Menjaga Bumi dengan Menanam Mangrove

Jurnalis : Lisa Kristiani (Tzu Chi Sinar Mas), Fotografer : Lisa Kristiani, M. Rizki (Tzu Chi Sinar Mas)

Relawan turun langsung ke dalam tempat penanaman mangrove dan memastikan bibit ditanam dengan cara dan penempatan posisi yang benar.

Rangkaian Bulan Lingkungan Hidup yang dilaksanakan sepanjang bulan Juni 2021 yang diadakan oleh relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas terus berlanjut. Relawan Tzu Chi dari berbagai wilayah terus bergerak dan mengadakan berbagai kegiatan sebagai salah satu cara untuk menjaga lingkungan, salah satunya dengan menanam bibit pohon mangrove. Pada Sabtu, 12 Juni 2021, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas wilayah Serpong 2 bergerak untuk menanam 10.000 pohon mangrove di Desa Ketapang, Dusun Mauk, Tangerang, Banten.
 

Petugas Tangerang Mangrove Center sedang menjelaskan cara penanaman dan jenis bibit pohon mangrove yang akan ditanam kepada para relawan.

Penanaman mangrove harus dilakukan dengan cara yang benar, termasuk pengaturan jarak tanam agar mangrove bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan penanaman mangrove yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh para relawan Tzu Chi Sinar Mas (wilayah Serpong 2), dengan total pohon mangrove yang ditanam sebanyak 30.000 bibit pohon mangrove. Hal ini merupakan bukti nyata langkah relawan Tzu Chi sebagai wujud kepedulian untuk menjaga lingkungan di sekitar wilayah tersebut.

“Saya baru kali ini mengikuti kegiatan tanam mangrove ini, selain senang bisa mendapat pengalaman baru, saya senang bisa ikut berpartisipasi untuk melestarikan lingkungan. Semoga kegiatan kecil ini dapat memberikan dampak yang baik untuk bumi dan pelestariannya,” ujar Vian, salah satu relawan Tzu Chi Sinar Mas.
 

Keceriaan relawan saat menanam mangrove.

Semangat relawan dalam menanam mangrove, sesuai dengan tema Bulan Lingkungan Hidup yang diusung oleh Tzu Chi Cabang Sinar Mas yaitu Bersatu Hati Menjaga Bumi #TanamTumbuhSayangi.

Matahari pagi dan angin pesisir menemani relawan pada saat penanaman. Dengan penuh keceriaan relawan menanami bibit pohon mangrove jenis rizophora stylosa dan turun langsung menanam di medan berair dan berlumpur. Hal ini menjadi tantangan yang berkesan bagi para relawan dan sejalan dengan tema Bulan Lingkungan Hidup yang diusung oleh Tzu Chi Cabang Sinar Mas pada tahun ini yaitu Bersatu Hati Menjaga Bumi #TanamTumbuhSayangi.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Menanam Mangrove, Menyayangi Bumi

Menanam Mangrove, Menyayangi Bumi

17 Desember 2019

Relawan Tzu Chi Sinar Mas menanam 10.000 pohon mangrove di wilayah Tangerang Mangrove Center (7/12/2019). Sebanyak 5 orang relawan Tzu Chi (APP Sinar Mas) bersama 35 peserta lainnya menanam pohon mangrove sebagai salah satu cara menyayangi Bumi.

Selamatkan Bumi untuk Anak Cucu Kita

Selamatkan Bumi untuk Anak Cucu Kita

07 Oktober 2019

Memperingati HUT TNI ke-74, dilakukan penanaman 300.0074 pohon mangrove secara serentak di 74 wilayah Indonesia, Senin, 7 Oktober 2019. Kegiatan yang dipimpin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ini juga tercatat dalam MURI. Tzu Chi Indonesia bersama TNI juga akan menjalankan penanaman 1 juta mangrove di berbagai wilayah di Indonesia.

Mencegah Erosi dan Abrasi Lewat Penanaman Mangrove

Mencegah Erosi dan Abrasi Lewat Penanaman Mangrove

22 November 2017
Dengan sangat antusias, relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun bersama anggota TNI dan masyarakat menanam pohon mangrove di Pantai Pelawan. Tanam mangrove merupakan salah satu bentuk nyata menyayangi bumi.
Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -