Membantu Sesama Lewat Setetes Darah

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Para peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan donor darah Tzu Chi yang bertempat di Swiss-bell hotel Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Bekerja sama dengan Swiss-bell Hotel Mangga Besar, Jakarta Pusat, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li JP1) menggarap ladang berkah dengan mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan yang dilaksanakan di ruangan Lily Meeting Room, Swiss-bell Hotel ini dilaksanakan pada Senin 20 Februari 2023 dan diikuti oleh 106 peserta yang mendaftar.

"Dengan keinginan menambah titik lokasi donor darah, kami mengajukan kerja sama dengan Swiss-bell Hotel dan hal ini pun disambut dengan baik. Lewat kegiatan ini juga kami mengajak banyak orang agar bisa berpartisipasi, mengembangkan welas asih dan cinta kasih kepada semua orang,” tutur Julia, relawan yang menjadi koordinator kegiatan.

Para peserta donor darah berasal dari kalangan umum salah satunya para petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum).

Selain pihak Swiss-bell Hotel, Palang Merah Indonesia (PMI) Pecenongan mendukung kegiatan ini dengan mengirimkan 9 tim medis dan menyediakan 6 ranjang. Para peserta yang ikut dalam kegiatan donor ini juga dari berbagai kalangan diantaranya petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum), relawan Tzu Chi, dan karyawan hotel.

Caroline (54), salah satu peserta donor darah yang berbahagia karena berkesempatan berbuat kebajikan. Sudah lebih dari 10 kali ia menjadi pendonor dan pada kegiatan donor darah ini ia juga mendapatkan informasi dari salah satu relawan Tzu Chi. “Kita hidup jangan hanya menerima tapi juga harus memberi dengan berbuat kebaikan untuk sesama. Saya pikir donor darah itu salah satu hal yang sederhana untuk berbuat kebaikan,” ujar Caroline.

Rohmat Tri Untoro, Head Chef di Swiss-Bell Hotel Mangga Besar merasa senang bisa mendonorkan darahnya dalam kesempatan ini.

Kebahagiaan bisa mendonorkan darh juga dirasakan Rohmat Tri Untoro (52). Sudah 11 tahun ia bekerja menjadi Head Chef di Swiss-Bell Hotel Mangga Besar dan dalam kurun waktu tersebut ia sudah 5 kali mendonorkan darahnya. “Donor darah menjaga sirkulasi darah dan kesehatan saya, biar refresh diri. Selain itu sangat bersyukur juga apabila bisa dipakai PMI darah saya untuk membantu sesama. Saya senang hari ini bisa menyumbangkan darah saya," ungkap Rohmat.  

Budi Utami, Director of Sales and Marketing Swiss-Bell Hotel Mangga Besar mengungkapkan kegembiraan karena bisa bekerja sama dengan Tzu Chi dan PMI untuk menggelar kegiatan donor darah. "Program donor darah di Swiss-Belhotel dilksanakan 3 kali dalam satu tahun dengan target 150 orang. Kami bersinergi bersama dengan semua kalangan untuk memberikan inspirasi kepada sesama dengan harapan semakin banyak orang yang berbagi kasih sayang dengan menyumbangkan darah,” ujarnya.

Relawan Tzu Chi juga menyiapkan bingkisan ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah yang di mulai pukul 09.00-12.00 WIB ini diikuti oleh 106 peserta yang mendaftar. Setelah dilakukan screening kesehatan, hanya 89 peserta yang berhasil mendonorkan darahnya.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Setetes Darah Untuk Kehidupan

Setetes Darah Untuk Kehidupan

22 Agustus 2022

Sebanyak 65 pendonor berhasil mendonorkan darahnya pada kegiatan yang digelar Tzu Chi Palembang di Kelenteng Tridharma Ciu Pek Keng Jl. Sungai Itam, Kec. Ilir Barat. I, pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Donor Darah di RPTRA Alur Dahlia

Donor Darah di RPTRA Alur Dahlia

25 Maret 2019

Relawan He Qi Barat 1 kembali mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan itu dilakukan pada Sabtu 16 Maret 2019. Kegiatan ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang membutuhkan dan mempermudah masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

Tekad Kuat untuk Bersumbangsih

Tekad Kuat untuk Bersumbangsih

09 Desember 2014 Kegiatan donor darah kembali diadakan oleh Tzu Chi Medan. Kegiatan yang diadakan secara berkala ini diharapkan dapat memperkenalkan Tzu Chi kepada masyarakat luas, selain itu juga semoga dapat membantu mereka yang membutuhkan.
Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -