Mengembangkan Keyakinan, Tekad, dan Praktik Nyata

Jurnalis : Megawati (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Megawati, M. Fajar Siddik (Tzu Chi Palembang)

Sebanyak 64 relawan mengikuti pelatihan Abu Putih. Tampak mereka sangat fokus mendengarkan materi yang disampaikan.

Dengan semangat dan tekad melatih diri, sejak pukul 07.30 WIB sebanyak 68 relawan Tzu Chi Palembang kembali berkumpul guna mengikuti pelatihan Abu Putih ke-1 pada Minggu, 10 Desember 2023. Bertempat di Kantor Tzu Chi Palembang, kali ini tema yang diusung adalah  Memperkuat Akar Keyakinan untuk Membimbing Sesama.

Pelatihan ini dimulai dengan memberikan penghormatan kepada Master Cheng Yen, kemudian menyanyikan Mars Tzu Chi serta pembacaan 10 Sila Tzu Chi yang merupakan pedoman dalam kehidupan serta dalam menjalankan kegiatan Tzu Chi yang dipandu oleh  Hevy Triana.

Di sesi pertama para peserta diajak Suharjo Marzuki, Wakil Ketua Tzu Chi Palembang untuk mendalami materi  tentang Pengenalan 37 Faktor Pencerahan. Materi ini diangkat dari “Buku 37 Faktor Pendukung Pencapai Pencerahan.”  Buku  tersebut juga merupakan salah satu buku panduan relawan dalam melatih diri yang berisi tentang 4 Landasan Perenungan, 4 usaha benar, 4 landasan keberhasilan, 5 akar dan 5 kekuatan, 7 Faktor pencerahan dan 8 ruas jalan mulia.

Suharjo Marzuki membawakan materi Pengenalan 37 Faktor Pencerahan.

Materi Budaya Humanis dipaparkan oleh Marta.

Marta membawakan materi tentang Budaya Humanis. Banyak pesan yang disampaikan dalam paparannya, salah satunya budaya humanis harus dimulai dari diri sendiri dengan melatih kemandirian dan meningkatkan kepribadian mulai dari cara berseragam, cara makan, berbaris, duduk, jalan serta saat tidur. Selain itu Marta mengungkapkan kebahagiaannya melihat para peserta mengenakan seragam abu putih.

“Harapan saya nantinya shixiong shijie bisa ikut pelatihan - pelatihan berikutnya, seperti yang Shi Xiong Suharjo bilang tadi nantinya kita menjadi komite, menjadi murid Master Cheng Yen,” ujarnya.

Pembahasan Misi Amal yang merupakan salah satu dari 4 misi utama Tzu Chi dipaparkan oleh Novriko.

Tidak ketinggalan pembahasan mengenai misi amal yang merupakan akar dari Tzu Chi yang dipaparkan oleh Novriko. Ia menyampaikan bagaimana dengan rasa hormat, kasih serta empati dari setiap relawan dapat menginspirasi yang mampu untuk membantu yang kurang mampu, serta membimbing yang kurang mampu untuk lebih mandiri.

Dari Penerima Bantuan Terinspirasi Menjadi Relawan
Agusyanto (52) merupakan ayah dari Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) Rizky (12) yang kali ini mengikuti pelatihan Abu Putih. Ia menceritakan, berawal dari sering mengikuti Gathering Gan En Hu yang diadakan satu bulan sekali. Ada sebuah kalimat dari ceramah Master yang membuat hatinya terketuk. “Master mengatakan jika ingin melihat masa lampau, maka lihatlah masa ini, jika ingin melihat masa depan maka lihat lah apa yang telah kita lakukan pada hari ini.”

Kalimat ini lah yang menjadi tekad Agusyanto untuk membalas kebaikan yang telah diterimanya dengan menjadi barisan relawan Tzu Chi. Kini ia pun giat mengikuti berbagai kegiatan di Tzu chi guna membantu lebih banyak orang yang membutuhkan.

Agusyanto bertekad untuk bergabung dalam barisan relawan Tzu Chi.

Dengan bertobat dan memperbaiki diri baru dapat menghapus kegelapan batin. Diharapkan dengan adanya training Abu putih kali ini setiap relawan dapat mempertahankan tekad awal dan mewarisi tekad guru dengan menjalankan ikrar yang tulus untuk menyucikan hati setiap manusia.

”Melakukan apa saja harus dimulai dari sebuah tekad, sebagaimana menanam pohon dimulai dari menanamkan sebutir benih” Kata Perenungan Master Cheng Yen.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menumbuhkan dan Mempraktikan Cinta Kasih Secara Nyata

Menumbuhkan dan Mempraktikan Cinta Kasih Secara Nyata

22 Juni 2023

Sebanyak 61 relawan pada training relawan Abu Putih Ketiga yang dilakukan di Xi Zhe Ting, Aula Jing Si, Minggu 11 Juni 2023.

Pelatihan Relawan Biru Putih: Manfaatkanlah Waktu dengan Bijaksana

Pelatihan Relawan Biru Putih: Manfaatkanlah Waktu dengan Bijaksana

15 Oktober 2015

“Pada umumnya orang tidur 8 jam sehari. Jika usianya 60 tahun berarti selama 20 tahun (sama dengan 17.520 jam), waktunya  sudah dipakai hanya untuk tidur,” papar Andy Wang, yang menjadi pembicara  ‘Ilmu Ekonomi Kehidupan’ pada Pelatihan Relawan Biru Putih pada Sabtu, 10 Oktober 2015 di Aula Jing Si, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Dari Bencana Hati menjadi Cinta Kasih

Dari Bencana Hati menjadi Cinta Kasih

23 September 2016

Pelatihan Relawan Abu Putih digelar di Plaza Summarecon, Jakarta Utara oleh relawan Tzu Chi He Qi Timur yang diikuti sebanyak 62 relawan. Banyak sharing yang diperoleh relawan selama pelatihan mulai daribudaya humanis, sejarah awal Tzu Chi, hingga sharing pengalaman berjalan di jalan Tzu Chi.

Penyakit dalam diri manusia, 30 persen adalah rasa sakit pada fisiknya, 70 persen lainnya adalah penderitaan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -