Menjaga Bumi dengan Bersama Membersihkan Lingkungan

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Deddy, Mega, Steven (He Qi Pusat)

Para relawan Tzu Chi Xie Li (komunitas) Bogor, komunitas Selatan, dan  relawan Jabar Bergerak menuruni bibir sungai Ciliwung yang akan dibersihkan. 63 orang relawan bergerak bersama-sama memungut sampah-sampah yang ada di tiga titik lokasi sungai Ciliwung yang masuk dalam wilayah Rt. 01, dan Rt. 02, Rt.05, Rw. 04. Babakan, Pasar Bogor.   

Membersihkan lingkungan selaras dengan membersihkan batin kita. Pada Sabtu, 12 November 2022 63 orang relawan gabungan dari Komunitas Tunas, relawan Tzu Chi Jakarta, relawan Tzu Chi Bogor, dan relawan “Jabar Bergerak” bersama-sama menggarap ladang berkah dengan membersihkan sungai Ciliwung di Kota Bogor.

Pada pukul 08.30 Wib para relawan berkumpul di Gedung Bravo Hit. Z Babakan pasar, Bogor yang diawali dengan sambutan motivasi dari relawan Tzu Chi Wylen Djap. "Kita bergerak mengikuti empat Misi Delapan Jejak Langkah dan di sini kita bergerak di bidang pelestarian lingkungan salah satunya dengan membersihkan kali Ciliwung," tutur Wylan.

Intan relawan Tzu Chi  memungut sampah – sampah yang menghambat aliran air sungai Ciliwung.  Para relawan bahagia bisa menjalin jodoh baik dengan warga sekitar bantaran sungai Ciliwung dan bisa bersumbangsih dengan membersihkan sungai Ciliwung.

Hotlan Jhon Meiti Lurah Babakan Pasar Bogor  dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan bersih sungai ini sudah yang kali kedua dilakukan. "Acara bersih-bersih kali Ciliwung ini yang kedua kali, yang pertama di Rw. 10 dan Rw. 9. Semoga masyarakat semakin menyadari bagaimana memelihara bumi kita khususnya sungai, juga berharap agar kelak sungai ini bisa menjadi objek wisata seperti di beberapa tempat,"harap Hotlan.

Lokasi pembersihan sungai Ciliwung dibagi menjadi tiga titik.  Di Rt. 01, dan Rt. 02, Rt.05, Rw. 04. Ivan salah seorang relawan kembang Tzu Chi terlihat bersemangat turun bersama membersihkan sungai. Warga sekitar juga turut membantu seperti yang dilakukan oleh Mail. "Senang ada kegiatan seperti ini bisa membantu menjaga sungai agar bersih dan mencegah banjir, "ujar Mail.

Intan relawan Tzu Chi sangat menikmati kegiatan aksi bersih sungai Ciliwung yang diadakan oleh relawan  dari Komunitas Bogor. Walaupun  lelah Intan sangat bersemangat bisa turut aktif dalam memberihkan sungai Ciliwung.

"Saya baru kali ini berkegiatan seperti ini, semangat bersihkan kali untuk membuat lingkungan menjadi lebih baik." Ujar Anita salah satu relawan komunitas selatan. Perasaan yang sama juga di rasakan oleh Intan Sari "Seru banget acaranya, bisa turut membantu membersihkan kali Ciliwung, semangat sampai ga terasa lelahnya,” ucap Intan bersemangat.

Kegiatan bersih-bersih sungai Ciliwung ini terinspirasi dari relawan Tzu Chi Xie Li (komunitas) Bogor, kegiatan ini menjadi inspirasi reklawanTunas Tzu Chi yang ikut berpartisipasi membersihkan sungai Ciliwung bersama relawan komunitas lainnya " Ujar Enjel koordinator relawan Jakarta.

Para relawan berkumpul di Gedung Bravo Hit.Z  setelah selesai membersihkan sungai Ciliwung. Di gedung ini relawan berkesempatan bermain games untuk lebih menumbuhkan kebersamaan antar relawan peduli lingkungan. 

Pukul 11.30 Wib kegiatan bersih-bersih sungai Ciliwung selesai dilaksanakan. Rasa lelah, penat bercampur suka cita hinggap di benak para relawan. Para relawan bahagia bisa menjalin jodoh baik dengan warga sekitar bantaran sungai Ciliwung dan bisa bersumbangsih dengan membersihkan sungai. Kegiatan bersih sungai ini sesuai dengan Misi Pelestarian Lingkungan Tzu Chi. Master Cheng Yen mengatakan "Dengan memiliki hati cinta kasih dan dedikasi, kehidupan menjadi lebih indah".

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Pembelajaran Budi Pekerti untuk Murid Sekolah Dasar Sungai Kedang

Pembelajaran Budi Pekerti untuk Murid Sekolah Dasar Sungai Kedang

19 Mei 2023

Dharma Wanita Tzu Chi Cabang Sinar Mas Kutai Barat (Ku-Bar) memberikan bekal pembelajaran budi pekerti kepada 37 murid Sekolah Dasar Sungai Kedang, Kecamatan Damai, Kutai Barat pada Senin, 8 Mei 2023. 

Tzu Chi Singkawang Bagikan Paket Cinta Kasih bagi Warga Bantaran Sungai

Tzu Chi Singkawang Bagikan Paket Cinta Kasih bagi Warga Bantaran Sungai

06 April 2023

Tzu Chi Singkawang membagikan paket sembako bagi warga kurang mampu di kawasan bantaran Sungai Komplek Pasar Baru, Kelurahan Pasiran. 

Baksos Pengobatan di Desa Sungai Buaya

Baksos Pengobatan di Desa Sungai Buaya

18 Juli 2012 Setibanya di lokasi baksos, relawan-relawan langsung bergerak ke posnya bertugas masing-masing, dengan jumlah relawan sekitar 62 orang, mereka bekerjasama saling membantu satu sama lainnya.
Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -