Menebar Cinta Kasih dalam Momentum Idul Fitri

Jurnalis : Surya Metal (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Syanny Wijaya, Saskia Elsa, Jennifer Liongianto (Tzu Chi Makassar)

Tzu Chi Makassar bekerja sama dengan Kelurahan Melayu Baru dan Kelurahan Bontola Parang, Kota Makassar membagikan 550 paket sembako cinta kasih Idul Fitri. Tampak Steven Ugiwan salah satu tunas relawan turut serta terjun ke lapangan pada pembagian.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Tzu Chi Makassar bekerja sama dengan Kelurahan Melayu Baru dan Kelurahan Bontola Parang, Kota Makassar membagikan paket cinta kasih Idul Fitri berupa sembako pada Minggu, 7 April 2024.  Sebelumnya, relawan Tzu Chi Makassar juga telah melakukan pembagian kupon paket sembako kepada warga dengan didampingi oleh RT dan RW setempat pada tanggal 4 dan 6 April 2024.

Saat pembagian kupon, para penerima bantuan juga diingatkan agar membawa kantong sendiri saat pembagian paket sembako. Tujuan dari membawa kantong sendiri yaitu untuk mengurangi sampah plastik yang dapat berdampak pada pencemaran lingkungan. 

Simbolis pembagian paket cinta kasih lebaran diserahkan oleh relawan Tzu Chi Makassar bersama Lurah Bontoala Parang, Ani Tandi Rapak, S.ST.

Pada hari pembagian paket sembako, relawan Tzu Chi Makassar berkumpul di titik pembagian untuk mengatur alur pembagian dan menyusun paket sembako. Sebanyak 550 paket sembako yang dibagikan kepada warga terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kg, 10 bungkus mi instan, dan susu kental manis 1 kaleng. Relawan Tzu Chi Makassar sangat bersukacita dan bersemangat karena kegiatan pembagian Paket Lebaran ini juga dihadiri oleh Lurah Bontoala Parang, Ani Tandi Rapak, S.ST. 

“Saya sangat berterima kasih kepada Tzu Chi Makassar yang sangat peduli dengan warga Kelurahan Bontoala Parang terutama yang kurang mampu. Semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin di wuilayah kami, karena banyak masyarakat setempat yang penghasilan dibawah UMR,” ungkap Ani Tandi Rapak, S.ST.

Relawan Tzu Chi Makassar sangat bersukacita dan mengucapkan terima kasih kepada penerima bantuan karena mendapat kesempatan berbagi di bulan suci Ramadan.

Pada kegiatan ini, banyak tunas relawan yang turut serta terjun ke lapangan, mulai dari pembagian kupon, hingga pembagian paket Idul Fitri. Diantaranya adalah Jennifer dan Steven Ugiwan yang bersemangat dan gigih mengikuti kegiatan sejak awal bagi kupon di sela-sela kesibukan kuliahnya. “Saya memang sedang tidak ada jadwal kuliah. Saya juga senang berbagi, tetapi tidak tau caranya, jadi saya ikut gabung di Tzu Chi,” ungkap Jennifer.

Begitu pula dengan Steven Ugiwan yang baru pertama kali ikut kegiatan bersama Tzu Chi Makassar. Ia merasa bersyukur karena banyak mendapat pelajaran lewat pembagian sembako ini. “Saya banyak mendapatkan pelajaran positif, salah satunya bagaimana Tzu Chi mengajarkan memberikan kepada sesama dengan kerendahan hati. Dengan mengucapkan Gan En kepada warga yang kita bantu, yang menurut saya itu sangat luar biasa,” kata Steven Ugiwan.

Indah (tengah), salah satu warga penerima paket cinta kasih lebaran merasa bahagia dan terharu mendapatkan perhatian dari Tzu Chi.

Rasa syukur dan haru juga dirasakan oleh Indah, salah seorang warga penerima bantuan. Indah pun sangat bersyukur dengan adanya kegiatan pembagian sembako ini. “Sangat bersyukur dengan adanya pembagian sembako ini. Sembako ini dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga selama sebulan dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada relawan yang sangat baik dan perhatian kepada warga yang kurang mampu dan terima kasih juga untuk Tzu Chi yang telah membantu kami untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan,” ungkap Indah dengan perasaan terharu.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Paket Cinta Kasih untuk Warga Percut Sei Tuan

Paket Cinta Kasih untuk Warga Percut Sei Tuan

02 April 2024

Dengan tema “Satu Orang Satu Kebajikan Menghimpun Cinta Kasih”, Tzu Chi Medan berbagi kasih dengan membagikan paket sembako bagi warga prasejahtera di Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Satu Paket Cinta Kasih, Menciptakan Seribu Senyuman

Satu Paket Cinta Kasih, Menciptakan Seribu Senyuman

05 April 2024

Relawan Tzu Chi Palembang mengadakan bakti sosial pembagian 1.430 paket sembako untuk menyambut Lebaran kepada warga di Kelurahan 13 dan 14 Ilir Palembang. 

Menjalin Silaturahmi dengan Berbagi Menjelang Idul Fitri

Menjalin Silaturahmi dengan Berbagi Menjelang Idul Fitri

05 April 2024

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan paket cinta kasih menyambut Hari Raya Idul Fitri di Kelurahan Darussalam yang lokasinya terpencil sehingga banyak orang membutuhkan jarang mendapatkan bantuan.

Kerisauan dalam kehidupan manusia disebabkan dan bersumber pada tiga racun dunia, yaitu: keserakahan, kebencian, dan kegelapan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -