Berbagi Kasih Serta Kebahagiaan kepada Anak-anak Panti Asuhan Al-Iman

Jurnalis : Saskia Elsa (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Syanny Wijaya (Tzu Chi Makassar)

Tim relawan memberikan bimbingan belajar kepada adik-adik panti agar mereka lebih ingat pelajaran yang telah mereka pelajari di sekolah, seperti Matematika, Bahasa Inggris, dan Tata Krama.

Para Relawan Tzu Chi Makassar melakukan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Al Iman, di Jalan Rajawali, Kota Makassar, Minggu 18 September 2022. Ada sekitar 26 anak panti yang mengikuti kegiatan belajar bersama relawan kali ini. Kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap dua kali dalam sebulan yaitu di pekan pertama dan ketiga.

Nuraisyah, relawan Tzu Chi yang menjadi Koordinator Kegiatan Belajar Bersama Anak Panti Asuhan ini mengatakan, kegiatan ini tidak hanya membantu anak-anak mengingat kembali pelajaran di sekolah, tetapi juga mengajarkan budi pekerti dan tata krama yang baik.

“Setelah proses pembelajaran, kami selipkan diskusi bersama adik-adik bagaimana budi pekerti dan tata krama yang baik agar tingkah lakunya lebih baik lagi untuk minggu-minggu selanjutnya,” kata Icha, sapaan akrabnya.

Seorang relawan memberikan stiker bintang kepada seorang anak yang telah maju ke depan memperkenalkan diri dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Keceriaan para relawan dan adik-adik panti mempraktikkan isyarat tangan Satu Keluarga.

Adapun beberapa pelajaran yang diberikan di antaranya Matematika, Bahasa Inggris, dan Tata Krama. Saat kegiatan belajar mengajar berlangsung relawan Tzu Chi dibagi dalam beberapa kelompok kelas sesuai dengan jenjang masing – masing. Untuk SD kelas 1 dan 2 relawan mengajarkan membaca dan menulis, untuk SD kelas 3 dan 4 relawan mengajarkan perkalian dan pembagian, untuk kelas SD 5 dan 6 fokus pada pembelajaran Bahasa Inggris. Sementara untuk jenjang SMP kelas 7 dan 8 fokus pada pembelajaran Bahasa Inggris yaitu kata sifat dan kata benda, dan untuk SMP kelas 9 dan jenjang SMA fokus pada pembelajaran Bahasa Inggris tentang kata sifat, kata benda dan nama – nama hari. Dalam pelaksanaan tersebut relawan juga menyelipkan pembelajaran budi pekerti.

Selesai kegiatan belajar, relawan Tzu Chi dan Tzu Ching juga memberikan kesempatan kepada adik – adik untuk maju ke depan memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Para relawan lalu memberikan stiker bintang kepada adik panti tersebut.  Relawan Tzu Chi dan Tzu Ching juga mengajarkan adik-adik di Panti Asuhan Al Iman isyarat tangan Satu Keluarga. Relawan juga memberikan penilaian kepada adik-adik dengan cara memberi stiker bintang yang harus mereka kumpulkan di akhir kegiatan.

Paket bingkisan berupa tas sekolah, sepatu sekolah, baju serta gula-gula untuk adik- adik panti.

Foto bersama para relawan Tzu Chi dan anak-anak Panti Asuhan Al Iman.

Tak lupa, para relawan juga memberi bingkisan berupa tas sekolah, sepatu sekolah, serta baju untuk adik- adik panti. Pada saat pembagian bingkisan, Nur Fadillah menyampaikan sesutau kepada para relawan.

“Semoga Shigu dan Shibo sehat selalu agar dapat mengunjungi anak – anak di panti,” ujarnya.

Adik – adik di panti asuhan memang sangat merasa senang dan berterima kasih kepada para relawan karena turut hadir dalam kegiatan belajar. Setelah kegiatan selesai, para relawan juga membagikan makanan dan juga permen kepada adik – adik  Panti Asuhan Al Iman. Di akhir acara ini, salah satu relawan Tzu Chi, Robin Johan, merayakan ulang tahun nya bersama adik-adik dengan membagikan makanan kotak kepada mereka.

Editor: Khusnul Khotimah  

Artikel Terkait

Bermain dan Bergembira Bersama di Panti Asuhan

Bermain dan Bergembira Bersama di Panti Asuhan

27 Februari 2017
Minggu, 19 Februari 2017 relawan Tzu Chi untuk mengadakan kunjungan ke Panti Asuhan Yayasan Kasih Mandiri Bersinar yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Berbagi Kasih dan Mensosialisasikan Pelestarian Lingkungan di Panti Asuhan

Berbagi Kasih dan Mensosialisasikan Pelestarian Lingkungan di Panti Asuhan

28 Desember 2022

Dalam momen Natal, relawan Tzu Chi Pekanbaru mengadakan kunjungan kasih ke Panti Asuhan Anugrah pada Sabtu, 17 Desember 2022. 

Bulan Kasih Sayang di Panti Asuhan

Bulan Kasih Sayang di Panti Asuhan

10 Maret 2023

Dengan penuh keceriaan, relawan Muda-Mudi Tzu Chi Pekanbaru bercengkrama dengan anak-anak di Panti Asuhan Amuri Pekanbaru (26/2/2023).

Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -