Paket Sembako Tzu Chi Menambah Kebahagiaan Warga Jelang Imlek

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah

Di hari besar keagamaan, Tzu Chi Indonesia hampir tak pernah absen membagikan paket sembako bagi warga kurang mampu. Paket sembako ini diharapkan bisa menambah kebahagiaan warga kala merayakan hari besar tersebut. Pun di Tahun Baru Imlek yang akan segara tiba pada Minggu 22 Januari mendatang.

Di Bogor, Jawa Barat ada enam lokasi pembagian sembako ini, yakni di Wihara Khanti Bumi Citeureup sebanyak 55 paket, di Makin Bojong Nangka 42 paket, dan di Wihara Dhammaguna Cijujung 52 paket. Sementara di Wihara Sian Jin Ku Poh Tonjong sebanyak 120 paket, Wihara Karuna Bodhi Ciampea 45 paket, serta di Makin Bogor - Lithang Gerbang Kebajikan 49 paket.

Suasana penuh sukacita sangat terasa di Makin Bogor - Lithang Gerbang Kebajikan, para umat yang wihara menerima paket sembako dari Tzu Chi.

Suasana penuh sukacita begitu terasa di Makin Bogor - Lithang Gerbang Kebajikan siang itu, Minggu 8 Januari 2023. Selepas menjalankan kebaktian, para umat Konghucu yang telah mendapatkan kupon sembako ini pulang dengan membawa serta paket cinta kasih dari Tzu Chi Indonesia. Paket tersebut berupa 10 Kg beras, 20 bungkus mi instan, 2 liter minyak goreng, 1 Kg gula pasir, dan masker medis.

Kebanyakan para penerima paket sembako di Makin Bogor - Lithang Gerbang Kebajikan ini adalah para Lansia. Karena itu beratnya paket cinta kasih ini pun menjadi ladang berkah tersendiri bagi para relawan Tzu Chi pria atau yang akrab disapa shixiong. Mereka bahu-membahu mengangkat paket sembako para oma opa ini ke luar pintu wihara.

Js Andri Harsono (baju hitam) mengatakan, paket sembako dari Tzu Chi menambah kebahagiaan warga yang tengah menyambut Imlek.

Js Andri Harsono, Badan Pengurus Makin Bogor - Lithang Gerbang Kebajikan mengatakan, paket sembako dari Tzu Chi ini sungguh menambah kebahagiaan warga yang tengah menyambut Imlek.

“Kebetulan memang di Konghucu ini ada istilahnya Hari Persaudaraan, tanggal 14 bulan 12 Imlek ini. Biasanya kami utamakan memberikan bantuan kepada umat. Dan kebetulan untuk kali ini ada Tzu Chi yang membantu yang memberikan bingkisan kepada umat wihara. Tentunya kami sebagai badan pengurus, mengucapkan terima kasih atas bantuannya,” ujarnya.

Biasanya, jelang Imlek, Makin Bogor - Lithang Gerbang Kebajikan mengumpulkan para donatur untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk dibagikan kepada para umat yang membutuhkan. Selain kepada umat wihara, mereka juga membagikan paket untuk warga di luar umat wihara.

Senang tak kepalang Oma Oey Kian Nio, selesai menjalankan kebaktian, ia menerima paket sembako.

Sementara itu para relawan Tzu Chi juga tak segan membantu membawakan paket sembako hingga ke rumah warga. Seperti ke rumah Oma Oey Kian Nio yang berusia 71 tahun.

Dua pekan jelang Imlek, hati Oma Oey Kian Nio gundah karena tak memegang uang untuk keperluan jamuan makan saat Imlek. Paket sembako dari Tzu Chi ini pun turut mengobati kegundahan itu. Kata Oma Oey Kian Nio, paket sembako dari Tzu Chi sangat-sangat bermanfaat.

“Oma kelewat gembira benar atas bantuan yang dikasih, buat sehari-hari Oma kan, menyambung hidup istilahnya,” katanya.

Sebelumnya Oma Oey Kian Nio berjualan kue basah sampai 14 rupa seperti kue talam dan kue lapis, sampai-sampai ia terkenal dengan sebutan tukang kue lapis. Tapi sejak pandemi Covid-19 melanda pada 2020 ia tak berjualan lagi karena usahanya terus merosot hingga kehabisan modal. Di momen Imlek sebelumnya ia masih bisa berjualan kue buras pedas, juga saat perayaan Cap Go Meh. Tapi sayangnya tahun ini ia benar-benar kehabisan modal.

“Jadi modal enggak ada, padahal mah ibu juga pengen jualan lagi. Buras oncom ibu teh terkenal, kata mereka enak,” ujarnya sambil tertawa.

Untuk kebutuhan makan sehari-hari, Oma Oey Kian Nio pun mengandalkan anak dan menantunya.

Oma Oey Kian Nio dan sang cucu gembira membukan paket sembako dari Tzu Chi.

Kebahagiaan yang dirasakan Oma Oey Kian Nio kala menerima paket sembako dari Tzu Chi ikut dirasakan Budhi Dharma Sukhawati, yang menjadi koordinator pembagian paket Imlek di wilayah Bogor.

“Paket ini diperuntukkan bagi orang yang mungkin lebih membutuhkan atau kurang beruntung supaya mereka tetap bisa merayakan Imlek dengan rasa penuh syukur juga,” jelasnya. 

Ini merupakan kali pertama Budhi Dharma Sukhawati dipercaya menjadi koordinator. Dan ternyata, baginya berbagi cinta kasih di momen hari besar memberikan kebahagiaan tersendiri.

“Seperti Kata Master Cheng Yen ya, kita mengantarkan masa lalu dengan hati penuh syukur, dan menyambut masa mendatang dengan hati yang ikhlas. Ini juga yang memotivasi saya bisa berpartisipasi, bersumbangsih dengan hati yang ikhlas, ingin berbuat kebaikan, membagikan paket cinta kasih ini kepada umat di Makin Lintang Kebajikan Bogor,” ujarnya.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Paket Sembako Tzu Chi Menambah Kebahagiaan Warga Jelang Imlek

Paket Sembako Tzu Chi Menambah Kebahagiaan Warga Jelang Imlek

09 Januari 2023

Di hari besar keagamaan, Tzu Chi Indonesia hampir tak pernah absen membagikan paket sembako. Pun di Tahun Baru Imlek, di Bogor, Jawa Barat ada enam lokasi pembagian sembako, salah satunya di Makin Bogor - Lithang Gerbang Kebajikan.

Menjalin Cinta Kasih Menyambut Imlek 2023

Menjalin Cinta Kasih Menyambut Imlek 2023

09 Januari 2023

Jelang perayaan Imlek 2023, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia membagikan 90 paket Imlek kepada umat Wihara Khema, Pecah Kulit, Jakarta Barat terutama warga prasejahtera yang akan merayakan Tahun Baru Imlek.

Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -