Mengajak Masyarakat Berdonasi Lewat Bazar Amal

Jurnalis : Putri Millenia Hadinata (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Megawati, Suwandi (Tzu Chi Palembang)

Relawan Tzu Chi Palembang mengadakan bazar amal untuk masyarakat yang tinggal di sekitar Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Soak pada Sabtu dan Minggu, 14 - 15 Oktober 2023.

Relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Kemuning mengadakan bazar amal untuk masyarakat yang tinggal di sekitar Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Soak pada Sabtu dan Minggu, 14 - 15 Oktober 2023. Pada kegiatan bazar amal kali ini tersedia baju baru maupun baju, sepatu, tas, dan boneka layak pakai yang dapat dibeli masyarakat dengan harga yang relatif terjangkau, yakni Rp.10.000 untuk 3 buah pakaian dan Rp 5.000 untuk sepasang sepatu atau sebuah tas.

Kegiatan bazar ini dilakukan dengan tujuan mengenalkan Tzu Chi dan Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Tzu Chi kepada masyarakat sekitar. Selain itu kegiatan bazar amal ini juga memberikan kesempatan kepada warga untuk ikut bersumbangsih baik berdana maupun membeli barang-barang yang masih dapat digunakan kembali. Seluruh hasil dari bazar amal yang terkumpul akan dialokasikan untuk Misi Amal Tzu Chi dalam membantu para Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) yang membutuhkan.

Kegiatan bazar amal ini menjual baju, sepatu, tas, dan boneka layak pakai yang dapat dibeli masyarakat dengan harga yang relatif terjangkau.

Ella, salah satu pengunjung bazar amal dengan anak muridnya Aditiya yang aktif membantu kegiatan bazar amal di Tzu Chi Palembang.

Manfaat kegiatan bazar amal ini pun dapat dirasakan dengan jelas oleh Ella, salah satu dari 300 pengunjung bazar. Ia juga baru pertama kali menghadiri kegiatan ini. “Ini sangat membantu sekali untuk masyarakat disini. Apalagi mereka bisa mendapatkan pakaian berkualitas baik dengan harga terjangkau,” ungkap Ella. Ia juga berharap kegiatan bazar amal ini bisa dilakukan kembali supaya masyarakat terutama masyarakat wilayah Soak Simpur bisa terbantu dengan adanya kegiatan ini.

Hal yang menarik dalam bazar kali ini saat Ella yang bertemu salah satu anak didiknya yaitu Aditiya Saputra yang ikut membantu bazar amal di Tzu Chi. “Saya mengapresiasi, apalagi di sini secara kebetulan saya bertemu ada salah satu relawan kecil yang merupakan anak didik saya di sekolah. Saya senang karena dia juga melakukan hal positif di sini,” kata Ella.

Dalam kegiatan bazar amal ini juga diadakan pengenalan, manfaat, cara penggunaan eco enzyme, serta pembagian cairan eco enzyme kepada masyarakat.

Kegiatan bazar amal ini pun ini berlangsung dengan baik dan lancar karena kerja sama para relawan. “Di sini banyak ya pakaian dan sepatu yang sudah tidak dipakai oleh donatur kemudian disumbangkan ke Tzu Chi. Setelah diterima, pakaian dan sepatu langsung tersebut dibersihkan dan dipilah sesuai dengan jenisnya. Pakaian ini masih sangat bagus dan layak pakai sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ucap Syelvana Tanery, salah satu relawan Tzu Chi Palembang.

Selani menjual pakain, pada bazar amal kali ini juga diadakan edukasi tentang manfaat penggunaan eco enzyme. Para pengunjung bazar amal juga diajarkan cara membuat eco enzyme sehingga ke depannya sampah dapur yang mereka hasilkan tidak dibuang begitu saja. Para pengunjung bazar juga dibagikan cairan serbaguna eco enzyme untuk dapat dianfaatkan di rumah.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Mengajak Masyarakat Berdonasi Lewat Bazar Amal

Mengajak Masyarakat Berdonasi Lewat Bazar Amal

20 Oktober 2023

Relawan Tzu Chi Palembang mengadakan bazar amal untuk masyarakat yang tinggal di sekitar Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Soak pada Sabtu dan Minggu, 14 - 15 Oktober 2023.

Bazar Pakaian Menyambut Idul Fitri

Bazar Pakaian Menyambut Idul Fitri

02 Mei 2023
Relawan Tzu Chi Jambi mengadakan bazar amal dengan menyediakan pakaian-pakaian layak pakai untuk warga agar dapat merayakan lebaran dengan penuh sukacita. Baju yang dijual mulai dari 5 ribu sampai 10 ribu rupiah.
Memberikan sumbangsih tanpa mengenal lelah adalah "welas asih".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -