Membangun Rasa Kepedulian Sosial Melalui Donor Darah

Jurnalis : Julie Queentiny (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Julie Queentiny, Tson Rirutolmo Chen (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Donor darah pada Minggu 18 Desember 2022 ini merupakan kegiatan perdana bagi relawan Tzu Chi di Tanjung Batu.

Dalam menjalankan misi kesehatan, relawan Tzu Chi di Tanjung Batu bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Kundur mengadakan donor darah, Minggu 18 Desember 2022. Ini merupakan kegiatan perdana bagi relawan di Tanjung Batu. Walaupun sempat diguyur hujan deras, relawan tetap bersemangat menanti kedatangan para donor.

Bertempat di Gedung PMVDS (Persatuan Muda-Mudi Vihara Dharma Shanti), Tanjung Batu, tepat pukul 09.00 WIB, sebanyak 30 relawan Tzu Chi sudah mempersiapkan semua keperluan yang dibutukan untuk donor darah. Sebelum mendonorkan darahnya, calon donor diwajibkan mencuci tangan dan melakukan registrasi. Setelah itu  dilanjutkan dengan pemeriksaan tensi dan hemoglobin (Hb) yang dilakukan oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI).

Kegiatan donor darah ini sempat diguyur hujan deras, para relawan pun tetap bersemangat saat melaksanakan kegiatan.

Joni yang baru pertama kali mendonorkan darah terlihat sangat senang setelah berhasil mendonorkan darahnya.

Joni (52) baru pertama kali mendonorkan darahnya. “Saya merasa sangat senang dapat melakukan donor darah ini karena bisa membantu orang yang membutuhkan darah, selagi saya masih sehat, saya akan selalu melakukan donor darah,” ucapnya.

Seorang anggota polisi Tanjung Batu yang bernama Riski Akbar (22) sudah  tiga kali mendonorkan darahnya merasa sangat senang jika darahnya bisa membantu sesama manusia yang membutuhkan. “Saya akan terus menerus melakukan donor darah karena saya merasa senang bisa membagikan darah saya ke orang yang membutukan,”ucapnya.

Riski Akbar, seorang anggota polisi ini sudah tiga kali mendonorkan darahnya.

Surawan, Ketua PMI Kundur berharap kedepannya bisa terus bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi.

Surawan (43) selaku Ketua PMI Kundur berharap kedepannya bisa terus bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi. Ia juga akan menjadwalkan kegiatan donor darah khusus Yayasan Buddha Tzu Chi pada tahun depan.

“Saya ucapkan terima kasih karena sudah bekerja sama dengan PMI, khususnya PMI Kecamatan Kundur. Ini baru pertama sekali jadi saya sangat senang bisa bekerja sama, dan harapan saya kedepannya nanti ada lagi kerja sama seperti ini,” ucapnya.

Setelah selesai kegiatan, para relawan Tzu Chi dan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) berfoto bersama.

Kegiatan ini mengumpulkan sebanyak 21 kantong darah yang akan disalurkan kepada orang yang sedang membutuhkan transfusi darah. Seperti Kata Perenungan Master Cheng Yen yang berbunyi “Hal paling menenteramkan hati dalam kehidupan adalah dapat bersumbangsih sesegera mungkin sesuai kemampuan yang ada.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Share Your Blood Share Your Care

Share Your Blood Share Your Care

03 November 2014 Untuk menyambut momen bahagaia ini, Tzu Chi Palembang melakukan kegiatan donor darah bersama PMI dengan tema “Share Your Blood Share Your Care“ pada tanggal 19 Oktober 2014 di Kantor Penghubung Palembang. Kegiatan ini untuk menghimpun dan menumbuhkan hati welas asih yang dimiliki setiap manusia untuk saling berbagi satu sama lain serta menjaga kondisi tubuh agar lebih sehat.
Membangun Rasa Kepedulian Sosial Melalui Donor Darah

Membangun Rasa Kepedulian Sosial Melalui Donor Darah

28 Desember 2022

Dalam menjalankan misi kesehatan, relawan Tzu Chi di Tanjung Batu bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Kundur mengadakan donor darah, Minggu 18 Desember 2022. 

Setetes Darah Memberikan Satu Kehidupan

Setetes Darah Memberikan Satu Kehidupan

23 Mei 2018
Tzu Chi Lampung mengadakan donor darah pada Minggu, 20 Mei 2018 di GSG Yayasan Metta Sarana (Suteng), Bandar Lampung. Terdapat 32 pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya.
Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -