Mendukung Program Vaksinasi Covid-19 di Palembang

Jurnalis : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang)

Para Peserta yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Tzu Chi Palembang yang bekerjasama dengan Kodim 0418/Palembang dan SMA Kusuma Bangsa mendapat pengarahan dari relawan.


Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah menunjukan penurunan angka kasus yang terinfeksi virus tersebut. Untuk terus menekan angka kasus Covid-19, pemerintah Indonesia terus berupaya melaksanakan program vaksinasi di seluruh Indonesia agar tercipta Herd Immunity. Tzu Chi Palembang yang bekerjasama dengan Kodim 0418/Palembang dan SMA Kusuma Bangsa pun ikut menjalankan program vaksinasi dari pemerintah tersebut.

Pada Senin, 30 Agusuts 2021, vaksinasi Covid-19 tahap ke-1 diadakan di Gedung SMA Kusuma Bangsa, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang. Sejak pagi, para relawan Tzu Chi Palembang sudah berada di lokasi untuk mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan vaksinasi.

Sebelum mengikuti vaksinasi, para peserta wajib menjalani proses screening sebelum diberikan suntik vaksin Covid 19.

Salah satu lansia mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 oleh salah satu petugas medis.


Pada pukul 08.00 para peserta vaksin mulai berdatangan. Sebelum memasuki lokasi, terlebih dahulu para peserta dicek suhu tubuh, menggunakan handsanitizer, wajib menggunakan masker, dan memtuhi protokol kesehatan yang ketat. Saat pedaftaran, para peserta juga harus menunjukan KTP hasil screenshot yang sebelumnya telah terdaftar di vaksinonline.com guna menghidar kerumunan.

Setelah setelah semua persyaratan awal selesai, peserta diberi nomor antrian dan dilanjutkan dengan mengisi formulir diruangan tunggu yang telah disiapkan. Setelah menyerahkan formulir yang telah di isi, prosedur berikutnya adalah screening kesehatan yang dilakukan oleh tim Kesdam dan proses tanya jawab seputar riwayat medis. Apabila proses screening dinyatakan lulus, maka peserta diarahkan ke meja yang telah ditentukan untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Para peserta yang sudah selesai observasi setelah divaksinasi, diperbolehkan pulang dan mendapatkan sertifikat vaksinasi Covid-19.


Setelah selesai divaksinasi, para peserta menyerahkan berkas kepanitia dan diarahkan ke ruangan observasi selama 30 menit sambil menunggu pencetakan sertifikat vaksin Covid-19. Jika tidak ada gejala alergi atau keluhan selama observasi, peserta yang sudah mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 di perbolehkan untuk pulang.

“Vaksinasi yang dilakukan di sini, prosesnya cepat, pelayanannya ramah, dan prokesnya ketat. Kebetulan ayah saya juga vaksin disini dan ada tetangga yang belum divaksin juga mau diajak kesini,” ungkap Tris Cahyani, salah satu peserta vaksinasi. Total terdapat 1.126 peserta yang berhasil divaksinasi Covid-19 dalam kegiatan ini.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Tzu Chi Talk: Vaksin Covid-19 Apakah Perlu?

Tzu Chi Talk: Vaksin Covid-19 Apakah Perlu?

31 Januari 2021
Vaksin Covid-19 menjadi sebuah harapan yang sudah lama dinanti. Namun di sisi lain timbul berbagai pertanyan di tengah masyarakat terutama pemberian dan efek sampingnya. Inilah tema yang dibahas dalam Tzu Chi Talk episode perdana tahun 2021. 
Vaksinasi RS Tentara TK IV Pekanbaru Bersama Tzu Chi Capai 9.597 Dosis

Vaksinasi RS Tentara TK IV Pekanbaru Bersama Tzu Chi Capai 9.597 Dosis

07 Maret 2022

Tzu Chi Pekanbaru bekerja sama dengan Rumah Sakit Tentara TK IV Pekanbaru melaksanakan kegiatan vaksinasi pada Senin, 28 Februari 2022. Kegiatan vaksinasi berhasil melayani 50 peserta.

Mendukung Program Vaksinasi Covid-19 di Palembang

Mendukung Program Vaksinasi Covid-19 di Palembang

03 September 2021

Tzu Chi Palembang yang bekerjasama dengan Kodim 0418/Palembang dan SMA Kusuma Bangsa menjalankan program vaksinasi Covid-19 di Kota Palembang.

Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -