Menggalang Hati melalui Sosialisasi Calon Relawan Tzu Chi

Jurnalis : Surya Metal (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Hardianti, Muh. Satria Trisaka (Tzu Chi Makassar)

Vivi Thunru memaparkan materi terkait awal mula berdirinya Tzu Chi, juga tentang Master Cheng Yen pendiri Tzu Chi, lalu juga tentang visi dan misi Tzu Chi.

Tzu Chi Makassar mengadakan ramah tamah dan sosialisasi calon relawan, Minggu 30 Juli 2023. Fuady sebagai MC membuka acara dan Vivi Thunru selaku pembawa materi memaparkan tentang awal mula berdirinya Tzu Chi, tentang Master Cheng Yen, serta tentang visi dan misi Tzu Chi.

“Tzu Chi bertujuan mengajak orang untuk peduli dan melakukan kebaikan. Tzu Chi juga merupakan wadah untuk pembinaan diri. Salah satu dari empat misi utama Tzu Chi adalah amal sosial. Di sini insan Tzu Chi menggalang dana untuk menggalang hati. Niat baik harus diwujudkan dengan berbuat baik pada sesama,” terang Vivi.

Penampilan isyarat tangan Kuai Le de Peng You membuat para relawan dan calon relawan merasa senang dan bersemangat.

Ivy Azali Shigu, relawan yang bergabung dan merupakan pendiri Tzu Chi di Kota Makassar turut membagikan kisahnya.

Pada sosialisasi ini, para relawan menampilkan isyarat tangan Kuai Le de Peng You. Ivy Azali, relawan yang bergabung di Tzu Chi sejak tahun 2000 juga berbagi kisahnya mengenal Tzu Chi. Vengky Thio, salah satu penerima bantuan bedah rumah Tzu Chi Makassar juga berbagi kisahnya bisa dibantu Tzu Chi.

“Saya berterima kasih dan bersyukur kepada Tzu Chi yang dapat membedah rumah orang tua saya yang tidak layak huni menjadi layak dan nyaman untuk ditinggali,” katanya.

Vengky Thio, berbagi kisahnya dapat dibantu oleh Tzu Chi berupa bedah rumah.

Acara ditutup dengan memperagakan lagu isyarat tangan berjudul Satu Keluarga. Gerakan isyarat tangan bukan hanya sebagai sarana komunikasi, melainkan juga dikembangkan dan dikemas menjadi pertunjukan yang menarik serta menjadi budaya yang sering ditampilkan dalam acara-acara Tzu Chi. Dalam berbagai kegiatan, isyarat tangan sering kali menjadi aktivitas bersama yang dapat mempererat interaksi antara relawan dan masyarakat luas.

“Setiap kebajikan yang ditanam di masa ini, akan menjadi buah kebaikan yang kita petik di hari esok”
-Kata Perenungan Master Cheng Yen-

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Sosialisasi Relawan Baru Selatpanjang

Sosialisasi Relawan Baru Selatpanjang

13 Desember 2017
Agar warga mengenal lebih dalam Tzu Chi, relawan Tzu Chi Selatpanjang mengadakan sosialisasi relawan baru supaya bisa terus menggarap ladang berkah dan menebarkan cinta kasih.
Mengenal Langkah Tzu Chi

Mengenal Langkah Tzu Chi

04 April 2014 semakin yakin bahwa langkah yang dipilih keduanya tidak salah. Bahkan sebelum meninggalkan acara, keduanya sempat terlihat mengambil celengan bambu untuk memulai satu langkah kecil mengikuti jejak langkah Master Cheng Yen.
Sosialisasi Relawan Baru di Tzu Chi Batam

Sosialisasi Relawan Baru di Tzu Chi Batam

01 April 2022

Untuk pertama kalinya di tahun 2022, Tzu Chi Batam mengadakan sosialisasi relawan baru secara offline pada Minggu, 27 Maret 2022 di Aula Jing Si Batam. Kegiatan ini diikuti oleh 104 peserta dan relawan.

Kekuatan akan menjadi besar bila kebajikan dilakukan bersama-sama; berkah yang diperoleh akan menjadi besar pula.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -