Menghirup Dharma

Jurnalis : Christine Desyliana ( He Qi Barat 1), Fotografer : Bobby, Rachmat Sudarmanto, Frans Sudandy (He Qi Barat 1)

Yanny dan peserta relawan lainnya dari komunitas He Qi Barat 1 mencatat dan mendengarkan dengan  khidmat pembabaran Dharma Master Cheng Yen dalam kegiatan Xun Fa Xiang yang berlangsung di ruangan Budaya Humanis Sekolah Cinta  Kasih Tzu Chi, Cengkareng Jakarta Barat.

“Nilai kebenaran dan kebajikan bukan dari seberapa banyaknya buku yang Anda baca dan bukan pula seberapa banyaknya hal yang Anda dengar, namun terletak pada seberapa banyaknya yang mampu Anda terapkan dalam hidup Anda. “
 (Dharma Master Cheng Yen)

Pada 30 April 2023, 52 relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Barat 1 bersama-sama menghirup (menyaksikan tayangan video dan mendengar) Dharma dari Master Cheng Yen yang membabarkan Dharma pada acara Lentera Kehidupan yang bertemakan “Teguh pada Tekad Awal untuk Menyelami Sutra Teratai”.

Sepenggal wejangan Master Cheng Yen ini mengatakan, “Sutra teratai mengajari kita untuk membangun ikrar dan tekad untuk  membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, melangkah dengan mantap, dan terus menghimpun jalinan jodoh dengan semua makhluk.”

Relawan Tzu Chi Tim Sheng Hok Zu (pelayanan) melayani para peserta yang hadir dengan menyajikan teh hangat dan kudapan untuk 52 orang peserta yang hadir di ruangan Budaya Humanis Sekolah Cinta  Kasih Tzu Chi, Cengkareng Jakarta Barat.

Hema moderator kegiatan Xun Fa Xiang sedang menjelaskan empat  Misi Utama dan delapan langkah Tzu Chi kepada 52 orang peserta yang hadir di ruangan Budaya Humanis Sekolah Cinta  Kasih Tzu Chi, Cengkareng Jakarta Barat.

Hema moderator kegiatan Xun Fa Xiang ini meminta beberapa relawan Tzu Chi yang baru bergabung di Tzu Chi untuk berbagi (sharing) apa yang telah saksikan, didengar dan dipahami.

Suhermin, Hangga, dan Sumiyati mereka bertiga ingin menjadi relawan Tzu Chi karena berjodoh dengan nilai-nilai budaya humanis Yayasan Buddha Tzu Chi. Mereka berkeingingan mengarap ladang berkah melalui empat misi Tzu Chi dan delapan jejak Dharma agar hidup mereka lebih bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

Mendengar sharing-sharing para peserta kegiatan Xun Fa Xiang, ternyata berkesinambungan dengan penjelasan Yuni Gunawan Koordinator kegiatan Xun Fa Xiang ini.

Hangga, salahsatu peserta Xun Fa Xiang memberikan sharing kepada para peserta bagaimana dirinya berkeinginan menjadi relawan Tzu Chi. Hangga berkeingingan mengarap ladang berkah melalui empat misi Tzu Chi dan delapan jejak Dharma agar hidup mereka lebih bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

Yuni Gunawan Koordinator kegiatan Xun Fa Xiang Komunitas He Qi Barat 1 menjelaskan kegiatan Xun Fa Xiang agar relawan Tzu Chi dapat memahami apa yang diinginkan Master Cheng Yen sehingga semua relawan Tzu Chi dapat  bisa sepaham, sepakat, dan sejalan dalam mewariskan ajaran Jing Si dan mazhab Tzu Chi.

Kegiatan Xun Fa Xiang ini bertujuan agar relawan Tzu Chi dapat memahami apa yang diinginkan Master Cheng Yen sehingga semua relawan Tzu Chi di dunia bisa sepaham, sepakat, dan sejalan dalam mewariskan ajaran Jing Si dan mazhab Tzu Chi demi menyucikan hati manusia, masyarakat harmonis dan dunia bebas bencana.

Langit biru sangat indah berawan dan matahari bersinar cemerlang di pagi hari mengantar para relawan Tzu Chi untuk beraktivitas masing-masing setelah menghirup (menyaksikan tayangan video dan mendengar) Dharma dari Master Cheng Yen yang membabarkan Dharma pada acara Lentera Kehidupan.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Harumnya Dharma di Pagi Hari

Harumnya Dharma di Pagi Hari

30 Mei 2018
Pada Sabtu, 26 Mei 2018, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1 melakukan Xun Fa Xiang di Ruang Budaya Humanis, Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng. Kegiatan ini pun diikuti oleh 17 relawan Tzu Chi.
Sukacita Bersama dalam Menyelami Dharma

Sukacita Bersama dalam Menyelami Dharma

04 Maret 2024

Minggu, 25 Februari 2024, pukul 6.30 pagi, relawan Tzu Chi Komunitas He Qi Barat 1 telah berkumpul di Ruangan Budaya Humanis, Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng untuk mengikuti Xun Fa Xiang.

Menghirup Dharma

Menghirup Dharma

09 Mei 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1 berkumpul di ruangan Budaya Humanis Sekolah Cinta  Kasih Tzu Chi, Cengkareng Jakarta Barat. Mereka mengadakan kegiatan Xun Fa Xiang (menghirup harumnya Dharma) pada 30 April 2023.

Kita hendaknya bisa menyadari, menghargai, dan terus menanam berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -