Menjalin Jodoh Baik dengan Warga Desa Asam Baru

Jurnalis : Joko Prayitno (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Aldi Nanda (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Rubianto, Kepada Desa Asam Baru menerima bantuan secara simbolis dari relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalteng 3. Penyerahan paket bantuan sembako ini secara simbolis berlangsung di halaman kantor Desa Asam Baru.  

“Kehidupan yang paling berbahagia adalah bila kita dibutuhkan orang lain dan mampu bersumbangsih bagi orang lain”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Di bulan November 2022, curah hujan cukup tinggi di sebagian wilayah Kalimantan Tengah. Hal ini mengakibatkan beberapa desa tergenang banjir. Salah satunya Desa Asam Baru, Kecamatan Danau Seluluk. Banyak warga yang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari akibat aktivitas ekonomi yang terhambat.  

Rubianto, Kepada Desa Asam Baru menghubungi Sigit, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas dari Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3. Informasi data dari Rubianto ada 584 rumah warga yang terdampak banjir. Sigit bersama Edik segera melakukan survei ke lokasi banjir.

Dari hasil survei ini relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 mendata kebutuhan warga dan menjalin silaturahmi dengan warga yang terdampak banjir.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalteng 3 menyerahkan langsung secara simbolis kepada warga Desa Asam Baru.

Ngasup Tarigan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalteng 3 menyerhkan langsung ke rumah-rumah warga yang terdampak banjir. Relawan Tzu Chi didampingi oleh Camat Danau Seluluk,  Kepala Desa Asam dan BABINSA dari TNI.

Berdasarkan data dan survei 22 orang relawan Tzu Chi  dan Dharma Wanita segera menuju kantor Desa Asam Baru untuk menyalurkan paket sembako. Ada 584 paket sembako yang @ berisi beras 5 Kg, gula 1 Kg, minyak goreng 1 Liter, mi instan 1 dus yang dibagikan langsung kepada warga terdampak banjir.

Pembagian bantuan paket sembako berlangsung di halaman Kantor Desa Asam Baru. Relawan secara simbolis membagikan paket sembako kepada warga yang hadir. Pada penyerahan paket sembako ini  dihadiri oleh Camat Danau Seluluk dan relawan Tzu Chi selanjutnya memberikan bantuan langsung ke warga terdampak banjir didampingi perangkat desa dan kecamatan.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalteng 3 membawa paket sembako menyusuri jalan menuju rumah-rumah warga yang terdampak banjir. Paket bantuan diserahkan langsung ke warga Asam Baru.

Rubianto merasa bersyukur dengan adanya dukungan dari relawan Xie Li Kalteng 3 ini. “Atas nama pemerintah daerah Desa Asam Baru dan mewakili masyarakat, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang telah berpartisipasi dan memberikan cinta kasihnya kepada warga kami yang menjadi korban banjir ini,” ucap Rubianto.

Rubianto mengungkapkan sudah tiga tahun berturut-turut Yayasan Buddha Tzu Chi telah menyalurkan bantuan cinta kasihnya kepada warga Desa Asam Baru yang mengalami banjir.

“Jika boleh kami mengusulkan relawan Tzu Chi bisa mendukung warga kami dari sisi kesehatan juga, karena setiap kali banjir tentu banyak juga yang membutuhkan layanan kesehatan ini,” harap Rubianto.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalteng 3 menyerahkan langsung paket sembako ke rumah-rumah warga di dampingi oleh TNI dan aparat Desa Asam Baru.

Camat Danau Seluluk, Muhammad Khamdani juga turut mengapresiasi bantuan dari Yayasan Tzgu Chi. “Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan berupa paket sembako. Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Danau Seluluk, khususnya Desa Asam Baru,”ucap M. Khamdani.

Hal ini berkat adanya silaturahmi, koordinasi, sinergi, saling membantu antar kita. Semoga Yayasan Buddha Tzu Chi diberikan kelancaran, maju terus untuk kemajuan kita bersama,” lanjut M. Khamdani.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Kalteng 3 berkesempatan untuk foto bersama dengan Kepala Camat Danau Seluluk, Kepala Desa Asam Baru, dan BABINSA.

Kebahagian relawan Tzu Chi bisa ikut meringankan penderitaan warga Desa Asam Baru yang terdampak banjir. Wasita Aji salah satu relawan mengungkapkan rasa syukurnya bisa membantu meringankan penderitaan warga yang terdampak banjir.

“Saya relawan Xie Li Kalteng 3 sangat berbahagia dapat memberikan cinta kasih serta bertemu langsung dengan masyarakat Desa Asam Baru. Kami harapkan bencana ini segera berakhir dan semua ini juga menjadi ladang berkah bagi kami relawan Xie Li Kalteng 3,” ujar Wasita.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Tzu Chi Medan Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Mandailing Natal

Tzu Chi Medan Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Mandailing Natal

29 Desember 2021

Tzu Chi Cabang Medan menyalurkan 400 kotak air mineral, 2.000 karung beras (@ 5 kg), dan 15 ribu butir telur ke posko pengungsian banjir dan tanah longsor di Kab. Mandailing Natal Sumatera Utara.

Perhatian Bagi Korban Banjir Bandang di Bandung

Perhatian Bagi Korban Banjir Bandang di Bandung

23 Januari 2024

Relawan Tzu Chi Bandung memberikan bantuan bagi warga terdampak banjir bandang di Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung pada 14 Januari 2024

Bantuan Banjir dan Nasi Hangat untuk Warga Kecamatan Periuk, Tangerang

Bantuan Banjir dan Nasi Hangat untuk Warga Kecamatan Periuk, Tangerang

06 Februari 2020

Tzu Chi Indonesia memberikan bantuan kepada para warga yang terdampak banjir di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang pada Rabu, 5 Februari 2020.

Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -