lalu. Banyak manfaat ikut komunitas ini, terutama membuat anggotanya makin mantap bervegetaris.
Makan Sehat, Hati Senang

Makan Sehat, Hati Senang

25 Oktober 2017

Yayasan Buddha Tzu Medan mengadakan “Festival Makanan Vegetarian” dengan berbagai menu olahan dan produk vegetaris  selama  tiga hari yang dimulai tanggal 20 Oktober 2017 dan berakhir  tanggal 22 Oktober 2017 di Cambridge City Square Medan.

Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -