Menjadi Madrasah Hijau Bersama Tzu Chi

Jurnalis : Hidayat Sikumbang (DAAI TV), Fotografer : Hidayat Sikumbang (DAAI TV)
Para murid Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri 1 Langkat membawa sampah daur ulang untuk dikumpulkan di titik daur ulang yang baru saja diresmikan di lingkungan sekolah mereka.

Relawan Tzu Chi menggandeng beberapa instansi pendidikan demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Baru-baru ini, Tzu Chi Tanjung Pura menggandeng Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri 1 Langkat, yang terletak di Kecamatan Tanjung Pura dengan mendirikan sebuah titik daur ulang atau green point di dalam areal madrasah. Kehadiran titik daur ulang ini tentu semakin meningkatkan semangat para relawan dalam menggandeng instansi pendidikan agar terciptanya generasi muda yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Sebelumnya, Noni yang merupakan seorang relawan menjelaskan, hubungan antara Tzu Chi dan MTS Negeri 1 Langkat bermula ketika salah seorang guru berbelanja di tempat usahanya. Sang guru tertarik ketika melihat Noni aktif melakukan kegiatan pelestarian lingkungan di sekitar tempat ia tinggal, dengan menampung beberapa sampah daur ulang milik warga sekitar. Noni pun menyempatkan diri untuk menyampaikan pentingnya menjaga lingkungan kepada para pembelinya. Sejak saat itulah, jalinan jodoh antara Tzu Chi Tanjung Pura dan MTS Negeri 1 Langkat dimulai.

Relawan Tzu Chi kemudian aktif berkomunikasi dengan pihak kepala madrasah, untuk mendirikan titik daur ulang. Pihak MTS Negeri 1 Langkat pun menyambut baik informasi serta ajakan untuk berkolaborasi terkait pendirian titik daur ulang di sekolah mereka.

Syamsul Bahri, Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri 1 Langkat memberi kata sambutan dan mengungkapkan rasa sukacitanya.

Pada Rabu, 14 Desember lalu, Relawan Tzu Chi dan MTS Negeri 1 Langkat resmi mendirikan sebuah titik daur ulang untuk menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan asri. Selaras dengan misi madrasah yang berniat untuk mewujudkan instansi pendidikan yang hijau dan ramah lingkungan, titik daur ulang ini menjadi sebuah langkah kecil dalam penerapan sehari-harinya.

“Ini menyambung dengan visi madrasah kami, menjadi generasi yang berwawasan lingkungan. Jadi kami sangat tertarik. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih pada relawan Tzu Chi yang sudah berkunjung dan menyerahkan bantuan green point yang sangat bermanfaat bagi madrasah kami,” ungkap Syamsul Bahri, kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Langkat.

Ini merupakan titik daur ulang ke-46 yang telah berhasil didirikan oleh para relawan. Semangat untuk terus mensosialisasikan misi pelestarian lingkungan, selalu diupayakan oleh setiap relawan Tzu Chi di seluruh daerah. Menurut Noni, relawan Tzu Chi Tanjung Pura, menghadirkan titik daur ulang di instansi pendidikan menjadi salah satu cara agar para generasi penerus bangsa sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat. Di tangan mereka juga lah, masa depan Bumi berada.

“Sejak 2018 kami sudah meresmikan 2 titik green point di sekolah di wilayah Tanjung Pura karena sekolah adalah tempat mendidik murid. Jadi guru perannya penting untuk sosialisasi ke murid, nanti murid ke rumah bisa sosialisasi orang tua. Jadi sangat bagus,” ungkap Noni. Selain mengedukasi mengenai pelestarian lingkungan kepada para murid, relawan juga berkesempatan untuk menyosialisasikan akan bahaya sampah.

Sebuah titik daur ulang merupakan satu langkah kecil yang berdampak besar untuk lingkungan, khususnya lingkungan sekolah. Relawan berharap kehadiran titik daur ulang ini dapat mengurangi polusi akan sampah plastik, kertas, hingga botol air mineral di lingkungan pendidikan.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Peresmian Dua Titik Green Point di Kota Medan

Peresmian Dua Titik Green Point di Kota Medan

14 Januari 2022

Relawan Tzu Chi Medan meresmikan titik pemilahan barang daur ulang (Green Point) di Skyview Setiabudi Apartment dan Grand Central Hotel, Kota Medan.

Menjadi Madrasah Hijau Bersama Tzu Chi

Menjadi Madrasah Hijau Bersama Tzu Chi

23 Desember 2022
Relawan Tzu Chi dan MTS Negeri 1 Langkat resmi mendirikan sebuah titik daur ulang di lingkungan MTS untuk menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan asri.
Peresmian Titik Green Point di Kompleks Permata Prima

Peresmian Titik Green Point di Kompleks Permata Prima

23 November 2021

Relawan Tzu Chi di Komunitas Hu Ai Titikuning Medan meresmikan titik Green Point di Kompleks Permata Prima Jl Brigjend Zein Hamid Gg Rapi, Medan pada 13 November 2021.

Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -