Menyambut Idul Fitri dengan Berbagi Kasih di Makassar

Jurnalis : Surya Metal (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Syanny, Robin, Nabila, Feby (Tzu Chi Makassar)

Tzu Chi Makassar membagikan paket bingkisan lebaran berupa sembako di dua lokasi yaitu di Mako Yonif Para Raider 433/Julu Siri dan Kelurahan Maccini Parang, Kecamatan Makassar.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Makassar membagikan paket bingkisan lebaran bagi warga yang membutuhkan di Kota Makassar. Kegiatan yang bertema “Satu Orang Satu Kebajikan Menghimpun Cinta Kasih” ini bertempat di dua lokasi yaitu di Mako Yonif Para Raider 433/Julu Siri pada Jumat, 14 April 2023 dan Kelurahan Maccini Parang, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu, 16 April 2023.

Sebanyak 708 paket bingkisan lebaran yang berisi beras 5 kg beras, gula 1 kg, minyak goreng 1 liter, 3 bungkus biskuit, dan 10 bungkus mi instan dibagikan kepada warga yang membutuhkan. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi warga di bulan Ramadan serta menjadi bagian dari silahturahmi antar umat beragama.

Sebanyak 50 orang yang terdiri dari relawan Tzu Chi, mahasiswa, dan pasukan Yonif Para Raider 433/Julu Siri turut berpartisipasi dalam pembagian paket lebaran ini. Pembagian ini juga dihadiri oleh Komandan Yonif Para Raider 433/Julu Siri, Letkol Inf Laode Muhammad Idrus. Dalam sambutannya, ia pun mengapresiasi bantuan dan kepedulian Tzu Chi bagi warga.

Sebelum penyerahan paket lebaran, relawan Tzu Chi Makassar didampingi petugas kelurahan setempat juga membagikan kupon yang dapat ditukarkan dengan paket sembako.

Komandan Yonif Para Raider 433/Julu Siri, Letkol Inf Laode Muhammad Idrus ikut menyerahkan paket lebaran kepada warga.

“Saya atas nama Yonif Para Raider 433/Julu Siri mengucapkan terima kasih banyak, kepada relawan Tzu Chi yang telah memberikan bantuan. Semoga apa yang diberikan merupakan amalan buat masyarakat, dan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan masing-masing,” ungkap Letkol Inf Laode Muhammad Idrus.

Dua hari sebelumnya, relawan juga telah melakukan survei ke Kelurahan Maccini Parang, Kecamatan Makassar. Kegiatan yang dilakukan secara door to door ini juga didampingi petugas RT dan RW setempat dan kupon paket bingkisan lebaran diberikan langsung kepada warga yang membutuhkan.

Lurah Maccini Parang, Sukri Abbas, S.Sos bersyukur atas diberikannya 400 paket sembako dari Yayasan Buddha Tzu Chi yang dirasa begitu bermanfaat bagi warganya, khususnya menjelang lebaran. Dalam kesempatan ini, Sukri Abbas, S.Sos juga ikut dalam seremoni penyerahan Paket Bingkisan Lebaran 2023 dari Tzu Chi kepada warga.

Relawan Tzu Chi Makassar secara simbolis menyerahkan paket lebaran kepada warga Kelurahan Maccini Parang, Makassar, Sulawesi Selatan.

“Saya atas nama Lurah Maccini Parang memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan berterima kasihterhadap bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi. Semoga dengan adanya paket sembako ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan dan sembako ini merupakan bagian dari amal ibadah, berbagi kasih dengan masyarakat,” ungkap Lurah Maccini Parang, Sukri Abbas, S.Sos.

PIC Kegiatan, Fuady Yolian juga berterima kasih kepada semua pihak baik dari Yonif Para Raider 433/Julu Siri, Kelurahan Maccini Parang, para relawan, donatur yang telah mendukung kegiatan kemanusiaan dalam menyambut Idul Fitri. “Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat, serta tali silaturahmi dengan bapak dan ibu semua dapat terus berlanjut ya,” ungkap Fuady Yolian.

Relawan Tzu Chi Makassar membantu salah satu warga yang tampak bersukacita setelah mendapatkan paket lebaran berupa sembako dari Tzu Chi.

Salah satu penerima bantuan paket lebaran ini adalah Daeng Tarring. Pada saat pembagian ia terlihat berjalan pelan-pelan dengan menggunakan tongkat dengan dipapah oleh salah satu relawan untuk mengambil paket lebaran. “Saya sangat bersyukur dan alhamdulillah mendapat bantuan berupa sembako. Nanti akan saya gunakan sehari-hari untuk makan,” ungkap Daeng Tarring terharu.

Penerima bantuan lainnya, Calla juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya karena mendapat perhatian dari Tzu Chi. “Saya merasa syukur dapat bantuan sembako ini karena bisa membantu untuk kebutuhan menjelang lebaran nanti. Terima kasih Yayasan Buddha Tzu Chi, mudah-mudahan diberkahi rahmat untuk membantu rakyat kecil yang membutuhkan,” ungkap Calla setelah menerima paket sembako.

Para relawan Tzu Chi Makassar pun menyambut gembira dan antusias pembagian paket lebaran ini. Sejak pukul sembilan pagi, relawan saling membahu membagikan paket sembako ini kepada warga yang sebelumnya telah menerima kupon.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Pembagian 650 Paket Sembako Ramadan untuk Warga Jembatan Besi

Pembagian 650 Paket Sembako Ramadan untuk Warga Jembatan Besi

10 April 2023

Sebanyak 650 paket Lebaran diberikan kepada warga Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat. Sekolah Candra Naya menjadi tempat pembagian kupon, juga tempat pembagian paket.

Perhatian Bagi Warga Menjelang Idul Fitri di Belawan

Perhatian Bagi Warga Menjelang Idul Fitri di Belawan

08 Mei 2023

Menyambut Idul Fitri 1444 H, Tzu Chi Medan bekerja sama dengan TNI AL-Belawan membagikan 1799 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di Kampung Nelayan dan Uni Kampung, Belawan.

Menyebarkan Kebahagiaan untuk Warga Bekasi Menyambut Idul Fitri

Menyebarkan Kebahagiaan untuk Warga Bekasi Menyambut Idul Fitri

17 April 2023

Relawan Tzu Chi komunitas Bekasi membagikan 500 paket lebaran untuk warga Kelurahan Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat. Sebanyak 52 relawan dengan harmonis saling bekerjasama membagikan paket kepada warga. 

Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -