Vaksinasi Covid-19 Lanjutan di Palembang

Jurnalis : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang)

Relawan Tzu Chi Palembang menenangkan salah satu peserta yang merasa sakit saat menerima suntikan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakanTzu Chi Palembang yang bekerjasama dengan Kodim 0418/Palembang, Polrestabes Palembang, dan SMA Kusuma Bangsa.

Yayasan Buddha Tzu Chi Palembang yang bekerjasama dengan Kodim 0418/Palembang, Polrestabes Palembang, dan SMA Kusuma Bangsa kembali mengadakan vaksinasi Covid-19 lanjutan. Kegiatan ini diadakan kembali di lokasi yang sama yaitu di Gedung SMA Kusuma Bangsa, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang pada 3-9 September 2021 dengan dukungan teknologi IT dari MDP Palembang.

Salah satu peserta vaksinasi Covid-19 berada di E-Gate untuk scan barcode yang didapat setelah mendaftar melalui vaksinonline.com untuk menghindari kerumunan.

Sejak pagi, para relawan Tzu Chi Palembang dengan semangat dan suka cita telah berada di lokasi. Mereka saling bahu membahu mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 tersebut. Pada pukul 08.00 WIB, para peserta vaksin sudah mulai berdatangan. Sebelum mengikuti vaksinasi, terlebih dahulu para peserta dicek suhu tubuh, mematuhi protokol kesehatan yang ketat, dan peserta harus menunjukan KTP hasil screenshot yang sebelumnya peserta telah daftar di vaksinonline.com guna menghidar dari kerumunan.

Setelah lolos semua persyaratan, peserta diwajibkan mencuci tangan dan harus melalui E-Gate untuk scan barcode yang didapat setelah mendaftar melalui vaksinonline.com untuk menghindari kerumunan. Selanjutnya peserta diberi formulir dari hasil scan barcode sambil menunggu di ruang yang telah disiapkan sebelum menuju petugas registrasi untk mendapatkan nomor antrian.

Tim medis dari Kodim 0418/Palembang sedang memeriksa salah satu pasien yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19.

Tahap selanjutnya, para peserta meakukan screening kesehatan oleh tim nakes melalui proses tanya jawab. Apabila dinyatakan lulus, maka peserta diarahkan ke meja yang telah ditentukan untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Setelah selesai disuntik, para peserta menyerahkan berkas kepanitia dan diarahkan ke ruangan observasi selama 30 menit. Jika tidak ada timbul gejala alergi atau keluhan selama observasi, maka peserta tersebut di perbolehkan untuk pulang setelah mendapatkan sertifikat vaksinasi Covid-19.

“Vaksinasi yang dilakukan di sini, rapi, nyaman dan semuanya teratur. Apabila kembali ada vaksinasi, saya akan sarankan kepada keluarga dan teman-teman untuk vaksinasi disini karena suasannya sangat nyaman,” ungkap Tri Jayanti Sutejasalah satu peserta vaksinasi.

Relawan Tzu Chi Palembang menyerahkan sertifikat vaksinasi Covid-19 kepada peserta vaksin setelah selesai proses observasi.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini pun berjalan dengan lancar dan sukses. Selama beberapa hari pelaksana, sebanyak 11.073 peserta berhasil divaksinasi Covid-19. Kegiatan vaksinasi Covid-19 nantinya akan terus berlanjut hingga waktu yang belum ditentukan untuk terus mendukung program pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Memperluas Jangkauan Vaksinasi Hingga ke Kepulauan

Memperluas Jangkauan Vaksinasi Hingga ke Kepulauan

19 November 2021

TNI Angkatan Laut bersama Tzu Chi Biak melakukan kegiatan vaksinasi di Pulau Wundi, Distrik Padaido, Biak Papua, Selasa 16 November 2021.

Pemprov DKI Bersama Unsur TNI Polri Mulai Beri Vaksin untuk Warga Berumur 18+

Pemprov DKI Bersama Unsur TNI Polri Mulai Beri Vaksin untuk Warga Berumur 18+

18 Juni 2021

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan bantuan 70 kotak makanan vegetaris untuk para tenaga medis dan aparat TNI-Polri dan SatPol PP yang bertugas di sentra vaksinasi Nasional di Pasar Tanabang Blok F Jakarta Pusat.

Pemberian Vaksinasi MR dan Pengenalan Penyakit Kaki Gajah

Pemberian Vaksinasi MR dan Pengenalan Penyakit Kaki Gajah

26 Oktober 2018
Vaksinasi Measles Rubella (MR) atau yang dikenal dengan imunisasi rubella merupakan program yang menjadi prioritas pemerintah saat ini guna mengendalikan penyakit campak dan rubella yang mematikan. Tepat pada Jumat, 12 Oktober 2018 Posyandu LBLE Pondok 1 Long Buluh Estate bersama para anggota Dharmawanita Tzu Chi LBLE memberikan vaksinasi MR kepada anak–anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.
Bekerja untuk hidup sangatlah menderita; hidup untuk bekerja amatlah menyenangkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -