Mengajak Masyarakat Bervegetaris Lewat Vegetarian Food Bazar

Jurnalis : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan), Fotografer : Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan)

Relawan bergotong-royong menyiapkan meja dan menyusun taplak meja sebelum Vegetarian Food Bazar dimulai di depan Kantor Tzu Chi Medan.

Salah satu gaya hidup sehat yang semakin diminati oleh masyarakat, yaitu menjadi seorang vegetarian. Sebagian dari mereka yakin bahwa dengan menerapkan pola makan berbasis nabati bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Gaya hidup vegetarian juga telah dianjurkan oleh Pendiri Tzu Chi, Master Cheng Yen sejak lama. Berbagai sosialisasi dan ajakan untuk bervegetaris bahkan telah dimulai sejak tahun 2003, ketika wabah SARS merebak di wilayah Asia. Sejak saat itu, Master Cheng Yen menghimbau para relawan untuk terus menggalakkan gaya hidup vegetarian sebagai sebuah program berkelanjutan.

Pada Minggu, 27 Agustus 2023, relawan Tzu Chi Medan komunitas Hu Ai Petisah mengadakan kegiatan Vegetarian Food Bazar atau mini bazar di depan Kantor Tzu Chi Medan. Tujuan diadakan kegiatan ini untuk mengajak para masyarakat luas untuk belajar bervegetaris. Makanan vegetarian yang dijual dalam kegiatan ini dibanderol dengan harga terjangkau dan banyak variasi menu untuk diperkenalkan serta dinikmati oleh masyarakat luas.

PIC kegiatan, Collie Juang Shijie (kanan) ikut melayani para pembeli dan memperkenalkan berbagai jenis makanan yang dijual.

Sejak pagi, nampak relawan sudah berada di Kantor Tzu Chi Medan untuk mendirikan tenda, menyusun meja, serta mempersiapkan aneka makanan dan kue yang akan dijual. Collie Shijie, relawan yang menjadi PIC kegiatan juga mengkoordinasikan semua relawan yang akan berada di stand untuk menjalankan tugas masing-masing.

Stand yang ada dalam bazar ini yaitu nasi padang, nasi urap, nasi bunga telang, dan nasi perang, aneka mie menjual spaghetti bolognese, mie goreng, kwetiau goreng dan bihun goreng. Selain itu, aneka kue juga dijual dalam kegiatan ini seperti kue lapis, bugis, lemper, putri mandi dan lainnya. Tak ketinggalan, aneka makanan gorengan juga dijual seperti risol dan karipok. Beragam cake juga ikut disajikan dalam bazar ini seperti marmer cake, mini roll bolu, bolu kukus, dan brownies.

Masyarakat sedang memilih aneka kue dan makanan yang dijual dalam Vegetarian Food Bazar.

Setelah selesai koordinasi, relawan yang bertugas kembali ke stand masing-masing dan siap melayani pembeli. Beberapa pembeli pun telah berdatangan dan melihat apa saja makanan yang dijual. Makanan yang dijual dalam kegiatan bazar ini cukup dengan harga Rp.10.000 saja. Karena dibanderol dengan harga yang murah, banyak masyarakat yang mencoba makanan vegetarian ini.

“Tujuan kami membuat kegiatan ini untuk mengajak masyarakat belajar bervegetaris dan memperkenalkan berbagai macam makanan vegetarian yang bisa diolah serta bisa memberikan ide kepada mereka untuk membuat menu masakan vegetarian,” ujar Collie Juang.

Relawan memperkenalkan Tzu Chi kepada Liecu yang hadir dalam Vegetarian Food Bazar karena sedang berlajar berpola hidup vegetaris.

Setelah membeli makanan, beberapa masyarakat memilih untuk langsung menyantap hidangan tersebut. Sembari menyantap makanan, beberapa relawan juga datang menghampiri ke meja-meja untuk mengajak berbincang kepada masyarakat dan memperkenalkan Tzu Chi. Salah satu masyarakat yang hadir dalam bazar ini adalah Liecu (56). Ia pun sangat tertarik datang ke Vegetarian Food Bazar ini karena sedang belajar untuk bervegetaris.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, karena kita diajak untuk bersama-sama melindungi bumi dan kita diajak bervegetarian karena baik bagi kesehatan kita kedepannya,” kata Liecu. Setelah pukul 11:00 semua makanan dan kue sudah habis terjual. Relawan kemudian bergotong-royong menyimpan semua peralatan seperti meja, kursi, tenda, meja makan, dan perlengkapan lainnnya.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Bazar Vegetarian: Team Work yang Solid

Bazar Vegetarian: Team Work yang Solid

02 Juli 2013 Bazar vegetarian ini pertama kali diadakan di Aula Jing Si. Sebelum acara resmi dimulai para relawan dan pengunjung sudah mulai memadati tempat diadakannya bazar vegetarian ini. Lebih dari sepuluh ribu pengunjung hadir untuk mencicipi berbagai masakan vegetarian sekaligus sambil berdana.
Bazar Vegetarian:  Partisipasi Stan Luar Kota

Bazar Vegetarian: Partisipasi Stan Luar Kota

16 Juli 2013 Semua pendapatan dari Vegetarian Food Festival kali ini sepenuhnya disumbangkan untuk dana pembangunan Gedung Sekolah SMP dan SMA Tzu Chi School, PIK.
Bazar Vegetarian: Melestarikan Lingkungan dengan Vegetarian

Bazar Vegetarian: Melestarikan Lingkungan dengan Vegetarian

09 Juli 2013 Berminggu-minggu lamanya para relawan mempersiapkan kepeluan untuk bazaar kali ini. Namun, tidak pernah sekali pun terdengar keluhan. Justru semangat itu sendiri terus dijaga hingga acara pun berakhir.
Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -