Menjadi Duta Kebersihan

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhamad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Pemilahan barang daur ulang dan sosialisasi pelestarian lingkungan digelar setiap bulannya di minggu ketiga bersama relawan Summarecon Peduli.

Relawan Tzu Chi bandung berkolaborasi dengan relawan Summarecon Peduli untuk melakukan kegiatan sosialisasi pelestarian lingkungan dan pemilahan sampah daur ulang yang dilaksanakan di area parkir Pasar Modern Sinpasa Summarecon Bandung, 17 Februari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan pelestarian lingkungan sekaligus untuk mengedukasi para peserta agar lebih peka dan peduli lingkungan dengan pemilahan sampah daur ulang. Ada pula pembekalan materi mengenai misi pelestarian lingkungan Tzu Chi yang diharapkan dapat menyentuh masyarakat umum untuk turut serta dalam melestarikan lingkungan dengan pemilahan sampah daur ulang, mengingatkan akan kondisi bumi yang semakin hari semakin memprihatinkan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak lagi masyarakat yang sadar akan pentingnya mejaga lingkungan.

Sebanyak 32 relawan Tzu Chi dan 15 relawan Summarecon Peduli bertekad menjadi duta pelestariang lingkungan.

“Hari ini saya happy dan senang sekali hari ini kegiatan perdana pelestarian lingkungan di Summarecon Bandung semoga kegiatan ini dapat berjalan secara konsisten dan berkelanjutan dan semoga dapat mengajak warga yang berbelanja di pasar dapat turut serta dalam kegiatan ini,” kata Rudi Hartono, relawan Summarecon Peduli.

Sebagai relawan Tzu Chi yang giat berkecimpung dalam misi pelestarian lingkungan Ronny Christian berharap dengan edukasi ini akan semakin banyak masyarakat yang lebih peduli betapa pentingnya mengolah sampah dan mengimbau setiap relawan Tzu Chi dapat menjadi duta pelestarian lingkungan di lingkungannya masing-masing. Ia juga menjelaskan bahawa dari setiap sampah yang dipilah dan didaur ulang dapat menjadi benih-benih cinta kasih karena dari sampah menjadi emas, emas menjadi cinta kasih.

Ronny Christian berharap dengan edukasi ini akan semakin banyak masyarakat yang lebih peduli betapa pentingnya mengolah sampah.

Rudi Hartono, relawan Summarecon Peduli ingin kegiatan ini dapat berjalan secara konsisten dan berkelanjutan dan semoga dapat mengajak warga yang berbelanja di pasar dapat turut serta dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

“Setiap relawan diharapkan dapat menjadi duta kebersihan, duta pelestarian lingkungan, artinya apa yang didapatkan hari ini akan menjadi sebuah pelajaran yang akan ditularkan ke lingkungan setiap relawan sehingga benih baik ini tidak hanya berhenti sampai di sini, tapi itu akan ditularkan ke masing-masing lingkunga,” ucap Ronny Christian. “Selama ini kita memperlakukan sampah sebagai suatu limbah yang harus dijauhi, namun sebenarnya dari limbah sampah ini kita sudah harus berhenti menyebut sebagai sampah, tapi ini adalah sebuah bahan dasar untuk dijadikan emas. Mengapa emas? karena ketika sebuah sampah diperlakukan dengan hormat, didaur ulang dan dijual, akan menghasilkan nilai dan bisa menjadikan itu sebuah benih cinta kasih untuk menolong sesama,” lanjutnya.

Relawan pun berharap kegiatan sosialisasi pelestarian lingkungan dan peran serta relawan dalam menjaga lingkungan hidup dapat menginspirasi banyak masyarakat untuk selalu peduli dan menjaga kondisi Bumi agar tetap lestari.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Semangat Pelestarian Lingkungan Memanggil Tunas Relawan

Semangat Pelestarian Lingkungan Memanggil Tunas Relawan

26 Agustus 2022
Kegiatan Pelestarian Lingkungan di RPTRA Melati Duri Pulo kembali diadakan untuk pertama kalinya sejak pandemi covid-19. Kali ini terdapat jodoh baik dari empat Tunas Relawan yang baru pertama kali ikut Pelestarian Lingkungan sehingga menambah semangat semua relawan.
Sepasang Tangan untuk Alam

Sepasang Tangan untuk Alam

15 Agustus 2016
Peresmian Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi pertama di Ehipassiko School BSD Tangerang sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar ditanamkan sejak dini kepada anak-anak sekolah. Harapannya agar generasi penerus bangsa ini bisa menghargai lingkungandan mencintai bumi yang semakin sakit.
Bersemangat dan Tekun Dalam Kegiatan Pemilahan Barang Daur Ulang

Bersemangat dan Tekun Dalam Kegiatan Pemilahan Barang Daur Ulang

09 Oktober 2015
Sekilas mundur ke akhir tahun 2014, atas dorongan semangat dari Johnny Chandrina dan Elly Chandra  agar di setiap komunitas (He Qi) Barat dapat melakukan kegiatan pemilahan barang daur ulang maka relawan Tzu Chi di komunitas Kebon Jeruk 3 berusaha mencari lokasi tempat pemilahan.
Dalam berhubungan dengan sesama hendaknya melepas ego, berjiwa besar, bersikap santun, saling mengalah, dan saling mengasihi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -